Menguak Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan (Benar Bisa Bikin Cepat Hamil?)

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Asupan nutrisi yang baik, seperti vitamin dan mineral, bisa jadi kunci agar pasangan cepat hamil. Nah, salah satu jenis vitamin yang diyakini bisa membantu pasangan cepat hamil adalah vitamin E. Akan tetapi, sebenarnya apa khasiat vitamin E untuk kesuburan dan berapa banyak asupan vitamin E yang diperlukan agar bisa cepat hamil? Simak jawaban lengkapnya di bawah ini, ya.

Fungsi vitamin E untuk kesuburan wanita

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim ahli dari Turki, suplemen vitamin E bisa membantu wanita yang punya masalah dinding rahim tipis. Dalam penelitian tahun 2012 ini, para ahli mencatat bahwa vitamin E bisa memicu penebalan dinding rahim.

Sebelumnya, hasil penelitian serupa juga pernah dilaporkan oleh tim ahli dari Jepang dalam jurnal Fertility and Sterility tahun 2010. Dalam penelitian tersebut, para ahli memberikan asupan vitamin E pada wanita dengan ketebalan dinding rahim kurang dari delapan milimeter. Setelah diberikan vitamin E, para peserta mengalami peningkatan ketebalan dinding rahim.  

Ketebalan dinding rahim yang ideal memang penting bagi pembuahan dan kehamilan. Pasalnya, embrio harus menempel erat pada dinding rahim agar bisa tumbuh menjadi janin. Karena itu, punya dinding rahim yang terlalu tipis bisa menyulitkan peluang terbentuknya janin dalam kandungan.  

Nah, vitamin E rupanya baik untuk kesehatan rahim. Menurut para ahli, ini karena vitamin E bertugas sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan mampu melindungi sistem reproduksi Anda dari radikal bebas atau kerusakan sel yang membuat dinding rahim menipis.

Selain itu, vitamin E juga mampu bertindak sebagai antikoagulan alami. Antikoagulan akan mengencerkan darah yang membeku di area panggul dan rahim wanita. Dengan begitu, peredaran darah di rahim jadi lancar. Peredaran darah yang lancar bisa memicu peningkatan ketebalan dinding rahim.

kehamilan minggu 20

Fungsi vitamin E untuk kesuburan pria

Vitamin E tak cuma baik untuk meningkatkan kesuburan wanita. Pria juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin E untuk kesuburan.

Sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of General Medicine tahun 2011 menguak bahwa kombinasi vitamin E dan mineral bernama selenium mampu meningkatkan kualitas sel sperma laki-laki. Dalam studi ini, para ahli mengamati bahwa pria yang mendapat asupan vitamin E dan selenium memiliki sperma dengan pergerakan (motilitas) dan bentuk yang lebih baik.

Penelitian ini juga menemukan bahwa sejumlah 10,8 persen peserta penelitian yang terlibat berhasil melakukan pembuahan setelah menerima kombinasi vitamin E dan selenium. Karena itu, vitamin E memang baik untuk meningkatkan kesuburan pria yang punya masalah dengan kualitas spermanya.

Apa yang bisa dilakukan supaya cepat hamil?

Bila Anda ingin cepat hamil, tingkatkan asupan vitamin E dari sumber alami. Anda bisa mendapatkan kandungan vitamin E terutama dari biji-bijian, misalnya biji bunga matahari (kuaci). Anda juga bisa menambah asupan vitamin E dari kacang almond, bayam, labu, mangga, dan alpukat.

Nah, bila Anda ingin mengonsumsi suplemen vitamin E, konsultasikan dulu dengan dokter Anda. Suplemen tidak bisa diminum sembarangan di luar pengawasan dokter, terutama bila Anda sedang mengusahakan kehamilan. Pasalnya, suplemen Anda mungkin mengandung bahan-bahan lain yang berbahaya atau tidak dianjurkan bagi pasangan yang ingin cepat hamil.

Di samping menambah asupan vitamin E, Anda dan pasangan juga sangat disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat supaya cepat hamil. Berolahraga secara teratur, menjaga pola makan seimbang, istrirahat yang cukup, dan mengelola stres telah terbukti mampu meningkatkan peluang kehamilan.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca