Periode Perkembangan

Perkembangan Kehamilan di Minggu 21

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin 21 minggu kehamilan?

Pada masa perkembangan janin 21 minggu kehamilan ini, kemungkinan panjang bayi Anda sudah seukuran wortel. Berdasarkan Baby Center, janin Anda mungkin juga telah memiliki panjang sekitar 26,7 cm dari kepala sampai tumit dan berat sekitar 340 gram.

Ketika memasuki masa perkembangan janin 21 minggu kehamilan, terlihat bahwa usus si kecil sudah dapat menyerap sejumlah kecil gula cair dan masuk melalui sistem cernanya. Meski begitu, memang kebanyakan nutrisi dan makanan yang janin dapat masuk melalui plasenta

Pada masa perkembangan janin 21 minggu kehamilan, organ hati dan limpa bayi telah bertanggung jawab untuk produksi sel darah. Sumsum tulangnya juga sudah cukup mampu untuk membentuk sel darah.

Nantinya, organ pankreas janin berhenti memproduksi sel-sel darah pada minggu ke-30 kehamilan dan hati berhenti memproduksi sel-sel darah beberapa minggu sebelum kelahiran.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh di perkembangan janin 21 minggu kehamilan?

Di masa perkembangan janin 21 minggu kehamilan ini, ibu hamil mungkin masih merasa nyaman dengan perut yang belum terlalu membesar. Ada baiknya nikmati masa-masa kehamilan ini dengan melakukan aktivitas dan istirahat yang seimbang.  Selain itu, untuk beberapa wanita hamil di perkembangan janin 21 minggu kehamilan ini, mungkin akan muncul masalah jerawat.

Jerawat yang muncul di perkembangan janin 21 minggu kehamilan muncul disebabkan oleh hormon yang meningkatkan produksi minyak dalam tubuh. Jika itu terjadi, Anda harus selektif memilih perawatan jerawat.

Pastikan juga untuk memakai pelembap dan obat jerawat yang aman untuk perkembangan janin 21 minggu kehamilan. Jangan menggunakan obat jerawat oral karena beberapa obat yang sangat berbahaya selama kehamilan. Jangan pula menggunakan produk jerawat tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Pada perkembangan janin 21 minggu kehamilan ini, Anda mungkin juga rentan terkena  varises. Secara bertahap, janin akan berkembang dan meningkatkan tekanan di pembuluh darah kaki Anda. Selain itu,  jumlah hormon progesteron yang lebih tinggi daripada biasanya juga akan menjadi penyebab pembuluh darah melemah.  

Selain itu di perkembangan janin 21 minggu kehamilan, varises cenderung lebih buruk ketika Anda mengalami hamil berturut-turut dan pada usia 30-40 tahun. Untuk membantu mencegah atau mengurangi varises, Anda harus berolahraga setiap hari, menopang kaki lebih sering, tidur dengan posisi badan miring, dan memakai peralatan dukungan untuk kaki ibu hamil.

Di perkembangan janin 21 minggu kehamilan, Anda juga berisiko memiliki spider veins. Ini adalah kondisi ketika kelompok kecil pembuluh darah dekat permukaan kulit yang terlihat jelas, terutama di pergelangan kaki atau wajah.

Pembuluh laba-laba berbentuk kecil seperti sinar yang berasal dari matahari atau cabang-cabang pohon, atau sebagai sekelompok kecil darah yang bercabang dan tidak memiliki bentuk tertentu. Meskipun mungkin sedikit tidak sedap dipandang tetapi spider veins tidak menyebabkan rasa sakit atau apapun dan biasanya menghilang setelah melahirkan.

Apa yang harus saya perhatikan dalam perkembangan janin 21 minggu kehamilan?

Pada perkembangan janin 21 minggu kehamilan ini, mungkin Anda bisa melakukan beberapa kegiatan seperti senam hamil bersama pasangan. Kids Health menjelaskan bahwa olahraga saat hamil bisa dilakukan di usia kehamilan 21 minggu.

Ikuti kelas-kelas kehamilan yang bisa memberikan informasi tambahan untuk masa persalinan beberapa bulan mendatang. Minta dukungan dan kehadiran pasangan Anda saat menjalani aktivitas kehamilan untuk meningkatkan perkembangan janin 21 minggu kehamilan.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter tentang perkembangan janin 21 minggu kehamilan?

Meskipun masih beberapa bulan sebelum Anda melahirkan, perkembangan janin 21 minggu kehamilan sudah membuat payudara Anda mulai mempersiapkan ASI. Maka itu, ketika usia kehamilan ini, mungkin saja saluran susu pada payudara tersumbat dan menimbulkan gejala berupa benjolan keras, kemerahan, dan lembut ketika dada disentuh.

Namun, jangan khawatir dulu, kondisi ini cukup umum terjadi di hari-hari awal kehamilan, terutama setelah kehamilan memasuki bulan ke-6 dan setelah kehamilan berakhir. Tidak terkecuali di perkembangan janin 21 minggu kehamilan.

Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan kompres hangat dan pijatan lembut untuk membersihkan saluran susu. Beberapa ahli menyarankan bahwa menghindari bra berkawat juga bisa membantu, tapi pastikan Anda memakai bra yang bisa mendukung payudara Anda agar perkembangan janin 21 minggu kehamilan tetap berjalan dengan baik.

Hal yang perlu diingat bahwa pemeriksaan payudara bulanan tetap harus dilakukan ketika Anda sedang hamil. Meskipun pemeriksaan tumor akan lebih rumit karena perubahan pada payudara selama kehamilan, tes ini masih sangat penting. Beri tahu dokter jika Anda menemukan benjolan pada payudara Anda.

Tes apa yang harus saya ketahui di perkembangan janin 21 minggu kehamilan?

Di masa perkembangan janin 21 minggu kehamilan ini, dokter akan memeriksa beberapa hal berikut:

  • mengukur berat badan ibu hamil dan tekanan darah
  • periksa urin untuk glukosa (gula darah) dan protein
  • periksa detak jantung janin
  • mengukur ukuran rahim dengan palpasi eksternal (perabaan dari luar) untuk melihat bagaimana korelasi dengan tanggal lahir
  • ketinggian posisi bawah (pada rahim)
  • periksa pembengkakan tangan dan kaki, memeriksa varises di kaki.
  • gejala yang Anda alami, terutama gejala-gejala yang tidak normal.

Siapkan daftar pertanyaan atau masalah yang ingin Anda diskusikan dengan dokter.

Kesehatan dan Keselamatan

Apa saja yang perlu saya ketahui untuk menjaga kesehatan di perkembangan janin 21 minggu kehamilan?

Hindari Kafein dan pemanis

Di masa perkembangan janin 21 minggu kehamilan ini, Anda tidak disarankan minum kopi, coklat, teh, atau minuman manis lainnya terlalu banyak. Batasi asupan kafein pada kadar 200 mg per hari. Ganti minuman tersebut dengan air mineral dan jus buah tanpa gula.

Hati binatang

Hati ayam atau sapi sering dianggap sebagai makanan sehat karena kaya akan vitamin, mineral dan protein, tetapi hati juga mengandung kadar tinggi vitamin A yang belum berubah, yaitu retinol yang bisa mengganggu perkembangan janin 21 minggu kehamilan.

Vitamin A yang belum berubah juga ditemukan dalam produk hewani seperti telur, susu dan hati. Terlalu banyak vitamin A dalam makanan ibu hamil dapat berisiko bayi cacat lahir, terutama jika konsumsi hati binatang pada bulan-bulan pertama kehamilan. Ibu hamil tidak dianjurkan makan hati setiap hari, tetapi jika Anda makan 1 atau 2 kali sebulan tidak akan berbahaya bagi Anda.

Jadi minggu depan janin akan tumbuh seperti apa?

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Share now :

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Februari 13, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca