Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 24 Minggu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 Maret 2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin di usia kehamilan 24 minggu?

Dilansir dari laman Baby Center, di usia kehamilan 24 minggu bayi di dalam perut Anda sudah seukuran jagung. Bayi memiliki panjang hampir 30 cm dan berat naik sekitar 113 gram dibandingkan minggu lalu.

Berikut beberapa perkembangan janin di usia kehamilan 24 minggu yang perlu diketahui:

Paru-paru janin semakin berkembang

Memang selama perkembangan janin masih di perut, bayi masih menerima oksigen melalui plasenta, tidak terkecuali saat usia kehamilan 24 minggu. Akan tetapi setelah lahir, paru-parunya akan mulai aktif dan otomatis berisi oksigen.

Supaya paru-parunya dapat langsung berfungsi, selama di dalam rahim organ tersebut akan mulai memproduksi zat surfaktan.

Surfaktan adalah zat yang mencegah kebocoran pada kantung udara di paru-paru dan melindunginya ketika mengembuskan napas.

Telinga janin semakin sempurna

Selain paru-paru, indera pendengaran janin juga kian berkembang saat ini. Organ telinga dalam semakin sempurna sehingga kemampuan keseimbangan si kecil juga semakin baik.

Hal ini membuat ia mengetahui posisinya di rahim saat itu, apakah dalam keadaan terbalik atau tegak.

Perubahan pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh ibu hamil di usia kehamilan 24 minggu?

Di usia kehamilan 24 minggu, tentu tubuh ibu mengalami seiring dengan perkembangan janin di dalam kandungan. Beberapa kondisinya yaitu:

Posisi udel ibu hamil berubah

Ketika perut ibu semakin membesar, posisi pusar atau udel ibu hamil juga berubah. Tidak lagi menjorok ke dalam, tetapi dia semakin melebar dan terlihat menonjol.

Namun tidak perlu khawatir karena kondisi ini normal selama kehamilan usia 24 minggu, bahkan sampai akhir masa perkembangan janin di dalam kandungan.

Merasa kesemutan di pergelangan tangan

Bila Anda pernah mengalami kesemutan di pergelangan tangan saat hamil, itu adalah kondisi sindrom carpal tunnel.

Kesemutan di pergelangan tangan bahkan sampai mati rasa yang tidak nyaman ini, berhubungan dengan gerakan berulang yang menggunakan tangan lebih banyak.

What to Expect menyebutkan bahwa kesemutan merupakan kondisi yang sangat umum selama kehamilan, akibat cairan menumpuk di satu tempat.

Untuk mengatasinya, sering-seringlah mengistirahatkan tangan dengan melakukan peregangan. Meski tidak mengganggu perkembangan janin, Anda perlu berhati-hati karena hal ini membuat tubuh ibu hamil tidak nyaman.

Kulit gatal

Berbagai gangguan di kehamilan usia 24 minggu setiap wanita berbeda-beda. Dalam beberapa kasus, perkembangan janin membuat kulit ibu memerah dan gatal. Biasanya gatal dan kemerahan ini ada di telapak tangan dan kaki.

Hal ini terjadi karena perubahan hormon ibu hamil yang tidak stabil. Namun, bila Anda merasa tidak nyaman dan khawatir janin akan terganggu, segera periksakan diri ke dokter.

Anda bisa menyiasatinya dengan merendam tangan dan kaki ke dalam air dingin atau memakai kompres air es selama sekian menit dalam rentang waktu beberapa hari.

Apa yang harus saya perhatikan di kehamilan 24 minggu?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di masa perkembangan janin kehamilan 24 minggu ini, kemungkinan perut ibu hamil akan terasa gatal.

Ini terjadi karena kelembapan kulit ibu yang mulai menghilang sehingga kulit jadi lebih kering dan gatal. Cobalah untuk tidak menggaruknya karena ini akan membuat Anda merasa lebih gatal dan dapat menyebabkan iritasi kulit.

Penggunaan pelembap bisa menahan gatal untuk sementara. Untuk itu, gunakanlah pelembap secara teratur. Losion anti-gatal seperti calamine atau mandi oat susu dapat membantu meringankan gatal.

Namun, jika Anda merasa gatal tanpa adanya kulit kering atau sensitif atau muncul ruam di perut, kunjungilah dokter segera untuk diperiksa dengan lebih hati-hati.

Tindakan ini perlu dilakukan agar perkembangan janin usia kehamilan 24 minggu berjalan dengan baik.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter untuk membantu perkembangan janin usia kehamilan 24 minggu?

Di usia kehamilan 24 minggu ini, rahim Anda mungkin sudah mulai berlatih kontraksi untuk persalinan. Kontraksi-kontraksi kecil akan mulai bermunculan guna ‘melatih’ rahim supaya bisa mendorong bayi keluar. 

Kontraksi ini disebut Braxton Hicks atau kontraksi palsu. Kontraksi tanpa rasa sakit ini umumnya akan terasa di bagian atas rahim atau perut bagian bawah dan pangkal paha.

Kontraksi Braxton Hicks juga dikenal sebagai persalinan palsu karena mereka sangat berbeda dengan kontraksi persalinan yang sebenarnya. Tidak perlu khawatir karena kondisi ini tidak mengganggu perkembangan janin usia kehamilan 24 minggu.

Kontraksi Braxton Hicks terjadi pada waktu yang sangat panjang dan intensitas yang berbeda dengan kontraksi persalinan.

Kontraksi ini dapat terjadi semakin panjang dalam waktu yang lebih lama, lebih kuat, dan lebih dekat. Kontraksi Braxton Hicks dan kontraksi melahirkan sebenarnya dapat membingungkan ibu hamil.

Hubungi dokter jika di masa perkembangan janin kehamilan 24 minggu ini Anda memiliki kontraksi yang membuat khawatir.

Terutama jika kontraksinya menyakitkan atau lebih dari 6 kali dalam satu jam. Perbedaan terbesar antara kontraksi kelahiran dan Braxton Hicks adalah efeknya pada leher rahim Anda.

Pada kontraksi Braxton Hicks, leher rahim Anda tidak akan berubah seperti kontraksi persalinan yang sebenarnya hingga membuat leher rahim mulai membuka.

Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan dan mengenali jenis kontraksi yang terjadi. Tujuannya yaitu agar perkembangan janin kehamilan 24 minggu tetap terpantau.

Tes apa yang harus saya ketahui di usia kehamilan 24 minggu?

Anda tetap butuh periksa ke dokter saat usia kehamilan menginjak 24 minggu. Berikut adalah beberapa pemeriksaan yang mungkin dilakukan:

  • Mengukur berat badan dan tekanan darah
  • Memeriksa kadar glukosa dan protein dalam urine
  • Memeriksa denyut jantung janin
  • Mengukur ukuran rahim dengan palpasi eksternal (perabaan dari luar) untuk melihat bagaimana korelasinya dengan tanggal lahir
  • Mengukur ketinggian posisi bawah (atas rahim)
  • Memeriksa pembengkakan tangan dan kaki
  • Memeriksa varises di kaki
  • Memeriksa gejala yang Anda alami, terutama gejala-gejala yang tidak normal

Di usia kehamilan 24 minggu ini, tes skrining glukosa penting dilakukan ibu hamil guna mengetahui perkembangan janin.

Tes ini umumnya mulai dilakukan pada minggu ke-24 sampai 28. Tes gula darah ini dapat membantu dokter mendiagnosis apakah Anda mengidap diabetes gestasional atau tidak.

Diabetes gestasional adalah masalah kesehatan yang dapat terjadi selama kehamilan dan dapat menyebabkan masalah pada perkembangan janin seperti hipoglikemia.

Diabetes gestasional dapat meningkatkan kemungkinan seorang ibu untuk operasi caesar karena ukuran bayi yang besar akibat kondisi ini. 

Dalam tes yang memeriksa glukosa ini, Anda akan diperiksa dan kemudian diambil darahnya. Jika gula darah Anda terlalu tinggi, Anda disarankan untuk menerapkan pola makan yang baik, olahraga teratur, dan kadang-kadang harus mengonsumsi obat-obatan seperti insulin.

Siapkan juga daftar pertanyaan atau masalah yang ingin Anda diskusikan dengan dokter tiap kunjungan.

Kesehatan dan Keselamatan

Apa saja yang perlu saya ketahui untuk menjaga kesehatan janin di usia kehamilan 24 minggu?

Ada beberapa hal yang perlu diketahui agar kesehatan dan keselamatan janin di kehamilan usia 24 minggu tetap berjalan baik. Berikut di antaranya:

Diperbolehkan minum obat asam lambung jika diperlukan

Di masa kehamilan ini, ibu hamil boleh minum obat asam lambung. Anda dapat mengonsumsi obat asam lambung selama tidak menggunakan dosis berlebihan. Gunakan seperti yang tertera di dalam label atau anjuran dokter.

Jika Anda minum terlalu banyak obat asam lambung, hal ini dikhawatirkan bisa menyebabkan ibu hamil sembelit. 

Menunda melakukan waxing

Di usia kehamilan 24 minggu, mungkin ibu hamil ingin tubuhnya tetap terjaga sehingga melakukan waxing agar bulu-bulu di tubuhnya tidak terlalu lebat.

Namun, bila Anda berencana untuk waxing tubuh dan wajah, lebih bayi ditunda dulu sampai melahirkan. Kenapa?

Waxing bisa menyebabkan pembuluh darah kecil di tubuh pecah. Memang tidak menganggu perkembangan janin kehamilan 24 minggu, tetapi bakteri dan kotoran bisa mudah masuk melalui pori-pori.

Mengingat sistem kekebalan tubuh ibu hamil melemah dan rentan sakit, sebaiknya kegiatan ini dihindari.

Perkembangan janin kehamilan 24 minggu sudah dibahas. Jadi minggu depan, sepetri apa janin akan tumbuh?

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Pahami Faktor Penentu Persalinan Caesar sebagai Persiapan Sambut si Kecil

    Apakah Ibu sudah menentukan metode persalinan yang akan dilakukan? Simak tentang persalinan normal, alasan di balik keputusan operasi caesar dan prosesnya.

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Willyson Eveiro
    Konten Bersponsor
    potret pasangan diskusi tentang persalinan normal dan caesar
    Melahirkan, Kehamilan 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

    Kenali Gejala dan Bahaya Tekanan Darah Tinggi Setelah Melahirkan

    Hipertensi atau tekanan darah tinggi setelah melahirkan dikenal dengan istilah postpartum preeklampsia. Apa saja gejala dan bahayanya? Cari tahu di sini.

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Hipertensi, Kesehatan Jantung 13 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

    Muncul Garis Hitam di Perut Saat Hamil, Apa Sih Artinya?

    Saat hamil, Anda mungkin akan menemukan garis hitam di perut pada usia kehamilan yang mulai besar. Tapi, tidak semua ibu hamil punya garis ini. Mengapa?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

    Awas! Ini Bahayanya Jika Ibu Kekurangan Yodium Saat Hamil

    Tidak sedikit wanita hamil yang belum mengetahui pentingnya yodium. Padahal, kekurangan yodium saat hamil memiliki dampak yang buruk bagi janin.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 7 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    ibu hamil makan daging kambing

    Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
    Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
    pekerjaan rumah tangga saat hamil

    Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

    Apa yang Terjadi Pada Bayi Jika Ibu Stres Saat Hamil?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
    pengganti nasi untuk ibu hamil

    3 Pengganti Nasi yang Lebih Sehat untuk Ibu Hamil

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Andisa Shabrina
    Dipublikasikan tanggal: 14 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit