Agar Cepat Hamil, Penting untuk Mengetahui Tanda Kesuburan Wanita

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

Penting untuk mengenali tanda wanita subur bagi pasutri yang sedang menunggu momongan. Agar pembuahan dapat terjadi, tentu pasutri perlu menunggu masa subur yang tepat.

Jika Anda sedang menjalani program kehamilan, saatnya kenali tanda masa wanita subur berikut ini.

Mengenali tanda wanita subur untuk program hamil

Pembuahan terjadi ketika sperma berhasil bertemu dengan sel telur. Setiap bulan, wanita pasti memproduksi sel telur yang siap dibuahi. Inilah yang disebut masa ovulasi.

Bagi pasangan suami istri yang berencana memiliki anak, tentu penting mengetahui masa ovulasi dan tanda kesuburan pada wanita.

Maka itu, kenali tanda wanita subur pada beberapa poin berikut ini.

1. Tahu kapan masa suburnya

Salah satu tanda pertama mengenali tanda wanita subur adalah ia tahu kapan masa ovulasinya. Ada cara mudah untuk menghitung masa subur atau ovulasi.

Melansir laman WebMD, saat yang tepat melakukan seks adalah setiap hari, terutama 5 hari sebelum ovulasi. Masa ini dikenal dengan istilah jendela kesuburan. Sperma mampu bertahan beberapa hari dalam tubuh wanita untuk melangsungkan pembuahan. 

Umumnya, siklus menstruasi pada wanita berlangsung 28 hari, hingga pada masa menstruasi tiba. Pada hari ke-14, wanita mengalami ovulasi. Oleh karenanya, jendela kesuburan dimulai dari hari ke-10.

Untuk meningkatkan probabilitas pembuahan, setidaknya pasutri perlu melakukan seks pada hari ke-10 hingga 14 dari siklus 28 hari.

2. Perubahan pada tubuh

Biasanya tanda wanita subur, terjadi perubahan pada tubuhya. Peningkatan hormon estrogen saat siklus menjadi tanda pelepasan sel telur dari ovarium.

Selain itu, adanya peningkatan hormon progresteron yang membuat suhu tubuh Anda jadi lebih hangat. Jika wanita mengetahui peningkatan suhu tubuhnya, itu tanda ia dalam masa subur.

Selain itu, perubahan hormon juga memicu pengeluaran cairan dari vagina. Saat ovulasi terjadi, cairan yang keluar akan bertekstur licin dan elastis. Cairan ini membantu sperma berenang masuk membuahi sel telur.

3. Hormon LH meningkat

Tanda wanita subur lainnya adalah dengan peningkatan hormon LH. Anda bisa melakukan pemeriksaan hormon LH dengan membeli alat tes masa kesuburan di apotek. 

Alat bekerja untuk mengetes urin dengan mengecek hormon LH. Biasanya hormon akan meningkat 24-36 jam sebelum masa ovulasi.

Anda bisa melakukan tes ini beberapa hari sebelum masa ovulasi. Ketika tes menunjukkan bahwa hormon LH berada di level tinggi, itu tandanya Anda memasuki jendela kesuburan.

4. Nyeri pada perut bagian bawah

Tanda lain wanita subur ketika ia merasakan nyeri pada bagian bawah perutnya. Rasanya mungkin hampir mirip ketika Anda sedang masa atau pre-menstruasi. Nyeri yang dirasakan seperti tajam.

Namun, mungkin saja hal ini tak disadari oleh beberapa wanita. Sakit saat masa pembuahan ini berlangsung hanya sebentar saja sebelum masa ovulasi. 

Dalam beberapa kasus, nyeri pada bagian perut membuat seorang wanita sulit melakukan intercourse saat berhubungan seksual, terutama pada masa subur. Jika nyeri ini terus belangsung, sebaiknya Anda periksakan segera ke dokter. Sebab ini salah satu gejala endometriosis atau radang panggul.

Selain empat ciri di atas, jika Anda ingin tahu informasi mengenai tanda wanita subur, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter kandungan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan saran tepat dari pakarnya langsung terkait dengan masa kesuburan. Sehingga program hamil Anda dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Desember 28, 2019 | Terakhir Diedit: Desember 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca