Supaya Cepat Hamil, Kapan Waktu Terbaik untuk Suntik hCG?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 7 Agustus 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Terapi kesuburan dengan suntik hormon hCG bisa menjadi solusi terbaik bagi wanita yang sulit punya anak. Namun, Anda perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk menyuntikkannya agar peluang kehamilan semakin tinggi. Simak penjelasannya berikut ini.

Cara kerja terapi kesuburan dengan suntik hCG

Hormon hCG (human chorionic gonadotrophin) adalah hormon yang dibuat oleh plasenta selama kehamilan. Perannya adalah untuk mempertahankan kadar hormon progesteron supaya kehamilan berjalan lancar sampai waktu melahirkan tiba.

Ketika digunakan sebagai terapi kesuburan, hormon hCG berfungsi membantu ovarium (indung telur) agar bisa melepaskan sel telur secara optimal selama masa subur. Semakin banyak dan semakin berkualitas sel telur yang dilepaskan, maka membuat wanita makin subur.

Hormon tersebut akan disuntikkan ke dalam otot paha bagian atas atau bokong.

Kapan waktu terbaik untuk suntik hCG?

Jika Anda berniat untuk suntik hCG, Anda harus tahu dulu kapan tepatnya masa subur Anda. Ini karena waktu yang terbaik untuk suntik hormon adalah di hari tersubur Anda. Hormon hCG bekerja memicu terjadinya ovulasi alias pelepasan sel telur dari ovarium setelah 36 jam disuntikkan.

Untuk mengetahui kapan masa subur dan hari ovulasi Anda selanjutnya, Anda bisa akses Kalkulator Masa Subur Hello Sehat atau dengan klik tautan berikut bit.ly/ovulasi.

Kapan waktu yang tepat untuk berhubungan seks setelah suntik hCG?

Sejak hari pertama Anda menyuntikkan hCG sampai 2 hari setelahnya adalah waktu yang tepat untuk berhubungan seks agar bisa hamil.

Rentang waktu ini juga tepat bagi Anda segera memulai inseminasi buatan karena sel telur Anda sudah lebih matang dan optimal. Dengan demikian, peluang terjadinya kehamilan akan lebih besar.

Namun, jangan langsung tes hamil setelah suntik hCG

Setelah suntik hCG dan dilanjutkan dengan berhubungan seks, jangan tergoda langsung untuk beli test pack keesokan harinya dengan harapan akan muncul garis dua — alias positif hamil.

Urin Anda akan masih mengandung sisa hCG karena hormon ini bisa bertahan selama 2 minggu dalam tubuh. Hal ini membuat alat tes kehamilan Anda menunjukkan hasil positif palsu. Artinya, Anda tidak atau belum benar-benar hamil.

Maka itu, tunggu setidaknya dua minggu sejak pertama kali suntik hCG untuk cek kehamilan supaya memastikan tidak ada lagi hormon yang ikut bersama urin. Jika sudah lewat dari dua minggu dan hasil tesnya positif, maka kemungkinan besar Anda benar-benar hamil— bukan lagi efek dari hormon hCG.

Apa ada efek samping dari suntik HCG?

Sama seperti obat dan terapi medis lainnya, suntik hCG juga memiliki risiko efek samping yang perlu Anda pertimbangkan. Beberapa efek samping suntik hCG yang paling umum adalah kenaikan berat badan dari berat air (penumpukan cairan tubuh), serta payudara yang terasa sakit dan bengkak.

Selain itu, suntik hCG juga mungkin memicu timbulnya depresi pada beberapa wanita. Ketika Anda menyuntikkan hCG ke dalam tubuh, artinya Anda menambahkan kadar hormon dalam tubuh. Hormon tubuh yang tidak seimbang dapat memunculkan efek gejolak emosi dan perasaan negatif yang mengarah kepada gejala depresi.

Suntik hCG juga meningkatkan risiko Anda terhadap sindrom hiperstimulasi ovarium (OHSS) yang menyebabkan ovarium melepaskan sel telur lebih banyak dari normalnya. Sekitar 25 persen wanita mengalami ini setelah suntik hCG.

Gejala ringan dari sindrom OHSS adalah diare, sakit perut dan kembung, serta muntah-muntah. Pada kasus yang parah, sindrom OHSS bisa sampai menyebabkan perubahan warna urin, kram perut hebat, dan masalah pernapasan.

Semua efek samping terapi kesuburan ini umumnya akan mereda begitu tubuh mulai beradaptasi dengan perubahan hormon. Namun jika keluhan Anda terus berjalan dan tidak membaik, atau bahkan semakin memburuk, segera konsultasikan dengan dokter Anda untuk penanganan lebih lanjut.

 

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Wanita yang Jadi Perokok Pasif Berisiko Susah Hamil?

Rokok bukan hanya membahayakan kehamilan, tapi juga dapat membuat perokok pasif susah hamil atau meningkatkan risiko mandul pada wanita perokok pasif.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Masalah Kesuburan, Kesuburan, Kehamilan 18 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Pilihan Obat Penyubur Kandungan agar Cepat Hamil

Obat penyubur kandungan atau obat kesuburan mungkin diperlukan, jika memang upaya alami untuk hamil tak kunjung berhasil. Apa saja pilihan obat tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesuburan, Kehamilan 9 Februari 2021 . Waktu baca 8 menit

Kehamilan

Sedang menanti kehamilan dan hadirnya buah hati di keluarga? Berikut penjelasan lengkapnya dari definisi hingga perawatan untuk ibu hamil.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 22 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Test Pack

Tes kehamilan bisa dilakukan di rumah menggunakan test pack. Namun, perhatikan petunjuk penggunaan karena bisa saja Anda salah menggunakan test pack.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Masalah Kesuburan, Kesuburan, Kehamilan 21 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berapa kali berhubungan intim agar bisa hamil

Berapa Kali Berhubungan Intim agar Anda Bisa Cepat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
fungsi hormon fsh dan lh

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
vitamin E untuk kesuburan

Vitamin E untuk Kesuburan, Benarkah Bisa Bikin Cepat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
proses terjadinya kehamilan atau pembuahan

Proses Terjadinya Kehamilan: Dari Hubungan Intim Hingga Jadi Janin

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit