Yang Perlu Diketahui Jika Anda Mencoba Hamil di Usia 35 Tahun ke Atas

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Alasan paling umum yang memicu penurunan kesuburan saat seorang wanita semakin bertambah usia adalah frekuensi ovulasi yang semakin jarang. Ketika perempuan bertambah usianya, mereka akan mengalami beberapa siklus di mana sel telur tidak dilepaskan. Kualitas dan kuantitas sel telur juga menurun ketika perempuan berusia sekitar 30-40 tahun.

Namun, meski jumlah total sel telur tidak dapat ditambah, penelitian menunjukkan bahwa kualitas sel telur yang tersisa dapat diperbaiki. Suplemen yang mengandung myo-inositol, asam folat, dan melatonin telah terbukti membantu memperbaiki kualitas sel telur dan fungsi ovarium.

Alasan lain yang menjelaskan mengapa perempuan di atas usia 35 tahun lebih sulit hamil adalah:

  • Infeksi atau operasi yang menyebabkan bekas luka pada jaringan di sekitar tuba fallopi atau serviks
  • Endometriosis
  • Fibroids atau kelainan rahim
  • Penurunan cairan serviks
  • Masalah kesehatan kronis seperti tekanan darah tinggi atau diabetes

Keguguran juga umum terjadi pada perempuan yang berusia di atas 35 tahun. Paling sering disebabkan oleh tingginya insiden kejadian kromosom yang abnormal.

Yang Harus Diperhatikan untuk Menambah Peluang Kesuburan

Mencoba untuk hamil setelah mencapai usia 35 tahun mungkin kelihatannya sulit. Padahal sebenarnya ada cara-cara yang bisa membantu memperoleh kehamilan dengan lebih mudah.

Jika Anda mengalami masalah ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

  1. Buatlah janji dengan dokter perihal rencana untuk hamil. Dokter akan memeriksa riwayat kesehatan Anda, pengobatan yang sedang berlangsung (jika ada), dan gaya hidup Anda secara keseluruhan. Ini akan membantu mengetahui apa saja yang harus lebih diperhatikan ketika berupaya untuk hamil saat sudah berusia di atas 35 tahun.
  2. Perempuan yang sehat secara fisik, mental, dan emosional lebih cenderung berhasil untuk hamil. Alkohol, rokok, dan kafein dapat memberi dampak buruk pada kehamilan dan kesuburan. Kelebihan atau kekurangan berat badan juga dapat memengaruhinya lewat fungsi hormon.
  3. Perhatikan tanda-tanda kesuburan sembari mengenal tubuh sendiri. Mencatat suhu tubuh dan cairan serviks akan membantu Anda mengidentifikasi kapan waktu terbaik untuk berhubungan seksual agar bisa hamil. Tanda-tanda kesuburan tersebut juga akan memperlihatkan apakah Anda berovulasi secara rutin atau tidak. Mengenal banyak tentang kesuburan Anda sendiri bisa membantu untuk membedakan antara telat menstruasi dan gejala kehamilan. (Catatan tambahan: belilah alat pendeteksi/prediksi ovulasi).
  4. Coba lakukan tes kesuburan (screening) di rumah. Banyak alat tes yang bisa diperoleh di apotek terdekat yang bisa membantu Anda mendeteksi kesuburan baik untuk perempuan maupun laki-laki. Hal ini sering kali mampu menenangkan hati para pasangan yang sedang berusaha mendapatkan kehamilan.
  5. Konsumsilah suplemen yang mengandung myo-inositol untuk membantu memperbaiki kualitas sel telur.

Di samping faktor umur, ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk mendapatkan peluang terbaik agar bisa hamil normal dan memiliki bayi yang sehat.

Jika Anda di bawah 35 tahun dan telah berhubungan seksual secara rutin dalam waktu setahun namun belum berhasil untuk hamil, sudah saatnya Anda menemui dokter Anda. Dokter bisa melakukan tes darah untuk mengetahui alasan mengapa kehamilan belum kunjung datang. Jika Anda berusia 35 tahun atau lebih, Anda tidak perlu menunggu setelah setahun percobaan untuk menghubungi dokter karena justru lebih cepat lebih baik.

Beberapa masalah kesehatan juga bisa mempersulit upaya kehamilan. Segera kunjungi dokter bila Anda pernah atau sedang mengalami hal berikut:

  • Siklus menstruasi yang tidak teratur
  • polycystic ovary syndrome (PCOS)
  • Penyakit menular seksual

Anda dan pasangan juga harus segera menemui dokter apabila pasangan Anda sudah diketahui memiliki gangguan kesuburan.

BACA JUGA:

Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca