home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengenal Metode ILA untuk Persalinan Normal Tanpa Rasa Sakit

Apa itu metode ILA?|Apa tujuan metode ILA?|Adakah manfaat metode ILA?|Bagaimana metode ILA dilakukan?|Apakah metode ini cocok untuk saya?|Apakah ada efek sampingnya?
Mengenal Metode ILA untuk Persalinan Normal Tanpa Rasa Sakit

Menunggu persalinan normal dengan cara alami kadang memakan waktu lama. Hal ini membuat ibu lelah dengan sakit yang tak tertahankan sehingga ingin segera melahirkan bayinya dengan cara apa pun. Nah, sekarang ini ada yang namanya metode ILA (intratechal labour analgesia).

ILA adalah metode atau cara untuk melahirkan normal tanpa rasa sakit. Seperti apa metodenya? Simak ulasannya berikut ini, ya!

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Metode kalkulasi

Durasi siklus haid

28 hari

Apa itu metode ILA?

antibiotik saat melahirkan ila

Ibu biasanya dihadapkan dengan pilihan untuk melahirkan normal dan operasi caesar.

Kebanyakan ibu umumnya ingin melahirkan dengan cara normal dan sebagian lainnya ingin melahirkan dengan prosedur caesar saja agar rasa sakit tidak terlalu terasa.

Ini karena rasa mulas dan nyeri yang tak tertahankan menjelang persalinan merupakan salah satu hal yang paling ditakutkan ibu hamil.

Nyeri ini timbul akibat kontraksi rahim dan pelebaran leher rahim sebagai respon tubuh untuk mempersiapkan kelahiran.

Tak heran jika beberapa ibu hamil lebih memilih melahirkan dengan operasi caesar dibandingkan normal untuk menghindari rasa sakit ini.

Jangan khawatir, sekarang ini ada banyak metode yang bisa mengurangi rasa sakit menjelang persalinan sehingga ibu tetap bisa melahirkan normal.

Nah, salah satu metodenya adalah ILA atau kependekan dari intratechal labour analgesia.

Dengan metode ILA, para ibu bisa melahirkan normal dengan rasa mulas atau nyeri yang minimal atau lebih ringan.

Metode ILA benar-benar membuat rasa mulas atau kontraksi saat akan melahirkan berkurang.

Bagi ibu yang tidak bisa menahan atau tidak ingin merasakan mulas atau kontraksi saat menunggu kelahiran, metode ILA ini mungkin bisa sangat membantu.

ILA merupakan salah satu metode induksi persalinan untuk membantu meringankan rasa sakit saat Anda melahirkan.

Apa tujuan metode ILA?

melahirkan dengan ekstraksi vakum

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ILA adalah metode atau cara agar bisa melahirkan normal tanpa rasa sakit.

Ibu yang sudah pernah melahirkan pasti paham bahwa nyeri persalinan merupakan saat-saat yang mencemaskan bagi ibu bahkan bayinya.

Kontraksi rahim sebagai tanda-tanda melahirkan dapat mengakibatkan napas terlalu cepat dan dalam (hiperventilasi) sehingga muncul perubahan pada tubuh.

Perubahan pada tubuh ini biasanya meliputi sesak napas, kesemutan di lengan maupun kaki, hingga dada seperti tertekan.

Kondisi hiperventilasi yang mungkin dialami ibu saat sedang kontraksi rahim dapat membawa risiko hipoksemia bagi diri ibu maupun bayi.

Hipoksemia adalah kondisi rendahnya kadar oksigen di dalam darah.

Lebih dari itu, nyeri persalinan hebat juga berisiko membuat ibu mengalami baby blues, depresi postpartum, psikosis postpartum, hingga trauma melahirkan di kemudian hari.

Metode ILA dapat menjadi cara yang efektif untuk melahirkan normal tanpa rasa sakit sekaligus mengurangi berbagai risiko tersebut pada ibu.

Memasuki kala satu alias fase laten (awal) persalinan, nyeri yang ibu rasakan biasanya masih dapat diatasi dengan pemberian pemberian obat tertentu dari dokter.

Namun, ketika memasuki kala kedua alias fase aktif, nyeri bisa bertambah hebat karena disertai dengan robeknya jaringan perineum.

Perineum adalah area antara anus dan vagina. Robekan inilah yang menyebabkan ibu merasakan sakit luar biasa saat proses melahirkan normal.

Pada fase aktif ini, pemberian obat yang diberikan di fase laten (awal) sebelumnya kurang bekerja secara efektif untuk membantu meredakan nyeri.

Sementara bila diberikan metode intratechal labour analgesia atau analgesia intratekal diharapkan dapat lebih cepat dan efektif untuk meredakan rasa sakit.

Adakah manfaat metode ILA?

mencukur bulu kemaluan sebelum melahirkan ila

Metode intratechal labour analgesia atau analgesia intratekal sebagai cara melahirkan normal tanpa rasa sakit dinilai memiliki beberapa manfaat.

Manfaat metode intratechal labour analgesia atau ILA adalah sebagai berikut:

  • Memakai jarum dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jarum epidural.
  • Obat bius atau anestesi dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara disuntikkan ke dalam sumsum tulang belakang. Cara ini membuat obat bius lebih mudah menyebar ke cairan tulang belakang.
  • Risiko komplikasi persalinan berupa ibu meninggal saat melahirkan lebih rendah ketimbang pemberian anestesi umum.

Melihat berbagai manfaat tersebut tak heran analgesia intratekal menjadi salah satu tips agar melahirkan normal berjalan tanpa rasa sakit.

Anda bisa bertanya dan berkonsultasi dengan dokter untuk memahami lebih dalam mengenai manfaat metode ILA.

Bagaimana metode ILA dilakukan?

tanda tanda mau melahirkan tanda-tanda persalinan

Metode ILA dilakukan dengan cara menyuntikkan obat bius ke ibu hamil saat ingin melahirkan pada pembukaan lahiran empat atau lebih.

Obat bius ini disuntikkan melalui tulang belakang bagian bawah dan membuat bagian pinggang sampai kaki Anda mati rasa.

Jangan khawatir, ILA adalah metode yang melibatkan pemberian obat bius dalam dosis yang lebih sedikit dibandingkan epidural.

Hal ini membuat kondisi ibu lebih aman saat melahirkan.

International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) mengambil kesimpulan bahwa metode persalinan tanpa rasa sakit ini merupakan pilihan yang aman.

Ya, cara melahirkan tanpa rasa sakit ini terbilang aman untuk ibu yang tidak terlalu mampu menahan rasa sakit.

Apakah metode ini cocok untuk saya?

DBD saat hamil menginfeksi bayi atau janin dalam kandungan

Literatur menunjukkan bahwa ILA dapat digunakan secara efektif dan ekonomis untuk membantu ibu menjelang persalinan saat rasa nyeri yang timbul tidak tertahankan.

Metode ini tergolong lebih murah dalam sisi harga dibandingkan metode epidural.

Jadi, metode ILA ini tentu sangat membantu bagi ibu hamil yang ingin tetap melahirkan secara normal tapi tidak ingin merasakan mulas atau nyeri berlebih.

Di sisi lain, karena rasa mulas tidak dapat dirasakan ibu saat sudah disuntik ILA, beberapa ibu mungkin tidak bisa merasakan kapan harus menerapkan cara mengejan saat melahirkan.

Hal ini membuat ibu kurang bisa merasakan proses melahirkan normal yang benar-benar “alami”.

Bagi sebagian ibu, hal ini mungkin membuatnya jadi kurang puas karena kurang bisa merasakan proses melahirkan normal.

Selain itu, karena berkurangnya refleks mengejan, persalinan dengan ILA juga membuat kemungkinan bayi dilahirkan dengan bantuan ekstraksi vakum maupun forceps meningkat.

Pada intinya, pilihan mencoba metode ini harus benar-benar dipertimbangkan sebelum persalinan.

Diskusikan dengan dokter, bidan, suami, atau doula sebelum memilih metode ini untuk bersalin.

Apakah ada efek sampingnya?

VBAC adalah melahirkan normal setelah caesar

Efek samping mungkin jarang terjadi mengingat dosis yang diberikan sangat sedikit.

Berdasarkan International Journal of Reproduction, Contraception, Obstetrics and Gynecology, satu kali suntikan metode ILA terbilang aman.

Bukan hanya aman, satu suntikan juga berguna sebagai tips melahirkan normal tanpa rasa sakit yang efektif dan andal.

Metode atau cara melahirkan normal tanpa rasa sakit yang satu ini juga terbilang tidak memiliki efek samping yang parah.

Hanya saja, kemungkinan-kemungkinan efek samping yang timbul tentu ada.

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi seperti gatal-gatal, mual, sakit kepala, gangguan pernapasan, dan tekanan darah menurun.

Jika Anda mengalami satu atau lebih efek samping tersebut usai menjalani prosedur persalinan normal dengan bantuan metode ILA, sebaiknya periksakan diri lebih lanjut ke dokter.

Dokter dapat memberikan penanganan lanjutan sesuai dengan kondisi kesehatan dan keluhan yang Anda alami.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Khaled, G., & Sabry, A. (2020). Outcomes of intrathecal analgesia in multiparous women undergoing normal vaginal delivery: A randomised controlled trial. Indian Journal Of Anaesthesia64(2), 109. doi: 10.4103/ija.ija_572_19. https://www.ijaweb.org/article.asp?issn=0019-5049;year=2020;volume=64;issue=2;spage=109;epage=117;aulast=Khaled

Samyal, P., Thakur, R., Rao, R., Chauhan, G., Kaushik, S., & Chandel, A. (2020). Effect of single low dose intrathecal labor analgesia on maternal and fetal outcome. Retrieved 20 October 2020, from https://www.ijrcog.org/index.php/ijrcog/article/view/7176

Khaled, G., & Sabry, A. (2020). Outcomes of intrathecal analgesia in multiparous women undergoing normal vaginal delivery: A randomised controlled trial. Indian Journal Of Anaesthesia64(2), 109. doi: 10.4103/ija.ija_572_19. https://www.ijaweb.org/article.asp?issn=0019-5049;year=2020;volume=64;issue=2;spage=109;epage=117;aulast=Khaled

Oktafandi, H., Dewanti, N., Tanra, H., Patellongi, I., & Chalid, M. (2020). Effect of Intrathecal Labor Analgesia (ILA) in Normal Labor Study on the Dynamics of Pain Intensity and Level of Prostaglandin (PGE2) Maternal Plasma. International Journal Of Sciences: Basic And Applied Research (IJSBAR)26(3), 88-100. https://www.gssrr.org/index.php/JournalOfBasicAndApplied/article/view/5550/2836

AbdElBarr, T., Elshalakany, N., & Shafik, Y. (2014). Single dose spinal analgesia: Is it a good alternative to epidural analgesia in controlling labour pain?. Egyptian Journal Of Anaesthesia30(3), 241-246. doi: 10.1016/j.egja.2014.02.003. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1110184914000154

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala, S.Gz pada 31/10/2018
Ditinjau oleh Arinda Veratamala, S.Gz
x