Tips Bagi Suami untuk Membantu Istri Mengatasi Rasa Takut Menjelang Persalinan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/08/2017
Bagikan sekarang

Melahirkan merupakan tugas seorang wanita yang tidak mudah. Anda sebagai suami pun mungkin tidak dapat membayangkan bagaimana rasa sakitnya ketika istri Anda berusaha melahirkan anak Anda. Oleh karena itu, sebaiknya temani istri Anda saat ia melahirkan. Istri Anda pasti membutuhkan kehadiran Anda untuk mengatasi ketakutan menjelang persalinan.

Anda sebagai suami bisa melakukan hal-hal di bawah ini untuk membantu istri dalam mengatasi ketakutan menjelang persalinan.

Tanyakan istri apa yang ia inginkan

Anda mungkin perlu berbicara dengan istri Anda sebelum persalinan. Ketahui dengan baik apa yang istri Anda ingin dan tidak ingin selama persalinan. Ingat, terkadang bisa terjadi sesuatu yang tidak diduga-duga selama persalinan dan Anda merupakan orang yang harus memutuskannya.

Selain itu, Anda juga perlu menyediakan semua kebutuhan istri Anda menjelang persalinan, seperti pakaian. Menyediakan makanan kesukaan istri Anda saat berada di rumah sakit mungkin juga perlu dilakukan. Makanan dapat sedikit membantu mengatasi ketakutan menjelang persalinan yang dirasakan istri. Juga, dapat mengurangi rasa lelah dan menyediakan energi. Ingat, persalinan sangat menguras energi, sehingga istri Anda membutuhkan banyak energi dari makanan. Ingatkan juga istri Anda untuk minum banyak air.

Memutar lagu kesukaan istri

Mendengarkan lagu atau musik merupakan salah satu cara yang dapat membuat seseorang lebih merasa tenang dan santai. Putarlah lagu kesukaan istri Anda saat sedang menunggu persalinan. Suara-suara alam, seperti suara burung berkicau, suara ombak laut, atau suara angin mungkin juga membantu istri Anda untuk fokus pada gelombang kontraksi yang terjadi di rahim. Mendengarkan lagu juga dapat sedikit mengalihkan pikiran istri Anda terhadap rasa sakitnya.

Menaruh aromaterapi di kamar perawatan istri

Selain suara, aroma juga dapat membantu dalam menenangkan istri Anda sehingga ketakutan menjelang persalinan sedikit berkurang. Aroma tertentu memang dapat mempunyai efek menenangkan. Anda bisa menempatkan aromaterapi atau wewangian yang disukai istri Anda di kamar perawatan istri Anda. Aromaterapi dengan aroma lavender atau minyak geranium dapat membuat istri lebih tenang, juga untuk menjaga udara tetap segar.

Berada terus di sampingnya

Terus berada di samping istri sebelum persalinan maupun setelah persalinan merupakan hal yang sangat dapat mengurangi ketakutan istri menjelang persalinan. Keberadaan Anda sebagai suami tak dapat tergantikan. Jika sedang menemani istri Anda menjelang persalinan, jangan lupa untuk menyentuh istri Anda. Sentuhan dapat membantu dalam menenangkan istri, mengurangi ketakutannya, serta membantu merilekskan otot-otot yang tegang. Anda juga bisa memijat-mijat bagian tubuh istri Anda, seperti kaki dan punggung, untuk mengurangi ketakutannya dan memberinya kenyamanan.

Ajak ia berjalan-jalan sambil menunggu pembukaan

Waktu menunggu persalinan mungkin merupakan waktu yang menyakitkan. Pada saat ini, istri Anda akan merasakan kontraksi yang datang dan pergi. Untuk membuatnya tetap nyaman, ajaklah istri Anda agar tetap bergerak. Anda bisa menemani istri Anda untuk berjalan-jalan di taman rumah sakit. Hal ini dapat membuat istri Anda sedikit lebih baik dalam melalui setiap proses menjelang persalinan.

Yakinkan istri ia pasti akan baik-baik saja

Beri semangat terus pada istri Anda. Yakinkan ia bahwa ia adalah orang yang hebat dan pasti mampu untuk melewati hal ini. Jangan lupa untuk melakukan tugas Anda saat persalinan yaitu untuk tetap membuat istri Anda fokus terhadap kontraksi pada rahim. Genggam tangan istri Anda dan minta istri Anda untuk melihat mata Anda agar tetap fokus.

Bantu istri untuk tetap menjaga pola pernapasannya (Anda mungkin juga perlu untuk mempraktikkannya bersama istri). Dan, kembalikan rasa percaya dirinya setiap kali istri Anda mulai berpikir bahwa ia tidak bisa melewati ini. Ingat, istri Anda mungkin akan bergantung pada Anda saat proses persalinan. Anda yang dapat tetap membuatnya merasa kuat dan mampu.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

American Pregnancy Association. (2015). Alternative Relaxation Techniques to Relieve Labor Pains. [online] Available at: http://americanpregnancy.org/labor-and-birth/relaxation-techniques/ [Accessed 20 Mar. 2017].

Bouchez, C. (2009). Calming Your Labor and Delivery Fears. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/baby/features/calming-your-labor-and-delivery-fears#1 [Accessed 20 Mar. 2017].

Winder, K. (2016). Dads-To-Be: A Guide to Labour & How To Support Her | BellyBelly. [online] BellyBelly. Available at: http://www.bellybelly.com.au/men/supporting-her-in-labour/ [Accessed 20 Mar. 2017].

Baby Center. (2016). Ten tips for labor coaches | BabyCenter. [online] BabyCenter. Available at: https://www.babycenter.com/0_ten-tips-for-labor-coaches_1072.bc [Accessed 20 Mar. 2017].

Yang juga perlu Anda baca

Pembukaan Sudah Lengkap, Tapi Bayi Tidak Keluar? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Pembukaan persalinan diakhiri dengan pembukaan 10 saat bayi lahir. Pada beberapa kasus, bayi bisa saja tidak keluar meski sudah terjadi pembukaan lengkap.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Melahirkan, Kehamilan 22/11/2019

Tanda-Tanda Pembukaan 1-10 yang Harus Dikenali Ibu Menjelang Melahirkan

Pembukaan persalinan berlangsung dalam 10 tahap sampai akhirnya bayi terlahir ke dunia. Apa saja tanda pembukaan melahirkan yang harus diketahui?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Melahirkan, Kehamilan 02/10/2019

5 Hal yang Perlu Calon Ibu Persiapkan Jika Ingin Melahirkan di Luar Negeri

Melahirkan di luar negeri memang butuh persiapan yang matang. Apa saja persiapannya agar persalinan berjalan lancar? Intip di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Melahirkan, Kehamilan 04/09/2019

Normalnya, Berapa Banyak Darah yang Akan Keluar Selama Nifas?

Keluar darah selama masa nifas itu normal. Namun, seberapa banyak normlanya darah keluar saat nifas? Cari tahu jawabannya di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Melahirkan, Kehamilan 30/08/2019

Direkomendasikan untuk Anda

Melahirkan di Rumah Sakit Saat Pandemi COVID-19, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Melahirkan di Rumah Sakit Saat Pandemi COVID-19, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020
Ibu, Ketahui Penyebab Induksi Tidak Berhasil

Ibu, Ketahui Penyebab Induksi Tidak Berhasil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 25/03/2020
Cara Menghitung Hari Perkiraan Lahir untuk Kehamilan IVF (Bayi Tabung)

Cara Menghitung Hari Perkiraan Lahir untuk Kehamilan IVF (Bayi Tabung)

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 16/12/2019
5 Kiat Ampuh Mengurangi Stres Menjelang Persalinan

5 Kiat Ampuh Mengurangi Stres Menjelang Persalinan

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 24/11/2019