Terlalu Lama Berdiri Saat Hamil Bisa Membahayakan Janin

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 05/09/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Saat Anda hamil, berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk berdiri selama seharian? Apakah Anda sering berdiri kelamaan lama saat hamil? Jika ya, Anda perlu berhati-hati. Pasalnya, penelitian membuktikan bahwa ibu hamil yang berdiri terlalu lama berisiko menyebabkan gangguan pertumbuhan pada janin. Langsung simak ulasan di bawah ini untuk melihat apa saja bahaya berdiri kelamaan saat hamil bagi kesehatan Anda dan janin.

Dampak berdiri kelamaan saat hamil

Menurut sebuah riset yang dilakukan para ahli di Belanda, berdiri hampir seharian bisa menyebabkan hambatan pada pertumbuhan bayi. Para peserta penelitian yang berdiri kelamaan saat hamil ternyata melahirkan bayi dengan lingkar kepala rata-rata 3% lebih kecil dari bayi-bayi lain.

Perbedaan lain yang ditemukan dalam penelitian tersebut adalah berat badan bayi ketika lahir. Saat lahir, bayi yang ibunya bekerja sambil berdiri selama lebih dari 25 jam seminggu ternyata lebih ringan kira-kira 140 sampai 200 gram dari bayi pada umumnya.

Bahaya pada pertumbuhan janin bisa terjadi karena berdiri terlalu lama saat hamil mungkin mengganggu peredaran darah menuju rahim. Saat berdiri, darah jadi fokus mengaliri kaki yang menopang seluruh beban tubuh Anda. Padahal, darah dibutuhkan oleh janin sebagai sumber oksigen dan zat gizi.

Selain risiko gangguan pertumbuhan bayi dalam kandungan, berdiri kelamaan saat hamil juga berisiko bagi kesehatan Anda. Berdiri terlalu lama bisa menyebabkan nyeri lutut, pinggang, dan punggung karena otot-otot serta sendi dipaksa bekerja keras menahan beban tubuh. Padahal, mungkin tanpa harus berdiri lama saat hamil pun Anda sudah mengalami nyeri punggung bawah.

Berapa lama durasi berdiri yang aman bagi ibu hamil?

Jika profesi Anda menuntut Anda untuk berdiri kelamaan saat hamil, cobalah untuk menyeimbangkan durasi Anda berdiri dan duduk. Misalnya Anda adalah seorang guru. Daripada seharian penuh mengajar sambil berdiri di depan kelas, duduklah selama beberapa menit.

Ibu hamil sebaiknya duduk sekurang-kurangnya 15 menit dalam waktu satu jam. Itu berarti Anda tidak disarankan untuk berdiri selama lebih dari 45 menit. Maka, perhatikan juga apabila Anda harus berdiri kelamaan di kereta cepat saat berangkat ke kantor. Duduklah setiap ada kesempatan karena Anda tidak tahu berapa lama lagi Anda harus berdiri. Jangan menunda-nunda karena merasa sudah dekat dengan tujuan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Munculnya kista saat hamil adalah hal yang umum terjadi. Walau biasanya tidak berbahaya, ibu hamil perlu memahami apa saja pengaruhnya terhadap kandungan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Parenting, Tips Parenting 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Tak hanya wanita yang harus memerhatikan perubahan pada dirinya. Sebagai suami Anda juga harus peka melihat tanda istri hamil dan segera mempersiapkan diri.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesuburan, Kehamilan, Hidup Sehat 13/06/2020 . Waktu baca 6 menit

Penyebab dan Cara Mengatasi ASI yang Tidak Keluar Setelah Melahirkan

Banyak ibu yang khawatir karena setelah sang buah hati lahir ke dunia, ASI tidak kunjung keluar dari payudara. Sebenarnya, apa penyebab kondisi ini?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Menyusui 05/06/2020 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Masturbasi Saat Hamil

Masturbasi Saat Hamil, Boleh Atau Tidak?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 12/08/2020 . Waktu baca 3 menit
cek kehamilan dengan test pack

Kapan Saya Bisa Mulai Cek Kehamilan dengan Test Pack?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 11/08/2020 . Waktu baca 6 menit
berhubungan seks setelah operasi caesar

Berhubungan Seks Setelah Operasi Caesar, Wajarkah Bila Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 4 menit
cara memandikan bayi yang baru lahir

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 9 menit