home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sering Pakai Pembalut Bikin Susah Hamil, Mitos Atau Fakta?

Sering Pakai Pembalut Bikin Susah Hamil, Mitos Atau Fakta?

Pembalut adalah benda penyelamat wanita Indonesia saat haid tiap bulannya. Namun, ada kabar yang santer terdengar bahwa pembalut disebut-sebut bikin wanita susah hamil. Apa kata dunia medis soal ini?

Benarkah pakai pembalut bikin susah hamil?

air rebusan pembalut

Pembalut sekali pakai biasanya terbuat dari katun yang dilengkapi dengan lapisan penyerap. Dalam sehari, wanita bisa menggunakan 2 sampai 4 pembalut saat haid. Bisa dibayangkan dalam waktu seminggu ada puluhan pembalut yang digunakan oleh wanita. Lantas, benarkah sering pakai pembalut bikin susah hamil?

Faktanya meski mengandung berbagai bahan kimia, BPOM RI dan FDA selaku Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat menyatakan produk ini aman.

Memang ada beberapa penelitian yang melaporkan bahwa pembalut wanita bisa menyebabkan ruam kulit. Salah satunya diterbitkan dalam jurnal JAMA Dermatology. yang menyebutkan kandungan parfum dalam pembalut bisa menyebabkan dermatitis pada sebagian orang.

Namun, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa pembalut bisa membuat wanita susah hamil. Belum ada juga penelitian sahih yang dapat membuktikan rutin pakai pembalut mengganggu kesuburan wanita. Oleh sebab itu, tak perlu takut untuk menggunakan pembalut asal menggunakan produk yang terbukti aman.

Yang penting jaga vagina tetap bersih dan kering

lactacyd obat vagina

Untuk saat ini, tak perlu mengkhawatirkan mitos seputar pembalut karena belum terbukti kebenarannya secara ilmiah. Kebiasaan saat haid yang perlu Anda lakukan dan tak boleh diabaikan adalah menjaga kebersihan organ intim.

Menjaga kebersihan vagina saat haid membantu Anda terhindar dari risiko infeksi bakteri maupun jamur. Infeksi yang dibiarkan bisa masuk dan menyebar ke panggul. Jika infeksi sampai menyebabkan penyakit radang panggul, komplikasi inilah yang akan memengaruhi kesuburan.

Oleh sebab itu, bukan pembalut yang bikin wanita menjadi susah hamil. Akan tetapi, akibat dari tidak menjaga kebersihan vaginalah yang meningkatkan risiko wanita menjadi tidak subur.

Cara menjaga kebersihan vagina saat haid

Berikut berbagai hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan vagina saat haid, yaitu:

Rutin mengganti pembalut

Mengganti pembalut menjadi hal wajib yang perlu dilakukan saat sedang haid. Seberapa sering Anda menggganti pembalut tergantung pada berapa banyak darah yang keluar.

Namun secara umum, sebaiknya gantilah pembalut setiap 3 sampai 4 jam sekali. Anda juga bisa menggantinya lebih sering jika darah haid sedang deras-derasnya.

Cuci tangan sebelum dan sesudah ganti pembalut

Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah mengganti pembalut. Tujuannya untuk menjaga pembalut tetap bersih dan tidak terkontaminasi kuman yang ada di tangan ada saat hendak memakainya.

Setelah itu, jangan lupa untuk mencuci kembali tangan dengan sabun agar darah atau kuman yang menempel di tangan terbilas sempurna.

Bersihkan vagina dengan cara yang tepat

Vagina merupakan organ yang bisa membersihkan dirinya sendiri. Organ intim yang satu ini tidak perlu dibersihkan dengan sabun khusus untuk menjaganya tetap bersih. Anda hanya perlu membilasnya dengan air biasa atau air hangat.

Saat mencucinya, arahkan tangan atau semprotan air ke arah anus atau dari depan ke belakang. Cara ini penting dilakukan agar bakteri dari anus tidak masuk ke vagina dan uretra yang bisa memicu infeksi saluran kemih.

Mulai sekarang, tak perlu takut menggunakan pembalut karena benda ini tak terbukti bikin wanita susah hamil. Poin pentingnya, jagalah kebersihan vagina saat haid untuk menghindari risiko infeksi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Larsen WG. Sanitary Napkin Dermatitis due to the Perfume. Arch Dermatol. 1979;115(3):363. doi:10.1001/archderm.1979.04010030065027 accessed on May 20th 2019

Nicole W. (2014). A question for women’s health: chemicals in feminine hygiene products and personal lubricants. Environmental health perspectives, 122(3), A70–A75. doi:10.1289/ehp.122-A70 accessed on May 20th 2019

Are Feminine Hygiene Products Safe? https://www.webmd.com/women/news/20151102/tampons-sanitary-pads-safety#3  accessed on May 20th 2019

Stay Clean During Period https://www.verywellhealth.com/stay-clean-during-your-period-2721979  accessed on May 20th 2019

Pads and Tampons https://kidshealth.org/en/kids/pads-tampons.html accessed on May 20th 2019

8 Rules for a Healthy Vagina https://www.everydayhealth.com/womens-health-pictures/hygiene-rules-for-a-healthy-vagina.aspx#02 accessed on May 20th 2019

Menstrual Hygiene https://www.unicef.org/wash/schools/files/UNICEF-MenstrualHygiene-PRINT-27May15.pdf

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Tanggal diperbarui 28/05/2019
x