backup og meta
Kategori

3

Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

Benarkah Makan Buah Zuriat Bisa Bikin Cepat Hamil?

Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita · General Practitioner · None


Ditulis oleh Atifa Adlina · Tanggal diperbarui 24/06/2021

Benarkah Makan Buah Zuriat Bisa Bikin Cepat Hamil?

Ada banyak cara cepat hamil yang bisa dilakukan Anda dan pasangan. Walaupun sudah berkonsultasi dengan dokter, sebagian pasangan memilih untuk melakukan cara alami dengan memanfaatkan buah zuriat. Apa saja manfaat serta khasiat buah zuriat dari Timur Tengah ini? Apakah buah zuriat ampuh untuk promil? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa benar buah zuriat ampuh untuk promil?

Buah zuriat atau biasa disebut sebagai buah doum punya nama latin Hyphaene thebaica.

Buah doum memiliki bentuk bulat dengan ukuran kira-kira 6 x 5 cm, berwarna kuning kecokelatan dengan rasa manis seperti roti jahe. Oleh karena itu, zuriat juga sering disebut sebagai buah gingerbread.

Perlu diketahui bahwa ekstrak zuriat banyak dijadikan minuman tradisional masyarakat Mesir.

Buah zuriat biasa diekstrak dan diminum airnya untuk mendapatkan manfaat atau khasiat kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Hal ini pula yang membuat banyak orang menjadikan zuriat sebagai salah satu asupan dalam mempersiapkan kehamilan.

Namun, hingga kini belum ada penelitian sahih yang menyatakan bahwa zuriat pasti bisa menyuburkan kandungan.

Dalam penelitian Influences of Doum Fruit Extract on the Reproductive Parameters, dikatakan bahwa belum ada efek pada kesuburan saat mengonsumsi buah zuriat untuk promil.

Walaupun sebenarnya, buah doum ini mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan.

Tidak hanya itu saja, antioksidan juga bermanfaat untuk meningkatkan kemungkinan meregenerasi sel reproduksi di dalam tubuh.

Senyawa antioksidan bekerja dengan cara menghilangkan oksigen reaktif, di mana senyawa ini dihasilkan secara alami oleh tubuh.

Pada saat Anda mengalami stres, tubuh akan menghasilkan kadar oksigen reaktif yang cukup tinggi, ini disebut dengan stres oksidatif.

Stres oksidatif dapat merusak sel-sel, termasuk sel telur (ovum) dan sperma yang penting untuk proses terjadinya kehamilan.

Manfaat buah zuriat

Sudah dijelaskan di atas bahwa belum ada penelitian yang membuktikan secara khusus bahwa buah zuriat mempunyai manfaat yang ampuh untuk promil.

Namun, tentunya ada manfaat lainnya bagi kesehatan dari buah zuriat, baik untuk perempuan maupun laki-laki.

Berikut beberapa manfaat dari buah zuriat yang perlu Anda ketahui.

1. Memperbaiki sel yang rusak

Seperti yang sudah dipaparkan di atas bahwa buah doum tinggi akan antioksidan. Kandungan ini berupa flavonoid yang dapat memperbaiki kerusakan sel di dalam tubuh.

Selain itu, zat flavonoid ini juga memiliki sifat antihistamin, antimikroba, dan dapat meningkatkan daya ingat serta suasana hati.

Tidak hanya itu saja, manfaat flavonoid dalam buah zuriat juga berkaitan untuk laki-laki. Flavonoid diduga dapat dikonsumsi untuk bantu meningkatkan kualitas air mani pada pria dengan kondisi oligospermia.

Untuk mendapatkan manfaat terbaiknya, sebaiknya konsumsilah langsung tanpa diolah.

2. Mempunyai kandungan vitamin C

Vitamin C tidak hanya bisa didapatkan dari buah jeruk atau stroberi saja karena zuriat juga mempunyai kandungan vitamin tersebut.

Perlu diketahui bahwa vitamin C tidak hanya baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Akan tetapi, juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dan produksi progesteron.

Hal ini membuat buah zuriat mungkin mempunyai manfaat untuk promil, yaitu bantu meningkatkan kesuburan untuk perempuan serta meningkatkan pergerakan sperma untuk laki-laki.

Meski begitu, tetap diperlukan penelitian lanjutan untuk membuktikan kebenarannya.

3. Mengandung vitamin B kompleks

Selain tinggi antioksidan, buah doum ini juga mempunyai kandungan vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B6, B9 dan B12).

Kandungan ini tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi anemia, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kesuburan bagi perempuan.

Apalagi, ketika Anda mempunyai masalah dengan kadar homosistein yang tinggi di folikel sehingga memengaruhi ovulasi.

Homosistein merupakan molekul yang dibutuhkan tubuh untuk menggabungkan kadar protein di dalam tubuh. Namun, apabila kadarnya terlalu tinggi, hal ini justru dapat memengaruhi kondisi kesehatan.

Vitamin B6 dan vitamin B12 diklaim dapat menurunkan kadar homosistein sehingga meningkatkan kemungkinan untuk hamil.

4. Mengurangi plak lemak dalam pembuluh darah

Kandungan fenol dalam ekstrak air zuriat dapat mengurangi kondisi hiperlipidemia atau kolesterol tinggi pada sindrom nefrotik.

Tidak hanya itu saja, kandungannya juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyempitan atau penebalan arteri (aterosklerosis).

Bagaimana cara konsumsi buah zuriat?

Sebenarnya, belum ada cara spesifik yang direkomendasikan saat konsumsi buah zuriat untuk promil.

Dikutip dari Specialty Produce, cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah dimakan langsung ketika buah sudah matang. Anda bisa membuang kulitnya dan memakan daging buahnya.

Cara lainnya adalah dengan menjadikannya minuman seperti menghaluskan buah, lalu mencampurkanya dengan susu serta madu.

Apabila Anda ingin mengonsumsinya secara rutin, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Ini diperlukan agar nutrisi serta asupan yang Anda konsumsi cocok dengan berbagai makanan lain yang baik untuk program hamil.

Adakah yang berhasil hamil dengan buah zuriat?

buah zuriat untuk promil

Apabila Anda melihat berita di berbagai media, mungkin ada sebagian orang yang bercerita mengenai khasiat serta keberhasilan buah zuriat untuk promil.

Hal ini tidak sepenuhnya salah karena mengonsumsi buah zuriat untuk promil merupakan salah satu usaha dari pasangan yang mungkin mengalami infertilitas.

Akan tetapi, Anda perlu pula mengingat bahwa kemungkinan ada berbagai cara lain yang juga dilakukan pasangan tersebut untuk promil selain mengonsumsi buah zuriat.

Pasalnya, memang belum ada penelitian pasti yang membuktikan bahwa buah doum ini menjadi faktor utama keberhasilan kehamilan.

Maka dari itu, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter agar Anda mendapatkan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Damar Upahita

General Practitioner · None


Ditulis oleh Atifa Adlina · Tanggal diperbarui 24/06/2021

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan