Vitamin E untuk Kesuburan, Benarkah Bisa Bikin Cepat Hamil?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10/02/2020
Bagikan sekarang

Salah satu asupan nutrisi yang banyak dianggap sebagai vitamin kesuburan adalah vitamin E. Vitamin ini dapat membantu kesuburan wanita, sekaligus kesuburan pria. Apa saja khasiat vitamin E untuk kesuburan dan berapa banyak asupan vitamin E yang diperlukan agar bisa cepat hamil? Simak jawaban lengkapnya di bawah ini, ya. 

Fungsi vitamin E untuk kesuburan wanita

Vitamin E merupakan salah satu suplemen yang disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita saat sedang merencanakan kehamilan. Pasalnya, vitamin ini memiliki fungsi yang baik untuk kesuburan wanita, di antaranya sebagai berikut:

1. Menebalkan dinding rahim

Salah satu fungsi vitamin E untuk wanita adalah membantu menebalkan dinding rahim yang tipis.Ketebalan dinding rahim yang ideal memang penting bagi pembuahan dan kehamilan.

Pasalnya, embrio harus menempel erat pada dinding rahim agar bisa tumbuh menjadi janin. Dinding rahim yang terlalu tipis bisa menyulitkan peluang terbentuknya janin dalam kandungan.  

Dinding rahim yang terlalu tipis atau berada di bawah batas normal biasanya dapat meningkatkan potensi gagalnya menjalani in vitro fertilization (IVF) atau program bayi tabung. Di samping itu, dinding rahim yang terlalu tipis dapat meningkatkan kesempatan Anda mengalami keguguran.

Salah satu penelitian yang dimuat di dalam The Journal of Maternal-Fetal and Neonatal Medicine juga menyatakan hal yang sama. Di dalam penelitian tersebut dijelaskan wanita yang mengonsumsi vitamin E mengalami peningkatan pada ketebalan dinding rahimnya.

Nah, vitamin E rupanya baik untuk kesehatan rahim. Menurut para ahli, ini karena vitamin E bertugas sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan mampu melindungi sistem reproduksi Anda dari radikal bebas atau kerusakan sel yang membuat dinding rahim menipis.

Selain itu, vitamin E juga mampu bertindak sebagai antikoagulan alami. Antikoagulan akan mengencerkan darah yang membeku di area panggul dan rahim wanita. Dengan begitu, peredaran darah di rahim jadi lancar. Peredaran darah yang lancar bisa memicu peningkatan ketebalan dinding rahim.

2. Melindungi tempat air ketuban 

Tahukah Anda vitamin E juga dapat melindungi tempat air ketuban? Ya, dengan mengonsumsi vitamin E untuk kesuburan, Anda bisa melindungi tempat air ketuban ini dari kerusakan. Justru, membran-membran di dalam tubuh menjadi lebih kuat. Dengan begitu, kerusakan dari tempat air ketuban ini bisa dihindari.

Anda mungkin tidak segera merasakan manfaat dari fungsi vitamin ini untuk kesuburan. Akan tetapi, Anda fungsi ini nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kehamilan Anda.

3. Mengatasi fibrokistik payudara

Kista fibroid pada payudara adalah suatu kondisi kesehatan di mana tumbuh tumor jinak pada payudara Anda. Biasanya, saat Anda menstruasi, payudara Anda menjadi terasa sakit, bahkan mungkin membengkak. Dengan mengonsumsi vitamin E, Anda bisa mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat adanya tumor ini.

4. Mengatasi PCOS

Dengan mengonsumsi vitamin E untuk kesuburan, Anda juga bisa mengatasi sindrom ovarium polikistik. Kondisi kesehatan reproduksi wanita ini cukup banyak dialami oleh wanita. Wanita yang mengalami kondisi ini mengalami  ketidakseimbangan hormon dan memperlambat proses metabolisme. Dengan rutin mengonsumsi vitamin E, Anda dapat mengurangi efek dari PCOS.

kehamilan minggu 20

Fungsi vitamin E untuk kesuburan pria

Selain bermanfaat untuk wanita, rupanya vitamin E juga dapat meningkatkan kesuburan pria, di antaranya:

1. Meningkatkan motilitas atau pergerakan sperma

Demi meningkatkan kualitas sperma, Anda bisa mengonsumsi vitamin E untuk kesuburan. Salah satunya adalah motilitas sperma. Hal ini juga dinyatakan dalam sebuah penelitian yang dimuat di dalam sebuah jurnal berjudul International Journal of General Medicine.

Pada penelitian tersebut, dinyatakan bahwa pria yang rutin mengonsumsi vitamin E dapat mengalami peningkatan pada kualitas sperma, khususnya pada pergerakan sperma.

Dengan mengonsumsi vitamin E untuk kesuburan, Anda bisa meningkatkan peluang Anda dan pasangan untuk memiliki momongan. Apalagi, saat pergerakan sperma menjadi lebih cepat, kesempatan sperma bertemu dan membuahi sel telur pun meningkat.

2. Menambah jumlah sperma

Selain peningkatan pada motilitas sperma, jumlah sperma pun meningkat saat Anda mengonsumsi vitamin E untuk kesuburan. Pasalnya, jumlah sperma yang kurang dari angka normal biasanya menjadi salah satu penyebab yang paling umum dari pria yang tidak subur.

Jumlah sperma dianggap terlalu sedikit jika pada 1 mililiter air mani, hanya terdapat kurang dari 20 juta sel sperma. Jumlah sperma memang bisa berubah, dan berkurangnya jumlah sperma yang Anda produksi biasanya karena infeksi atau berbagai masalah kesehatan reproduksi lainnya.

3. Meningkatkan gairah seks

Rutin mengonsumsi vitamin E untuk kesuburan, bisa meningkatkan gairah seks yang mungkin sedang menurun. Konsumsi vitamin E bisa meningkatkan kadar hormon testosterone di dalam tubuh.

Jika hormon ini meningkat, Anda bisa meningkatkan stamina Anda saat berhubungan seks, bahkan Anda menjadi lebih bersemangat saat hendak melakukannya.

Pasalnya, jika kadar testosterone Anda menurun, Anda akan semakin berpotensi menjadi tidak subur. Maka itu, meningkatkan hasrat seksual adalah hal yang penting untuk dilakukan.

4. Mendukung keberhasilan program bayi tabung

Tidak hanya kesuburan wanita, kesuburan pria juga menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan program bayi tabung. Maka itu, demi hasil yang baik, Anda bisa mengonsumsi vitamin E. Saat kualitas sperma Anda meningkat, saat itu kemungkinan Anda mendapatkan hasil yang baik dari IVF pun ikut meningkat.

Apa saja sumber vitamin E untuk kesuburan?

Bila Anda ingin cepat hamil, tingkatkan asupan vitamin E dari sumber alami. Anda bisa mendapatkan kandungan vitamin E melalui biji-bijian, misalnya biji bunga matahari (kuaci). Anda juga bisa menambah asupan vitamin E dari kacang almond, bayam, labu, mangga, dan alpukat.

Nah, bila Anda ingin mengonsumsi suplemen vitamin E untuk kesuburan, konsultasikan dulu dengan dokter Anda. Umumnya dosis vitamin E yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah 500-1000 mg per hari. 

Namun, Anda perlu ingat bahwa vitamin E tidak bisa diminum sembarangan, terutama bila Anda sedang mengusahakan kehamilan. Pasalnya, suplemen Anda mungkin mengandung bahan-bahan lain yang berbahaya atau tidak dianjurkan bagi pasangan yang ingin cepat hamil. 

Di samping menambah asupan vitamin E untuk kesuburan, Anda dan pasangan juga sangat disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat supaya cepat hamil. Berolahraga secara teratur, menjaga pola makan seimbang, istirahat yang cukup, dan mengelola stres telah terbukti mampu meningkatkan peluang kehamilan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kulit Wajah Terlihat Kusam Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Alih-alih mendapatkan pregnancy glow, sebagian orang malah merasa kulit wajah jadi lebih kusam saat hamil. Apa penyebabnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Kapan Waktu Terbaik untuk Kontrol Kandungan Selama Pandemi COVID-19?

Pemeriksaan kehamilan amatlah penting. Di sisi lain, pemeriksaan kehamilan selama pandemi COVID-19 membuat ibu rentan tertular. Apa yang harus ibu lakukan?

Ditulis oleh: Diah Ayu
Coronavirus, COVID-19 29/04/2020

Apakah Puasa Memengaruhi Kesuburan untuk Hamil?

Apakah Anda khawatir puasa pengaruhi kesuburan Anda dan suami? Sebelum Anda menebak-nebak, baca dulu artikel ini jika Anda sedang mengusahakan kehamilan.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hari Raya, Ramadan 29/04/2020

6 Makanan Bergizi untuk Memperkuat Kandungan

Selain sehat untuk ibu, berbagai makanan ini juga dapat memperkuat janin dalam kandungan agar masa kehamilan tetap lancar.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Direkomendasikan untuk Anda

hamil setelah keguguran

Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 18/05/2020
menu puasa untuk ibu hamil

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
puasa bagi ibu hamil

4 Kondisi yang Mengharuskan Ibu Hamil Membatalkan Puasanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020
gangguan makan ibu hamil

Berbagai Jenis Gangguan Makan yang Umum Dialami Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020