home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apa yang Terjadi Bila Ibu Tidur Tengkurep Saat Hamil?

Apa yang Terjadi Bila Ibu Tidur Tengkurep Saat Hamil?

Tidak semua ibu hamil dapat tidur nyenyak dengan posisi tidur yang nyaman dan aman. Sayangnya ketika hamil. posisi tidur tidak bisa sebebas ketika Anda tidak hamil. Nyatanya posisi tidur menjadi perhatian tersendiri bagi ibu hamil. Namun, apa yang terjadi bila tidur tengkurep saat hamil?

Risiko tidur tengkurep saat hamil

1. Sesak napas

Tidur tengkurep saat hamil akan menyebabkan Anda merasa lebih sulit untuk bernapas, daripada tidur telentang atau menyamping. Hal itu terjadi karena perut Anda akan cenderung mendorong ke bawah dan menempatkan usus, paru-paru serta organ tubuh lain Anda berdempetan satu sama lain. Tidur tengkurep tidak dianjurkan bagi kehamilan usia tua maupun usia muda.

2. Janin tergencet

Ketika Anda tidur tengkurep perut Anda menekan yang rahim Anda berkembang sehingga Anda akan mendapatkan tekanan pada posisi tersebut. Tekanan tersebut menandakan janin Anda terancam keselamatan dan posisinya.

3. Gangguan pada janin

Asupan nutrisi dan oksigen tidak akan tersalurkan dengan posisi tidur tengkurep saat hamil. Darah yang mengalirkan oksigen pada vena ibu hamil akan tersendat bahkan bisa mengalami keguguran setelahnya.

Lalu, bagaimana posisi tidur yang baik saat hamil?

  • Taruh bantal di bawah perut dan di antara lutut Anda. Akan lebih baik jika Anda membeli bantal khusus kehamilan. Posisikan bantal di bawah tubuh Anda untuk membantu menjaga Anda di sisi berbaring Anda. Posisi bantal juga dapat mencegah Anda dari rasa pegal dan nyeri akibat perut yang mulai membesar
  • Jika Anda tidak nyaman tidur karena maag, taruh beberapa buku atau bantal kecil di bawah bantal utama. Posisi ini membantu zat asam lambung turun dari perut Anda. Posisi tidur ini juga mencegah agar enzim asam lambung tidak menjalar sampai ke kerongkongan.
  • Posisi tidur menyamping ke kiri adalah yang terbaik saat kehamilan. Dengan posisi ini, Anda mendapatkan aliran darah dan juga nutrisi yang maksimal ke plasenta dikarenakan adanya vena besar (vena cava inferior) pada bagian belakang sebelah kanan svina yang mengembalikan aliran darah ke tubuh bagian bawah jantung. Posisi tidur ini juga bisa membantu kerja ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu hamil, sehingga bisa mengurangi terjadinya pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki dan juga tangan.

Tips lain supaya ibu hamil tidur dengan nyaman:

  • Gunakanlah pakaian yang longgar, tidak terlalu panas, dan lembut di kulit. Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat karena bisa menyebabkan tubuh menjadi kurang leluasa bergerak.
  • Jangan mengonsumsi makanan pedas pada malam hari. Makanan pedas merupakan makanan yang berbahaya bagi ibu hamil, ditakutkan akan mengalami diare dan selalu bangun malam sehingga mengganggu tidur dimalan hari.
  • Cobalah untuk merasa rileks selama kehamilan dan buang jauh rasa stress dari pikiran. Rasa rileks dan pikiran yang santai bisa meningkatkan kualitas tidur dimalam hari.
  • Atur asupan nutrisi selama kehamilan. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan protein tinggi bisa memberikan rasa nyaman pada tubuh. Selain itu pada makanan ini juga bisa meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga bisa membuat tidur menjadi lebih nyaman.
  • Sebelum tidur, minumlah segelas susu hangat, hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk tetap nyaman pada saat tidur. Apabila mengalami mual dan muntah, hindari makanan yang bisa menjadi pemicunya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Sleeping On Stomach During Pregnant http://www.newkidscenter.com/Sleeping-On-Stomach-During-Pregnant.html Diakses pada 1 Februari 2017

Positioning While Sleeping http://www.webmd.com/baby/positioning-while-sleeping Diakses pada 1 Februari 2017

Sleeping Positioning During Pregnancy http://americanpregnancy.org/pregnancy-health/sleeping-positions-during-pregnancy/ Diakses pada 1 Februari 2017

Foto Penulis
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 10/02/2017
x