home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Makanan Tertentu Bisa Merangsang Kontraksi Supaya Cepat Melahirkan?

Benarkah Makanan Tertentu Bisa Merangsang Kontraksi Supaya Cepat Melahirkan?

Pernahkah Anda mendengar bahwa makanan disebut-sebut bisa menjadi induksi alami supaya cepat melahirkan? Katanya, ada makanan yang dapat membantu agar mudah melahirkan, lho!

Sebelum mencobanya, ibu perlu mencari tahu dulu fakta mengenai makanan untuk mempercepat kelahiran bayi. Cari tahu informasi selengkapnya di sini, yuk!

Benarkah ada makanan yang bisa merangsang supaya cepat melahirkan?

Mendekati hari-H persalinan biasanya ibu hamil sudah menyediakan persiapan persalinan agar tidak kaget saat mengalami kontraksi sebagai tanda-tanda melahirkan.

Namun, dengan alasan agar mudah melahirkan normal, ada ibu hamil yang mengonsumsi makanan dan minuman tertentu yang dianggap sebagai induksi alami.

Ini karena makanan dan minuman tertentu dianggap dapat menjadi pemicu munculnya kontraksi melahirkan.

Melansir dari laman Mayo Clinic, tujuan induksi persalinan yakni untuk mendorong munculnya kontraksi rahim sebelum proses melahirkan tiba.

Induksi persalinan umumnya diberikan oleh dokter dengan obat-obatan medis tergantung kondisi ibu.

Alasan dilakukannya induksi melahirkan biasanya karena air ketuban sudah pecah, tetapi persalinan belum kunjung tiba.

Penyebab pemberian induksi persalinan lainnya juga bisa karena plasenta sudah lepas dari dinding rahim sebelum melahirkan (solusio plasenta).

Ibu hamil yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti penyakit ginjal, diabetes, dan obesitas, juga bisa mendapatkan induksi persalinan.

Pertanyaan selanjutnya, benarkah makanan dan minuman bisa menjadi induksi alami supaya cepat melahirkan?

Berikut makanan dan minuman yang dinilai dapat membantu untuk mempercepat persalinan normal:

1. Buah kurma

resep kurma

Kurma disebut-sebut sebagai makanan supaya cepat melahirkan sekaligus pemicu atau penunjang kontraksi.

Hal ini diperkuat dalam penelitian dari Jordan University of Science and Technology terbitan Journal of Obstetrics and Gynaecology.

Menurut penelitian tersebut, perempuan yang rutin makan kurma selama hamil tua dilaporkan menjalani proses persalinan normal yang lebih lancar.

Kurma menghasilkan hormon oksitosin yang berfungsi merangsang kontraksi rahim dan mempermudah proses persalinan.

Ketika persalinan, kontraksi yang lemah biasanya akan diberi tambahan oksitosin lewat jarum suntik untuk kembali menguatkan kontraksi rahimnya.

Pada penelitian tersebut, kelompok ibu hamil yang makan buah kurma di akhir masa kehamilan membutuhkan oksitosin yang lebih rendah daripada kelompok yang tidak rutin makan kurma.

Meski makan buah kurma dalam beberapa minggu terakhir sebelum persalinan dapat membawa manfaat untuk melahirkan nantinya, hasil ini belum cukup signifikan.

Ya, manfaat dari buah kurma sebagai makanan induksi alami supaya cepat melahirkan tetap tidak bisa menandingi kerja dari induksi persalinan secara medis.

2. Minyak jarak

minyak biji jarak

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Maternal-Fetal and Neonatal Medicine membahas mengenai penggunaan minyak jarak untuk induksi alami.

Ibu hamil yang minum minyak jarak atau castor oil cenderung mengalami kontraksi lebih cepat dan bersalin dalam 24 jam setelahnya.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada aturan khusus seberapa banyak minyak jarak yang harus dikonsumsi sebagai cara induksi alami agar cepat melahirkan.

Jika tidak dilakukan secara hati-hati, kebanyakan minum minyak jarak justru dapat memicu kontraksi yang lebih kuat.

Bukannya memberikan efek menguntungkan, aliran darah ke bayi justru jadi menurun.

Akibatnya, bayi dalam kandungan jadi kekurangan oksigen dan bisa berakibat fatal jika tidak cepat-cepat ditangani.

Bukan hanya itu, penggunaan minyak jarang juga dapat menyebabkan kontraksi yang tidak teratur dan menyakitkan.

Hal ini tentu bisa membuat ibu dan bayi menjadi stres sehingga mengalami kelelahan dan dehidrasi.

Selain itu juga menyebabkan bayi Anda mengalami mekonium atau feses bayi pertama bercampur dengan air ketuban, sebelum melahirkan.

Kondisi ini berisiko menimbulkan gangguan kesehatan setelah bayi lahir.

Singkatnya, minyak jarak sebenarnya bisa dijadikan minuman atau dicampur dengan makanan penunjang kontraksi supaya cepat melahirkan.

Hanya saja, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui berapa takaran aman minyak jarak agar tidak berlebihan.

Apa makanan yang belum terbukti mempercepat kelahiran bayi?

Sementara itu, makanan yang belum terbukti mampu bekerja supaya ibu cepat melahirkan, yaitu:

1. Makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas

Makanan pedas pada umumnya membuat perut sakit dan mulas sehingga dipercaya bisa merangsang datangnya kontraksi melahirkan.

Makanan pedas juga disinyalir dapat menyebabkan tubuh melepaskan hormon prostaglandin melalui proses pencernaan guna memicu kontraksi pada rahim.

Namun, teori yang bilang bahwa makanan pedas dapat mempercepat kelahiran sebenarnya tidak tepat.

Sampai saat ini, tidak ada hubungannya antara makanan yang tersimpan di lambung dengan kerja otot rahim untuk berkontraksi.

Anggapan makanan pedas menjadi cara supaya cepat melahirkan ini mungkin berangkat dari sugesti. Beberapa orang bisa mengalami kram perut sehabis makan makanan pedas yang seringnya dianggap sebagai tanda awal kontraksi.

Padahal, kram perut ini disebabkan oleh penumpukan gas dari gejala maag dan refluks asam lambung.

Kedua hal ini merupakan masalah yang umum terjadi pada orang-orang yang mengonsumsi makanan pedas, terutama bila perutnya memang sensitif.

2. Buah nanas

maag boleh makan nanas

Anggapan bahwa buah nanas yang dijadikan sebagai makanan supaya cepat melahirkan sebenarnya salah.

Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, buah nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang berguna untuk memecah protein.

Kandungan enzim bromelain ini juga yang kerap membuat lidah terasa kesemutan dan menimbulkan sariawan saat menyantap buah nanas.

Kabarnya, enzim bromelain di dalam nanas dapat mengalir masuk ke dalam leher rahim (serviks) sehingga mengakibatkan jaringan menjadi rusak.

Rusaknya jaringan dinilai dapat membuat serviks melunak sehingga merangsang persalinan.

Sayangnya, tidak ada bukti yang cukup kuat untuk mendukung teori ini.

Ketika buah nanas masuk ke dalam tubuh, enzim bromelain sudah tidak lagi aktif di dalam perut dan hanya sebagian yang mampu diserap oleh tubuh.

Tanya dokter sebelum makan makanan supaya cepat melahirkan

cara menggugurkan kandungan

Sebenarnya, sejauh ini belum terbukti benar bahwa induksi persalinan alami, termasuk makanan supaya cepat melahirkan, mampu mengalahkan kerja induksi medis.

Bukan tidak mungkin makanan yang dimakan dengan tujuan agar mudah melahirkan normal justru dapat berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi.

Hal ini mungkin karena ibu tidak berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum makanan makanan tertentu.

Bahkan, asupan dari makanan tertentu yang berlebihan dengan tujuan supaya cepat melahirkan normal juga bisa berisiko bagi kesehatan ibu dan bayi.

Jadi, alangkah lebih baiknya untuk bertanya dan berkonsultasi dengan dokter sebelum makan makanan dengan tujuan supaya cepat melahirkan.

Ini karena setiap ibu hamil yang akan melahirkan memiliki kondisi yang berbeda-beda dengan penanganan yang berbeda pula.

Bahkan, jenis persalinan masing-masing ibu hamil nantinya juga tidak sama.

Ambil contohnya ada metode melahirkan normal, operasi caesar, gentle birth, water birth, dan hypnobirthing.

Induksi persalinan medis yang diberikan dokter pun tidak ditujukan untuk semua ibu hamil.

Biasanya, induksi persalinan medis tidak diberikan pada ibu yang pernah menjalani operasi caesar dengan sayatan vertikal mulai dari pusar sampai tulang kemaluan.

Ibu hamil dengan posisi bokong bayi di dalam kandungan berada di jalan lahir juga tidak memungkinkan untuk diberikan induksi persalinan medis.

Intinya, dokter tentu masih akan meninjau apakah ibu memang membutuhkan induksi persalinan medis sekaligus mempertimbangkan kondisinya.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Metode kalkulasi

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Bringing on Labour: An Overview. Retrieved 24 July 2020, from  http://www.babycentre.co.uk/a567272/bringing-on-labour-an-overview

Inducing Labor: When to Wait, When to Induce. Retrieved 24 July 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/labor-and-delivery/in-depth/inducing-labor/art-20047557

Neri, I., Dante, G., Pignatti, L., Salvioli, C., & Facchinetti, F. (2017). Castor oil for induction of labour: a retrospective study. The Journal Of Maternal-Fetal & Neonatal Medicine31(16), 2105-2108. doi: 10.1080/14767058.2017.1336223. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28618920/

Al-Kuran, O., Al-Mehaisen, L., Bawadi, H., Beitawi, S., & Amarin, Z. (2011). The effect of late pregnancy consumption of date fruit on labour and delivery. Journal Of Obstetrics And Gynaecology31(1), 29-31. doi: 10.3109/01443615.2010.522267. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21280989/

The Truth About “Natural” Ways to Induce Labor. Retrieved 24 July 2020, from https://utswmed.org/medblog/truth-natural-labor/

Truth or Tale? 8 Ways to (Maybe) Move Labor Along Naturally. Retrieved 24 July 2020, from https://health.clevelandclinic.org/truth-or-tale-8-ways-to-maybe-move-labor-along-naturally/

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri pada 25/11/2016
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
x