Psstt… Tidur Tanpa Celana Dalam Bisa Tingkatkan Kesuburan Pria!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 18 Oktober 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Ada dua tipe pria di dunia ini. Mereka yang tidur lengkap dengan baju dan celana, dan mereka yang tidur apa adanya — alias telanjang bulat. Jika Anda termasuk tipe yang terakhir, sepertinya Anda layak berbangga hati dengan kebiasaan tidur yang “nyeleneh” ini. Pasalnya, sejumlah pakar kesehatan berpendapat bahwa tidur tanpa celana dalam dapat meningkatkan kesuburan pria. Lho, memang apa hubungannya?

Tidur tanpa celana dalam lebih sehat bagi sperma

Ketika membicarakan seputar kesehatan sperma, ada tiga faktor penting yang harus diperhitungkan: jumlah sperma, bentuk sperma, dan gerakan sperma. Jika ada satu saja kelainan dari ketiga faktor tersebut, maka risiko Anda terhadap masalah kesuburan atau bahkan kemandulan dapat meningkat.

Jenis celana dalam yang Anda gunakan sedikit banyak berpengaruh pada kesehatan testis. Sebagai penghasil sperma, testis dapat menghasilkan sperma dengan kuantitas dan kualitas yang baik jika suhu di sekitarnya tidak lebih tinggi dari suhu tubuh Anda. Ini yang menjadi alasan kenapa testis terletak di luar tubuh. Jika suhu testis terlalu panas, bahkan hanya naik beberapa derajat dari normalnya, testis tidak akan mampu memproduksi sperma dengan optimal.

Salah satu jenis celana dalam yang dapat meningkatkan suhu di sekitar testis adalah jenis celana dalam ketat atau briefs, termasuk boxer brief. Beberapa peneliti mengungkapkan jika celana dalam ketat menyebabkan aliran darah ke testis terhambat dan membuatnya tidak leluasa bernapas. Akibatnya suhu testis meningkat. Pada akhirnya, ini bisa menurunkan jumlah sperma yang dihasilkan. Hal ini secara tidak langsung menyebabkan kualitas sperma jadi buruk.

Penurunan kualitas sperma akibat peningkatan suhu ini pun tak hanya terjadi akibat memakai celana dalam ketat di malam hari, namun juga pilihan celana dalam yang Anda pakai sepanjang beraktivitas di siang hari. Penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan bahwa paparan suhu panas dan pakaian ketat memiliki dampak negatif pada kesuburan.

Tidur tanpa celana dalam akan membuat testis lebih leluasa untuk bernapas, sehingga testis dapat memproduksi sperma yang sehat tanpa hambatan. Namun begitu, hal ini masih menjadi pro dan kontra. Penelitian lain mengungkapkan bahwa tidak ditemukan dampak dari jenis celana dalam yang dipakai terhadap tingkat kesuburan pria.

Tidur tanpa celana juga lebih baik untuk kesehatan penis

Paparan suhu tinggi di area selangkangan akan membuat Anda lebih mudah berkeringat. Seharian memakai celana dalam tanpa memberi organ intim Anda waktu rehat untuk bernapas sejenak dapat menjadi sarang empuk bagi bakteri dan jamur yang memang senang hidup di tempat yang gelap, hangat, dan lembap. Ini membuat Anda lebih rentan mengalami infeksi ragi, yang juga merugikan kesehatan.

Melepas celana dalam ketika tidur dapat menjadi salah satu upaya menjaga kebersihan alat kelamin. Selebihnya, baik itu untuk menjaga kesuburan atau kesehatan organ intim secara keseluruhan, usahakan untuk memakai pakaian dalam yang menyerap udara dan keringat selama siang hari, contohnya celana dalam yang berbahan katun.

Jangan lupa juga, pastikan kebersihan kasur dan tempat tidur terlebih dulu sebelum memutuskan untuk tidur tanpa celana dalam saat tidur.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Agar Lebih Akurat, Begini Cara Membaca Hasil USG Kehamilan

Sudah melakukan USG? Apa yang Anda lihat? Banyak ibu yang mungkin masih bingung bagaimana cara membaca hasil USG. Begini caranya jika ingin tahu.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 3 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Mulai dari Mengatasi Eksim Sampai Melebatkan Rambut

Minyak kelapa atau virgin coconut oil (VCO) memang sudah terkenal khasiatnya, bahkan untuk sang buah hati. Inilah berbagai khasiat minyak kelapa untuk bayi.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Mengenal 4 Tahap Perkembangan Jantung Janin di Tiap Trimester

Mendengar detak jantung janin merupakan hal berkesan bagi calon orangtua. Tapi seperti apa perkembangan jantung janin dalam kandungan? Intip di sini, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 2 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit

Kenapa Gerakan Janin Berkurang Menjelang Persalinan?

Memasuki minggu ke-16, janin akan semakin aktif bergerak. Namun, menjelang persalinan, gerakan bayi akan berkurang. Apa sebabnya, ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Trimester 3, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 1 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

lelah saat hamil

Selalu Merasa Kelelahan Saat Hamil, Apakah Ini Normal?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
spermatogenesis

Mengenal Spermatogenesis, Proses Pembentukan Sel Sperma pada Testis

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
penyebab air mani berdarah

Apa yang Menyebabkan Air Mani Bercampur Darah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
demam tanda hamil

Apakah Demam Dapat Berarti Salah Satu Tanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Jessica Yulianti
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit