Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkan Makan Makanan Pedas Bisa Mempercepat Proses Persalinan?

Benarkan Makan Makanan Pedas Bisa Mempercepat Proses Persalinan?

Jika ibu hamil tak kunjung menunjukkan tanda melahirkan, padahal sudah waktunya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memicu persalinan. Salah satunya adalah dengan makan makanan pedas. Apa kata dunia medis soal bisik tetangga yang bilang bahwa makanan pedas memicu persalinan?

Benarkah makanan pedas memicu persalinan?

Banyak perempuan yang percaya bahwa makan makanan pedas memicu persalinan. Makanan pedas pada umumnya membuat perut sakit dan mulas, sehingga dipercaya bisa merangsang datangnya kontraksi tanda melahirkan. Makanan pedas juga disinyalir dapat menyebabkan tubuh melepaskan hormon prostaglandin melalui proses pencernaan, yang akan memicu kontraksi pada rahim.

Namun, teori yang bilang bahwa makanan pedas dapat mempercepat kelahiran ditolak mentah-mentah oleh dunia kedokteran. Dilansir dari WebMD, Tery Harper, MD, pakar pengobatan ibu dan anak, bahkan mengatakan bahwa tidak ada hubungannya antara makanan yang tersimpan di lambung dengan kerja otot rahim untuk berkontraksi. “Sampai saat ini, belum ada satupun studi ilmiah yang dapat membuktikan bahwa makanan pedas dapat memicu persalinan,” tandas Harper.

Pernyataan ini pun diamini oleh Elizabeth Stein, seorang bidan di New York. Stein mengatakan, “Tidak ada cara alami yang terbukti efektif dan aman untuk mempercepat persalinan.” Tidak ada makanan manapun yang dapat mendorong terjadinya persalinan. Satu-satunya cara yang dapat diandalkan untuk mempercepat kelahiran anak adalah dengan induksi medis di rumah sakit yang melibatkan obat-obatan.

Lantas, kenapa banyak perempuan yang melaporkan bahwa makanan pedas dapat memicu persalinan? Hal ini mungkin berangkat dari sugesti. Beberapa orang bisa mengalami kram perut sehabis makan makanan pedas, yang seringnya dianggap sebagai tanda awal kontraksi. Padahal, kram perut ini disebabkan oleh penumpukan gas dari gejala maag dan refluks asam lambung. Kedua hal ini merupakan masalah yang umum terjadi pada orang-orang yang mengonsumsi makanan pedas, terutama jika perutnya memang sensitif.

batu empedu saat hamil

Jadi, apakah ibu hamil tidak boleh makan pedas?

Jika Anda ingin tetap mencoba, tidak ada salahnya. Yang harus Anda perhatikan adalah porsinya. Jangan terlalu banyak, sampai usaha coba-coba Anda malah menyebabkan perut terasa mulas atau bahkan diare.

Berikut beberapa tips bila Anda ingin mengonsumsi makanan pedas, seperti:

  • Dampingi makanan pedas dengan segelas susu untuk membantu meminimalkan rasa panas dalam perut.
  • Satu sendok makan madu juga bisa membantu mencegah mulas setelah mengonsumsi makanan pedas.

Namun, penting untuk Anda ketahui bahwa menghindari makanan pedas tentu menjadi langkah terbaik Anda untuk menjaga kesehatan Anda dan janin Anda. Tetap konsumsi makanan yang direkomendasikan oleh dokter agar nutrisi Anda dan janin Anda tetap tercukupi dengan baik.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Does Eating Spicy Foods While Pregnant Affect Baby? https://www.livestrong.com/article/512418-do-spicy-foods-affect-the-gallbladder/. Diakses pada 12 Desember 2017.

Can Labor Be Induced Naturally? https://www.webmd.com/baby/inducing-labor-naturally-can-it-be-done#2. Diakses pada 12 Desember 2017.

What Foods Can Induce Labor? https://www.livestrong.com/article/492341-does-drinking-green-tea-help-induce-labor/. Diakses pada 12 Desember 2017.

Irritable Uterus From Spicy Food in Pregnancy. https://www.livestrong.com/article/518083-is-spicy-food-good-for-the-sinuses/. Diakses pada 12 Desember 2017.


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 16/08/2021
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team
x