Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 2 Minggu yang Perlu Calon Orangtua Ketahui

Perkembangan janin 2 minggu kehamilan: gumpalan darah mulai terbentuk|Perubahan pada tubuh ibu saat hamil 2 minggu|Hal yang harus ibu perhatikan saat konsultasi ke dokter|Pemeriksaan perkembangan janin 2 minggu kehamilan|Cara menjaga kesehatan perkembangan janin 2 minggu
Perkembangan Janin Usia Kehamilan 2 Minggu yang Perlu Calon Orangtua Ketahui

Saat usia janin 2 minggu, biasanya para calon ibu belum merasakan banyak perubahan dalam tubuh. Padahal pada usia 2 minggu, kemungkinan gumpalan darah calon janin mulai terbentuk meski ukurannya masih sangat kecil. Berikut penjelasan lengkap seputar perkembangan janin 2 minggu yang perlu calon orangtua ketahui.

 

 

Perkembangan janin 2 minggu kehamilan: gumpalan darah mulai terbentuk

Di usia 2 minggu kehamilan ini, kemungkinan gumpalan darah bakal janin sudah mulai terbentuk. Pasalnya, janin akan mulai terbentuk saat sel telur Anda bertemu dengan sperma pasangan.

Selain itu, proses penentuan jenis kelamin bayi juga sudah mulai pada usia janin 2 minggu. Akan tetapi, ibu hamil belum bisa mengetahui pasti sampai sekitar usia 15 minggu kemudian.

Mengapa penentuan jenis kelamin sudah mulai di usia kehamilan muda?

Mengutip dari Kids Health, hal ini karena sejak awal, tiap orang mempunyai 46 kromosom yang nantinya akan membangun material genetik.

Dari 46 kromosom, terdapat 2 kromosom yang menentukan jenis kelamin atau kromosom seks.

Sperma membawa salah satu kromosom menuju sel telur. Sel telur hanya memiliki kromosom X, sedangkan sperma dapat membawa kromosom Y dan kromosom X.

Jika pembuahan sel telur menghasilkan kombinasi kromosom XX, maka akan lahir bayi perempuan. Jika kombinasi kromosomnya XY, bayi ibu akan berjenis kelamin laki-laki.

Perubahan pada tubuh ibu saat hamil 2 minggu

Umumnya ibu hamil tidak merasakan banyak gejala saat hamil 2 minggu. Namun, bila lebih ibu perhatikan lagi, ada tanda yang menunjukan perkembangan janin 2 minggu sedang berlangsung, yaitu:

Saat janin menginjak usia 2 minggu, tubuh ibu sudah siap untuk menerima proses pembuahan. Artinya sel telur mulai lepas dan siap untuk pembuahan.

Melansir dari Kids Health, lapisan rahim akan menebal sebagai persiapan tempat untuk bayi di dalam kandungan nantinya.

Anda bisa menggunakan tes ovulasi untuk mengetahui waktu yang pas untuk memulai pembuahan.

Selama berhubungan intim, hanya ada satu sperma yang akan berhasil membuahi telur. Ketika pembuahan terjadi, sel telur akan menempati lapisan rahim untuk siap berkembang.

Hal yang harus ibu perhatikan saat konsultasi ke dokter

Saat ibu sedang mencoba untuk hamil. ceritakan dengan detail bagaimana frekuensi berhubungan dengan pasangan dan kapan terakhir kali melakukannya.

Dokter nantinya akan menanyakan riwayat medis dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh.

Saat menjalani pemeriksaan fisik sebelum kehamilan, sebaiknya ibu memberi tahu dokter tentang riwayat kesehatan.

Apakah pernah mengalami sakit atau sedang menjalani pengobatan atau tidak. Hal ini akan membantu ibu dalam menyiapkan kehamilan lebih baik.

Pemeriksaan perkembangan janin 2 minggu kehamilan

Tanda kehamilan pada wanita tidak akan sama, ibu mungkin akan merasakan mual di pagi hari atau bisa saja tidak.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah ibu sedang hamil atau tidak adalah dengan memperhatikan siklus menstruasi yang telah datang atau belum.

Jika belum mengalami menstruasi, harap segera menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi.

Namun, dokter mungkin akan meminta ibu untuk melakukan beberapa tes.

Tes ovulasi

Di usia 2 minggu kehamilan ini, ibu mungkin akan menjalani pemeriksaan ovulasi.

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda. Beberapa wanita mungkin akan menstruasi setiap 21 atau 28 hari.

Jika ibu merencanakan untuk hamil, pemeriksaan ovulasi akan membantu dalam mengetahui waktu terbaik untuk berhubungan intim yang berpeluang besar hamil.

Pemeriksaan lainnya yang harus Anda ketahui pada usia 2 minggu kehamilan adalah tes kehamilan.

Saat sperma membuahi sel telur ibu, setidaknya perlu beberapa minggu untuk mengetahui apakah pembuahan berhasil atau tidak.

Harap konsultasikan dengan dokter jika ada tanda-tanda kehamilan terutama saat usia janin 2 minggu.

Melacak suhu basal tubuh

Suhu basal tubuh akan naik lebih dari biasanya ketika sedang ovulasi. Ada kemungkinan ibu sudah hamil pada 2 atau 3 hari sebelum suhu tubuh naik.

Cara memeriksanya, perlu menggunakan termometer khusus untuk mengukur suhu basal tubuh.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan setiap pagi, saat baru bangun tidur. Ibu perlu melacak selama beberapa bulan untuk menemukan pola masa ovulasi yang tepat.

Dengan begitu, ibu bisa memastikan perkembangan janin tetap baik sejak awal kehamilan.

Cara menjaga kesehatan perkembangan janin 2 minggu

Sebelum mendapatkan kabar kehamilan positif, ibu harus berhati-hati dengan faktor yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Berikut satu hal yang harus ibu lakukan untuk keamanan kehamilan di masa yang akan datang.

1. Perhatikan penggunaan obat analgesik atau pereda nyeri

Umumnya bila mengalami demam atau sakit kepala, kebanyakan orang akan mengonsumsi obat analgesik seperti paracetamol atau ibuprofen.

Hati-hati dalam memilih obat saat hamil. Kebanyakan obat pereda nyeri tidak aman untuk ibu hamil dan dapat mengendap selama beberapa hari dalam tubuh.

Komposisi dari obat-obatan tersebut dapat membahayakan perkembangan janin 2 minggu kehamilan dan mengurangi kesuburan.

Untuk hasil terbaik, harap konsultasikan dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat-obatan selama kehamilan.

2. Hindari alkohol, obat-obatan tertentu, dan merokok

Saat hamil, ibu harus menghindari konsumsi alkohol, obat-obatan, dan produk tembakau. Ini karena ketiganya bisa membahayakan kesuburan Anda.

Tak hanya itu, alkohol, obat-obatan tertentu, dan rokok dapat meningkatkan risiko keguguran, serta menyebabkan cacat lahir pada bayi.

Beberapa kecacatan yang umum terjadi di antaranya:

  • sindrom keracunan janin akibat alkohol,
  • masalah pernapasan, dan
  • kelahiran bayi dengan berat yang rendah (BBLR).

Bila memiliki masalah kesehatan, konsultasikan ke dokter. Hal ini untuk mencegah berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan.

3. Mengonsumsi vitamin

Untuk menjaga perkembangan janin 2 minggu kehamilan agar tetap baik, ibu perlu mengonsumsi vitamin untuk menguatkan kandungan.

The Center for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan untuk mengonsumsi 400 miligram asam folat setiap hari.

Akan lebih baik mengonsumsi ini sebelum mencoba hamil dan awal kehamilan. Suplmen ini bisa membantu perkembangan janin 2 minggu kehamilan agar terhindar dari kondisi spina bifida atau cacat tabung saraf.

Selain itu, ibu juga perlu melakukan beberapa hal, seperti mengatur berat badan, pola makan, olahraga teratur, dan mengurangi stres.

Jadi minggu depan, janin akan berkembang seperti apa? Yuk, pantau perkembangan janin 3 minggu, Bu!

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days
Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Pregnancy Week By Week | First Month Symptoms and Signs. (2021). Retrieved 23 March 2021, from https://www.plannedparenthood.org/learn/pregnancy/pregnancy-month-by-month

Pregnancy week 2. (2019). Retrieved 23 March 2021, from https://www.nct.org.uk/pregnancy/your-pregnancy-week-week/first-trimester/pregnancy-week-2

Week 2 (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2021). Retrieved 23 March 2021, from https://kidshealth.org/en/parents/week2.html

You and your pregnancy at 1 to 3 weeks. (2020). Retrieved 23 March 2021, from https://www.nhs.uk/pregnancy/week-by-week/1-to-12/1-2-3-weeks/

Folic Acid Helps Prevent Some Birth Defects. (2020). Retrieved 23 March 2021, from https://www.cdc.gov/ncbddd/folicacid/features/folic-acid-helps-prevent-some-birth-defects.html?CDC_AA_refVal=https%3A%2F%2Fwww.cdc.gov%2Ffeatures%2Ffolicacidbenefits%2Findex.html

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Riska Herliafifah Diperbarui 09/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita