Periode Perkembangan

Terlalu Lama Berdiri Saat Hamil Bisa Membahayakan Janin

Oleh

Saat Anda hamil, berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk berdiri selama seharian? Apakah Anda sering berdiri kelamaan lama saat hamil? Jika ya, Anda perlu berhati-hati. Pasalnya, penelitian membuktikan bahwa ibu hamil yang berdiri terlalu lama berisiko menyebabkan gangguan pertumbuhan pada janin. Langsung simak ulasan di bawah ini untuk melihat apa saja bahaya berdiri kelamaan saat hamil bagi kesehatan Anda dan janin.

Dampak berdiri kelamaan saat hamil

Menurut sebuah riset yang dilakukan para ahli di Belanda, berdiri hampir seharian bisa menyebabkan hambatan pada pertumbuhan bayi. Para peserta penelitian yang berdiri kelamaan saat hamil ternyata melahirkan bayi dengan lingkar kepala rata-rata 3% lebih kecil dari bayi-bayi lain.

Perbedaan lain yang ditemukan dalam penelitian tersebut adalah berat badan bayi ketika lahir. Saat lahir, bayi yang ibunya bekerja sambil berdiri selama lebih dari 25 jam seminggu ternyata lebih ringan kira-kira 140 sampai 200 gram dari bayi pada umumnya.

Bahaya pada pertumbuhan janin bisa terjadi karena berdiri terlalu lama saat hamil mungkin mengganggu peredaran darah menuju rahim. Saat berdiri, darah jadi fokus mengaliri kaki yang menopang seluruh beban tubuh Anda. Padahal, darah dibutuhkan oleh janin sebagai sumber oksigen dan zat gizi.

Selain risiko gangguan pertumbuhan bayi dalam kandungan, berdiri kelamaan saat hamil juga berisiko bagi kesehatan Anda. Berdiri terlalu lama bisa menyebabkan nyeri lutut, pinggang, dan punggung karena otot-otot serta sendi dipaksa bekerja keras menahan beban tubuh. Padahal, mungkin tanpa harus berdiri lama saat hamil pun Anda sudah mengalami nyeri punggung bawah.

Berapa lama durasi berdiri yang aman bagi ibu hamil?

Jika profesi Anda menuntut Anda untuk berdiri kelamaan saat hamil, cobalah untuk menyeimbangkan durasi Anda berdiri dan duduk. Misalnya Anda adalah seorang guru. Daripada seharian penuh mengajar sambil berdiri di depan kelas, duduklah selama beberapa menit.

Ibu hamil sebaiknya duduk sekurang-kurangnya 15 menit dalam waktu satu jam. Itu berarti Anda tidak disarankan untuk berdiri selama lebih dari 45 menit. Maka, perhatikan juga apabila Anda harus berdiri kelamaan di kereta cepat saat berangkat ke kantor. Duduklah setiap ada kesempatan karena Anda tidak tahu berapa lama lagi Anda harus berdiri. Jangan menunda-nunda karena merasa sudah dekat dengan tujuan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 7, 2017 | Terakhir Diedit: September 5, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca