Periode Perkembangan

Perkembangan Kehamilan di Minggu 10

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum.

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin 10 minggu kehamilan saya?

Pada perkembangan janin 10 minggu, ukuran si kecil sudah sebesar buah lengkeng dengan berat sekitar 7 gram dan panjang dari kepala sampai kaki lebih pendek dari 2,54 cm.

Di minggu ini, semua organ terbentuk dan mulai bekerja. Jari-jari tangan dan kaki sudah mulai terbentuk. Selain itu, tunas gigi secara bertahap terbentuk di dalam mulut. Jika anak Anda laki-laki, testisnya juga akan mulai memproduksi sedikit hormon testosteron.

Untungnya, kecacatan hampir tidak lagi tumbuh saat perkembangan janin 10 minggu. Hal ini juga menandakan akhir dari periode embrionik. Embrio sekarang sudah memiliki bentuk manusia dan minggu depan secara resmi sudah bisa disebut janin.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh ibu di minggu 10 kehamilan?

Sebelum Anda hamil, rahim Anda sebesar ukuran buah pir kecil, lalu pada perkembangan bayi 10 minggu, rahim Anda akan jadi sebesar jeruk bali. Anda bisa mempertimbangkan untuk mulai memakai baju hamil sekarang. Pasalnya, Anda akan merasa bahwa pakaian biasa sudah tampak tidak nyaman dan sempit.

Selain itu, payudara Anda juga cenderung lebih besar sehingga akan memperketat bra Anda. Jika Anda bingung antara mengenakan pakaian lama atau pakaian hamil, celana dan rok dengan bahan elastis akan menjadi pilihan tepat untuk kenyamanan Anda.

Menjaga kehamilan yang berjalan 10 minggu

Bertambah berat badan selama kehamilan adalah hal yang wajar. Akan tetapi, berapa idealnya berat badan Anda naik selama kehamilan? Untuk mencari tahu jawabannya, silakan konsultasi ke dokter kandungan. Dokter akan membantu menentukan berat badan Anda untuk meningkatkan kesehatan dan status kehamilan Anda.

Umumnya, rekomendasi kenaikan berat badan didasarkan pada indeks massa tubuh (BMI) selama kehamilan. Ini adalah indikator berat badan yang sesuai dengan cara membagi berat badan Anda dalam kilogram untuk kuadrat dari tinggi badan dalam meter.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 10 kehamilan?

Pada perkembangan janin 10 minggu kehamilan, dokter dapat mengatahui apakah Anda mengandung bayi kembar atau tidak dengan cara mendengarkan detak jantung perut Anda. Jika terdapat dua detak jantung yang terpisah, besar kemungkinan Anda mengandung anak kembar.

Namun, ini bukan diagnosis yang akurat karena detak jantung janin dapat terdengar di beberapa lokasi. Untuk memantapkan diagnosis, biasanya dokter menggunakan USG. Di kebanyakan kasus (kecuali untuk kasus yang jarang terjadi seperti janin yang tersembunyi di balik janin yang lain sehingga kamera tidak dapat mengamati), hasil diagnosis USG biasanya benar mengenai apakah Anda memiliki kehamilan kembar atau tidak.

Tes yang mungkin dibutuhkan di usia kehamilan 10 minggu

Tergantung pada kebutuhan spesifik Anda dan gaya pemeriksaan dokter, dokter akan melakukan pemeriksaan berikut:

  • Mengukur berat badan dan tekanan darah
  • Memeriksa urine untuk kadar glukosa dan protein
  • Memeriksa denyut jantung janin
  • Mengukur ukuran rahim dengan meraba bagian luar untuk melihat korelasi ukuran ini dengan tanggal Anda melahirkan
  • Posisi rahim
  • Memeriksa pembengkakan tangan dan kaki, memeriksa varises di kaki

Kesehatan & Keselamatan

Apa saja yang perlu saya ketahui untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama hamil?

Untuk para wanita, kehamilan yang aman untuk bayi mereka selalu menjadi prioritas yang paling penting. Berhati-hatilah saat menggunakan obat dan hindarilah minuman beralkohol dan merokok karena dapat berdampak negatif bagi Anda dan bayi Anda. Selain itu Anda juga harus berhati-hati saat melakukan seks saat hamil.

Jika kehamilan Anda berkembang secara normal, Anda bisa berhubungan seks sesering yang diinginkan. Meski aman, biasanya gejolak hormon, rasa lelah, dan mual akan menghilangkan gairah Anda. Meski berhubungan seks saat hamil diperbolehkan, Anda juga harus berhati-hati ketika melakukannya. Dokter mungkin menyarankan Anda untuk menghindari berhubungan seks jika:

  • Anda memiliki risiko kelahiran prematur
  • Anda memiliki perdarahan vagina yang  tidak diketahui penyebabnya
  • Bocornya cairan ketuban
  • Leher rahim Anda sudah mulai terbuka

Jadi minggu depan janin akan tumbuh seperti apa?

Sumber
Yang juga perlu Anda baca