Usia Kehamilan (Minggu)

Minggu 36

Minggu 37

Minggu 38

Minggu 39

Minggu 40

Minggu 1

Minggu 2

Minggu 3

Minggu 4

Minggu 5

Minggu 6

Infant

Minggu 1

Anda belum hamil

Panjang

- cm

Berat

- kg

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

2

ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Perkembangan Janin pada Usia Kehamilan 1 Minggu

Perkembangan Janin pada Usia Kehamilan 1 Minggu

Kehamilan minggu pertama sering kali tidak disadari oleh ibu hamil. Sebagian besar calon ibu baru sadar bahwa dirinya sedang mengandung ketika beberapa gejala muncul pada minggu-minggu selanjutnya. Maka dari itu, untuk membantu ibu mengerti bagaimana perkembangan janin pada usia 1 minggu kehamilan, simak penjelasannya di bawah ini.

Perkembangan janin pada usia 1 minggu kehamilan

Sebelum mengetahui perkembangan janin pada usia 1 minggu kehamilan, Anda perlu memahami dulu bahwa usia janin dan usia kehamilan itu berbeda, sehingga cara menghitungnya juga akan berbeda.

Usia kehamilan dihitung sejak hari pertama haid terakhir (HPHT) Anda. Nantinya, hari perkiraan lahir (HPL) akan dihitung dari usia kehamilan Anda tersebut.

Jadi, meskipun pada HPHT Anda janin belum terbentuk karena pembuahan belum terjadi, minggu tersebut tetap dihitung sebagai usia perkembangan janin minggu pertama.

Sebab, pada saat itu, tubuh sebenarnya sudah menyiapkan diri untuk proses terjadinya pembuahan.

Sementara itu, sulit untuk memastikan secara akurat berapa usia janin dalam kandungan dan kapan tepatnya pembuahan terjadi.

Dokter dan bidan hanya bisa menduga usia janin berdasarkan usia kehamilan Anda. Pemeriksaan USG kandungan pun hanya bisa membantu memperkirakan usia janin, bukan memastikannya.

Akan tetapi, tidak ada jaminan seratus persen bahwa hasil pemeriksaan tersebut tepat, termasuk bagaimana perkembangan janin pada minggu pertama kehamilan.

Lalu, bagaimana dengan perkembangan janin pada usia 1 minggu kehamilan ini?

Ibu mungkin bertanya janin usia 1 minggu sebesar apa. Faktanya, pada usia 1 minggu kehamilan, janin sebetulnya belum terbentuk karena pembuahan belum terjadi.

Biasanya, pembuahan terjadi pada hari ke-11 hingga ke-21 sejak HPHT Anda, meski hal ini tidak bisa dipastikan secara akurat.

Maka, tes kehamilan mandiri dengan test pack dan pemeriksaan di dokter kandungan pun tidak akan bisa mendeteksi janin di dalam kandungan Anda.

Perubahan tubuh ibu pada usia 1 minggu kehamilan

Pada usia 1 minggu kehamilan, tubuh Anda sedang mempersiapkan untuk ovulasi yang biasanya terjadi antara 12 hingga 14 hari setelah menstruasi.

Ovulasi adalah pelepasan sel telur dewasa dari ovarium alias indung telur, lalu terdorong ke tuba falopi dan siap untuk dibuahi.

Pada hari ke-2 atau ke-3 menstruasi, tubuh akan mulai membuang semua sisa sel telur bulan lalu yang tidak mengalami pembuahan dan mempersiapkan sel telur yang baru.

Saat masa haid selesai, sel telur akan siap untuk kemudian dibuahi oleh sperma.

Apabila Anda merencanakan kehamilan, saat ini adalah waktu yang tepat untuk menandai pada kalender dan memprediksi terjadinya ovulasi.

Hal yang perlu diperhatikan pada usia 1 minggu kehamilan

Untuk menjaga perkembangan janin pada minggu pertama ini, umumnya Anda tidak perlu mengkhawatirkan apapun.

Ini karena pembuahan belum terjadi sehingga belum ada janin di dalam kandungan.

Satu hal yang harus Anda lakukan, yaitu menjalankan pola makan sehat dan minum vitamin prenatal yang Anda butuhkan.

Pada masa ini, Anda perlu mendapat asupan vitamin yang cukup, khususnya asam folat.

Menurut Kids Health, asam folat diperlukan untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf (cacat lahir yang disebabkan oleh perkembangan otak dan tulang belakang yang tidak sempurna), seperti spina bifida.

Dosis yang disarankan pada tahap ini adalah sekitar 400 mikrogram asam folat sehari. Dosis dapat lebih tinggi pada wanita yang memiliki riwayat spina bifida.

Oleh karena itu, untuk memastikan nutrisi apa saja yang Anda butuhkan untuk menjaga kondisi kesehatan kehamilan Anda, sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter segera setelah mengetahui atau menduga bahwa Anda sedang hamil.

Hal ini sebaiknya dilakukan lebih awal jika Anda memang sedang merencanakan kehamilan agar tubuh lebih siap saat Anda hamil nantinya.

Kunjungan ke dokter atau bidan pada usia 1 minggu kehamilan

Kapan kehamilan bisa terdeteksi

Apabila Anda sedang merencanakan kehamilan, diskusikan dengan dokter mengenai obat-obatan resep dan nonresep yang sedang Anda gunakan.

Anda perlu lebih berhati-hati dalam penggunaan obat pada masa kehamilan usia 1 minggu ini. Pasalnya, banyak obat resep dan nonresep yang dapat memberikan dampak negatif pada perkembangan janin.

Meski begitu, jangan menghentikan konsumsi obat-obatan tanpa berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menimbang manfaat dan risiko dari menghentikan pengobatan yang sedang Anda jalani.

Berikut berbagai hal yang perlu ditanyakan ke dokter pada usia 1 minggu kehamilan ini.

  • Apakah boleh jika saya meneruskan penggunaan obat resep dan nonresep saat sedang merencanakan kehamilan?
  • Apa yang harus dilakukan sebelum merencanakan kehamilan?
  • Adakah vaksinasi yang harus dilakukan sebelum merencanakan kehamilan?

Untuk mempersiapkan tubuh Anda dalam menyambut kehadiran bayi, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik lengkap.

Jika diperlukan, dokter mungkin akan melakukan tes darah untuk membantu memaksimalkan perkembangan janin sejak usia 1 minggu kehamilan.

Tes ini akan mendeteksi penyakit menular seksual apapun atau imunitas terhadap rubella dan cacar air.

Ini akan menentukan apakah Anda perlu pengobatan atau imunisasi sebelum hamil tertentu untuk kebaikan Anda dan janin.

Tes ini juga akan membantu dokter untuk memberikan panduan yang tepat guna mempersiapkan tubuh Anda dalam menyambut kehamilan dan memastikan perkembangan janin pada 1 minggu usia kehamilan tetap sehat.

Cara menjaga kesehatan perkembangan janin pada usia 1 minggu kehamilan

Keselamatan dan kesehatan perkembangan janin sangat bergantung pada apa yang ibu lakukan untuk mempersiapkan kehamilan, termasuk sejak usia minggu pertama.

Perlu diingat, sistem imun saat hamil tidak sekuat seperti sebelum kehamilan terjadi. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga kondisi kesehatan Anda dan janin.

Anda mungkin bertanya-tanya apa yang perlu Anda lakukan atau hindari untuk memastikan kehamilan Anda sehat.

Berikut ini beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan kehamilan Anda.

  • Makan makanan yang sehat, seperti sayur-sayuran hijau, ikan yang tidak mengandung merkuri, biji-bijian dan kacang-kacangan, karbohidrat kompleks, buah-buahan, dan air putih.
  • Hindari zat-zat tertentu yang berisiko untuk kehamilan, seperti alkohol, tembakau, kafein berlebih, karbohidrat sederhana, lemak jahat, dan polusi udara.
  • Olahraga saat hamil secara rutin untuk menjaga berat badan yang ideal.
  • Tidur dengan cukup.

Setelah mengetahui perkembangan janin pada minggu pertama kehamilan, ketahui perkembangan janin pada minggu 2 kehamilan dan seterusnya.

Ini membantu Anda untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada tubuh dan persiapan apa saja yang perlu Anda lakukan.

Kesimpulan

Meski perkembangan janin belum terjadi pada usia 1 minggu kehamilan, sangat penting bagi calon ibu untuk memiliki tubuh yang sehat sebagai persiapan kehamilan. Perkembangan janin akan terjadi lebih baik jika ibu memiliki tubuh yang sehat saat terjadi pembuahan.

health-tool-icon

Penambahan Berat Badan Kehamilan

Perhitungan ini dapat digunakan untuk perempuan yang ingin melihat kisaran kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan berdasarkan berat badan mereka sebelum hamil.

28

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Week 1 (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2022). Retrieved 3 June 2022, from https://kidshealth.org/en/parents/week1.html

Fetal development: What happens during the 1st trimester?. (2022). Retrieved 3 June 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/prenatal-care/art-20045302

Everything you need to know about the first trimester (weeks 1 to 12). (2022). Retrieved 3 June 2022, from https://www.tommys.org/pregnancy-information/im-pregnant/pregnancy-calendar/first-trimester-weeks-1-12

Pregnancy Week 1 – 2. (2022). Retrieved 3 June 2022, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/week-by-week/pregnancy-week-1-2/

Pregnancy – week by week – Better Health Channel. (2022). Retrieved 3 June 2022, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/pregnancy-week-by-week#week-1

Pregnancy Week By Week | First Month Symptoms and Signs. (2022). Retrieved 3 June 2022, from https://www.plannedparenthood.org/learn/pregnancy/pregnancy-month-by-month

1 Week Pregnant: Symptoms, Tips, Baby Development. (2022). Retrieved 3 June 2022, from https://flo.health/pregnancy/week-by-week/1-week-pregnant

Pregnancy at weeks 1 to 4. (2022). Retrieved 3 June 2022, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/pregnancy-at-week-1-4

You and your pregnancy at 1 to 3 weeks. (2022). Retrieved 3 June 2022, from https://www.nhs.uk/pregnancy/week-by-week/1-to-12/1-2-3-weeks/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Reikha Pratiwi Diperbarui Jun 17
Ditinjau secara medis oleh dr. Amanda Rumondang Sp.OG
Next article: