Panduan Memilih Makanan yang Tepat Agar Cepat Hamil

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Anda mungkin telah melakukan berbagai macam cara agar bisa cepat punya momongan, tapi belum juga berhasil sampai saat ini. Mungkin yang belum Anda lakukan adalah mengubah pola makan yang selama ini Anda jalani. Ya, ternyata pola makan sangat memengaruhi kesuburan. Jangan cemas, berikut ini panduan memilih makanan penyubur kandungan agar cepat hamil, baik untuk wanita maupun pria. 

Tips pintar memilih makanan agar cepat hamil

Pola makan yang Anda terapkan selama ini tak hanya memengaruhi kesuburan saja, tapi juga bisa menentukan kondisi kehamilan Anda nantinya. Maka dari itu, sangat penting untuk mengubah pola makan yang kurang baik dengan memilih makanan yang tepat. Hal ini pun tidak hanya berlaku pada wanita, namun juga laki-laki. Pasalnya, kesehatan sel sperma yang diproduksi oleh laki-laki juga akan memengaruhi kehamilan pasangannya. Begini cara memilih makanan agar cepat hamil. 

Panduan memilih makanan untuk wanita

Pada wanita, menu makanan yang dikonsumsinya akan memengaruhi kesempatannya untuk hamil. Maka dari itu, sebagai wanita, Anda sebaiknya memilih makanan yang sehat. Di samping masalah kesuburan, makanan yang sehat membantu para wanita untuk mempersiapkan kesehatan serta kemampuan tubuhnya untuk mengalami kehamilan.

1. Memilih jenis karbohidrat yang tepat

Sebelum Anda memilih makanan, tentukan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Baru setelahnya, Anda pilih makanan dengan kandungan karbohidrat yang sesuai. Salah satu makanan yang bisa Anda makan agar cepat hamil adalah makanan yang memiliki jenis karbohidrat yang tepat.

Caranya adalah dengan memilih makanan yang memiliki indeks glikemik rendah dan berserat tinggi. Jenis karbohidrat seperti ini akan membantu Anda menstabilkan gula darah dan menjaga kadar insulin tetap normal. Pasalnya, karbohidrat yang punya indeks glikemik tinggi dapat membuat gula darah lebih mudah meningkat.

Pada saat itu, kadar insulin pun ikut berubah menjadi tidak normal. Terlalu banyak jumlah insulin di dalam tubuh akan mengganggu kerja hormon-hormon lainnya, sehingga menurunkan kesuburan. 

Salah satu makanan dengan kadar karbohidrat yang baik adalah gandum utuh. Pasalnya, gandum utuh kaya akan nutrisi yang baik untuk kesuburan. Misalnya, vitamin B, magnesium, dan juga serat. Meski begitu, gandum utuh memang membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak.

Untuk memanfaatkan gandum sebagai makanan yang bisa membantu Anda agar cepat hamil, makanlah gandum utuh setiap hari. Namun, porsinya harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan energi Anda.

2. Perbanyak protein nabati

Selain karbohidrat, makanan yang bisa Anda konsumsi agar Anda cepat hamil adalah protein. Sebenarnya, tidak masalah jika Anda ingin mengonsumsi protein hewani seperti daging, ikan, dan telur. Apalagi kandungan protein tersebut juga baik untuk tumbuh kembang janin saat Anda hamil nanti.

Misalnya, ikan salmon, tuna, dan sarden yang kaya akan asam lemak omega 3. Protein yang didapat dari ikan juga baik untuk membentuk sistem saraf bayi serta mengurangi risiko mengalami kelahiran prematur.

Selama Anda mengonsumsinya secara wajar, Anda tidak perlu khawatir akan kadar merkuri yang mungkin terdapat pada ikan. Namun, hindari beberapa jenis ikan seperti ikan hiu, ikan makerel dan beberapa ikan lainnya.

Sayangnya, menurut sebuah penelitian yang dimuat di dalam sebuah jurnal berjudul Obstretics and Gynecology, dengan mengganti protein hewani menjadi protein nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, risiko terhadap infertilitas bisa menurun.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin mengonsumsi makanan dengan kandungan protein nabati yang berpotensi sebagai penyubur kandungan, pilihlah menu yang sesuai. Contoh protein nabati adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. 

3. Makanan dengan lemak sehat

Tentu Anda tahu bahwa tidak semua lemak tergolong ke dalam lemak jahat. Ya, lemak memang ada juga yang tergolong baik. Lemak tak jenuh dan lemak omega 3 tergolong lemak yang baik. Jenis lemak ini lah yang bisa Anda konsumsi sebagai makanan penyubur kandungan.

Agar cepat hamil, Anda boleh mengonsumsi makanan yang mengandung jenis lemak yang satu ini. Pada dasarnya, lemak berperan penting dalam pembentukan hormon di dalam tubuh. Maka, jika lemak di dalam tubuh terlalu sedikit, maka kemungkinan besar hormon Anda akan mengalami gangguan.

Tetapi tahukah Anda makanan apa saja yang memiliki kandungan lemak baik, dan lemak mana saja yang harus dihindari? Makanan dengan kandungan lemak yang baik adalah kacang-kacangan, minyak zaitun, dan buah alpukat. Makanan tersebut dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Selain itu, makanan dengan kandungan lemak yang baik dapat membantu meningkatkan kesuburan. Bahkan, lemak yang baik juga berpotensi membantu wanita mengatasi masalah kesuburannya.

Sementara itu, lemak yang sebaiknya Anda hindari untuk program kehamilan adalah lemak trans. Biasanya, jenis lemak yang satu ini mudah ditemukan di makanan ringan, daging hewan, kentang goreng, dan beberapa jenis mentega.

Makanan-makanan tersebut sebaiknya dihindari karena berpotensi meningkatkan resistensi tubuh terhadap insulin. Padahal, insulin membantu menyebarkan glukosa di dalam tubuh dari aliran darah menuju sel-sel. Jika terjadi resistensi insulin, glukoa akan semakin sulit disebarkan menuju sel-sel.

Sayangnya, meski tubuh Anda mengalami resistensi terhadap insulin, pankreas akan terus memproduksi insulin. Sehingga, kadar insulin di dalam darah Anda pun tinggi. Kadar insulin yang terlalu tinggi dalam aliran darah juga dapat menimbulkan gangguan metabolisme yang mengganggu proses ovulasi. Tidak heran bahwa sebaiknya makanan yang mengandung lemak trans dihindari agar Anda bisa cepat hamil.

4. Produk olahan susu 

Pilihan makanan yang juga bisa digunakan sebagai penyubur kandungan agar cepat hamil adalah produk olahan susu. Namun, cobalah untuk memilih produk olahan susu biasa dibanding yang rendah lemak atau bahkan tidak mengandung lemak sama sekali.

Mengapa? Pasalnya, mengonsumsi produk olahan susu yang rendah lemak maupun yang tidak mengandung lemak sama sekali dipercaya lebih mempersulit Anda untuk hamil. Hal ini disebabkan produk rendah lemak dapat meningkatkan risiko kemandulan dibandingkan dengan produk olahan susu biasa.

Meski begitu, Anda disarankan agar tidak mengonsumsi produk olahan susu terlalu berlebihan. Karena jika dikonsumsi lebih dari jumlah yang sewajarnya, Anda justru mungkin akan mengalami masalah kesuburan.

Produk olahan susu yang baik dan disarankan untuk dikonsumsi adalah yoghurt dan es krim. Anda juga boleh mengonsumsi susu biasa jika Anda suka.

5. Perbanyak asupan serat

Serat juga termasuk salah satu nutrisi yang dibutuhkan di dalam makanan penyubur kandungan agar Anda cepat hamil. Hal ini disebabkan serat dapat membantu tubuh Anda mengeluarkan hormon yang terlalu banyak dari dalam tubuh dan menjaga agar kadar gula darah tetap stabil.

Bahkan, ada jenis serat tertentu yang dapat membantu mengeluarkan hormon estrogen dari dalam tubuh dengan cara mengikatkannya pada usus. Hal ini juga dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat di dalam jurnal European Journal of Clinical Nutrition.

Pada penelitian tersebut, dibuktikan bahwa mengonsumsi salah satu makanan penyubur kandungan, sereal berserat,  sebanyak 10 gram sehari dapat menurunkan hingga 44% masalah kesuburan pada wanita dengan usia 32 tahun.

Contoh makanan yang kaya akan serat adalah gandum utuh, berbagai macam buah-buahan, sayur-sayuran, dan juga kacang-kacangan. Untuk memanfaatkan makanan tersebut agar cepat hamil, cobalah untuk memasukkan beberapa jenis makanan tersebut dalam menu makan Anda setiap hari.

6. Mengonsumsi suplemen multivitamin

Tahukah Anda bahwa suplemen multivitamin juga penting sebagai pendamping makanan penyubur kandungan agar cepat hamil? Ya, terkadang, Anda membutuhkan suplemen yang mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral. Hal ini dilakukan agar kebutuhan nutrisi harian Anda tercukupi dengan baik.

Salah satu suplemen pendamping makanan yang baik dikonsumsi agar Anda cepat hamil adalah asam folat serta zat besi. Pasalnya, kedua jenis vitamin tersebut akan dibutuhkan ketika proses pembuahan. Asam folat juga sangat penting selama periode prenatal dini untuk mencegah cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang.

Mengonsumsi vitamin prenatal dapat meningkatan kesuburan pada wanita. Di samping itu, mengonsumsi suplemen multivitamin atau mineral setiap hari dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria. Namun, untuk mengetahui suplemen yang tepat bagi Anda, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

7. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan

Makanan yang kaya akan antioksidan juga baik untuk menyuburkan kandungan agar cepat hamil. Bahkan, antioksidan seperti folat dan seng dapat meningkatkan kesuburan baik pada wanita maupun pria. Pasalnya, antioksidan dapat mematikan radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh Anda. Sementara, jika dibiarkan radikal bebas ini dapat merusak sperma dan sel telur.

Bahkan hal ini pun telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Salah satunya penelitian yang dimuat di dalam jurnal Biology of Reproduction yang menyatakan bahwa mengonsumsi kacang kenari sebanyak 75 gram sehari dapat meningkatkan kualitas sperma.

Makanan yang kaya akan antioksidan di antaranya adalah buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan gandum. Makanan yang berpotensi menyuburkan kandungan tersebut mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan beta karotin.

Sementara itu, ada pula makanan yang sebaiknya dihindari oleh para wanita demi menjaga kesehatan tubuhnya agar cepat hamil.

Makanan yang sebaiknya dihindari oleh wanita

Tidak hanya makanan yang dapat membantu mempercepat proses kehamilan, ada pula makanan yang baiknya dihindari oleh para wanita yang sedang menjalani program hamil.

1. Ikan yang kaya kandungan merkuri

Selama ini, merkuri sering kali dikaitkan dengan kemandulan. Tetapi, hal tersebut memang betul adanya. Pasalnya, tidak hanya demi kesehatan Anda, Anda juga harus memerhatikan kesehatan calon bayi Anda. Mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri dapat memberikan dampak buruk pada perkembangan janin.

Maka dari itu, jika Anda ingin mengonsumsi ikan sebagai makanan sehat yang dapat membantu Anda agar cepat hamil, Anda bisa berhenti mengonsumsi ikan seperti makerel, tuna, hiu, dan masih banyak lagi. Sementara itu, seperti yang telah disebutkan di atas, pilih ikan yang kaya akan asam lemak omega 3.

2. Lemak trans

Lemak trans adalah jenis lemak yang tidak disarankan untuk dikonsumsi jika Anda ingin cepat hamil. Pasalnya, semakin banyak lemak trans yang dikonsumsinya, semakin besar kemungkinan seorang wanita mengalami infertilitas atau kemandulan.

Lemak trans biasanya terdapat pada bahan makanan olahan dan makanan yang digoreng. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu memeriksa bahan makanan yang terdapat di segala produk yang Anda beli di supermarket. Hal ini dapat membantu Anda menghindarkan Anda dari kemungkinan mengonsumsi lemak trans tanpa disengaja.

Tips memilih makanan sehat untuk pria

Selama ini, jika pasangan suami istri sedang berupaya untuk memiliki momongan, sering kali hanya kondisi kesehatan wanita yang diperhatikan. Padahal, kesehatan pria juga memiliki dampak yang cukup kuat terhadap kehamilan. Jika kondisi sperma seorang pria kurang sehat, kehamilan pun akan semakin sulit terwujud. Kesehatan dan infertilitas seorang pria juga bisa diatasi dengan berbagai pilihan makanan sehat, misalnya:

1. Kerang Tiram

Salah satu makanan yang direkomendasikan untuk pria agar pasangan bisa cepat hamil adalah kerang tiram. Di dalam kerang ini terdapat kandungan seng yang lebih banyak dibanding berbagai makanan lainnya. Makanan yang mengandung seng dapat membantu kesuburan pada pria dengan cara meningkatkan produksi air mani serta motilitas dari sel-sel sperma di dalamnya.

Bahkan, kerang tiram termasuk makanan yang baik dikonsumsi wanita jika ingin cepat hamil. Namun, jika Anda tidak menyukai kerang tiram, Anda juga bisa menemukan makanan yang kaya akan kandungan seng. Misalnya, daging sapi, produk olahan susu, kacang-kacangan, telur, gandum utuh, serta kacang-kacangan.

Anda juga bisa mendapatkan asupan seng dari multivitamin. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin demi menjaga kesehatan tubuh dan sel sperma yang diproduksinya.

2. Sayur dan buah-buahan

Di dalam sayur dan buah, sering ditemukan kandungan antioksidan. Biasanya, antioksidan lebih mudah ditemukan pada buah yang telah dikeringkan. Makanan yang kaya akan antioksidan dapat membantu melindungi sel sperma dari kerusakan serta dapat meningkatkan kecepatan dan kekuatan sperma. Dengan begitu, sel sperma akan berenang dengan lincah melalui tuba falopi dan membuahi sel telur.

Sementara itu, vitamin E dan C yang juga bisa ditemukan di dalam sayuran dan buah-buahan bisa membantu meningkatkan jumlah sperma dan motilitasnya. Vitamin E sangat mudah ditemukan di dalam kacang-kacangan serta biji-bijian, serta minyak sayuran.

Sedangkan vitamin C dapat Anda temukan di dalam jus jeruk, buah tomat, jeruk bali, hingga brokoli. Asam folat atau vitamin B9 yang kaya akan antioksidan juga mudah ditemukan di dalam sayuran hijau, kacang-kacangan, dan berbagao buah lainnya.

Bahkan ada satu makanan yang bisa mengandung ketiga vitamin tersebut, yaitu ubi. Maka, Anda boleh mengonsumsi ubi agar mendapatkan manfaat dari vitamin B9, C, dan vitamin E.

Sementara itu, ada pula makanan yang sebaiknya dihindari agar pasangan bisa cepat hamil.

Makanan yang sebaiknya dihindari pria

1. Junk food

Tentu Anda sudah tahu sejak lama bahwa junk food bukan makanan yang sehat. Pasalnya, makanan ini tidak baik untuk kesehatan jantung. Namun, tidak hanya itu, junk food ternyata juga memiliki dampak pada kesuburan pria.

2.  Ikan yang mengandung merkuri

Sama halnya dengan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh wanita, pria juga sebaiknya menghindari makanan ini. Lebih baik, meningkatkan asupan gizi dari ikan yang mengandung asam lemak omega 3 atau ikan yang kaya akan kandungan seng.

3. Minuman berkafein dan beralkohol

Tahukah Anda bahwa minuman berkafein dapat menurunkan jumlah produksi sperma? Ya, terlalu banyak mengonsumsi kopi atau teh, dan juga alkohol dapat menyebabkan kondisi tersebut. Maka, jika Anda ingin memiliki momongan, kurangi asupan kafein dan alkohol serta ganti dengan makanan dan minuman yang bergizi dan baik untuk kesuburan.

Capai berat badan ideal dengan makan sesuai kebutuhan

Pertambahan atau justru penurunan berat badan dapat memengaruhi ovulasi Anda. Sementara pada pria, berat badan berlebih atau justru terlalu kurus bisa berdampak pada kualitas sperma dan produksi testosteron.

Jika berat badan Anda saat sedang mencoba hamil masih kurang, idealnya naikkan sekitar 3-5 kg untuk menormalkan masa ovulasi Anda dan meningkatkan kesuburan. Sebaliknya, jika berat badan Anda berlebih, kurangi 5-10% dari berat saat ini untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Maka itu, sangat penting untuk mengonsumsi makanan penyubur kandungan dengan jumlah kalori yang sesuai kebutuhan, tidak kurang dan lebih. Untuk mengetahui apakah berat badan Anda saat ini (sebelum hamil) sudah ideal, Anda bisa mengeceknya di kalkulator BMI ini atau pada bit.ly/indeksmassatubuh.

Sementara, agar Anda tahu berapa banyak kalori yang Anda butuhkan dalam satu hari, Anda dapat menghitungnya di kalkulator BMR ini atau mengakses bit.ly/kalkulatorBMR.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca