Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Kenapa Ibu Hamil Lebih Baik Tidur Menyamping?

Kenapa Ibu Hamil Lebih Baik Tidur Menyamping?

Bukan cuma asupan nutrisi yang perlu diatur, posisi tidur selama masa kehamilan juga perlu diperhatikan. Tidur miring ke kiri disebut-sebut sebagai posisi tidur terbaik saat hamil. Mengapa demikian? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini.

Kenapa ibu hamil lebih baik tidur miring?

Tidur tengkurap dianggap kurang baik bagi ibu hamil. Namun, posisi telentang dan menyamping ke kanan juga sama tidak baiknya Banyak ahli kesehatan yang menyarankan bahwa ibu hamil sebaiknya tidur miring ke kiri.

Nyatanya, tidur miring ke kanan saat hamil akan menekan pembuluh vena cava inferior (IVC) yang berada di sisi kanan tulang belakang. Pembuluh vena cava inferior bertanggung jawab untuk mengalirkan darah dari kaki kembali ke jantung.

“Jika ibu hamil tidur telentang, janin akan menekan IVC sehingga mengurangi jumlah darah yang seharusnya kembali ke jantung”, jelas Dr. Grace Pien, asisten dosen di Fakultas Kedokteran John Hopkins University, seperti dikutip dari Live Science.

IVC yang tertekan membuat darah tidak bisa mengalir lancar sehingga asupan oksigen serta makanan untuk ibu dan janin tidak optimal. Kondisi ini bisa menyebabkan masalah tekanan darah, pernapasan, dan kematian. Posisi tidur ini sangat berisiko bila dilakukan wanita hamil dengan asma atau sleep apnea.

Sebuah studi yang diterbitkan pada British Journal of Obstetrics and Gynecology (BJOG) menunjukkan bahwa ibu hamil yang tidur telentang 2,3 kali lebih mungkin mengalami bayi still birth (bayi mati dalam kandungan).

Saat hamil, lebih baik tidur miring ke kanan atau kiri?

posisi tidur ibu hamil
Sumber: Fits Mom

Jika tidur miring lebih baik daripada telentang saat hamil, sebaiknya ke arah mana? Sebuah studi yang diterbitkan pada British Medical Journal tahun 2015, menunjukkan bahwa tidur miring ke kanan juga meningkatkan risiko kecil still birth dibanding menyamping ke kiri. Sayangnya, penelitian ini masih perlu dilakukan lebih dalam.

Jadi, ibu hamil boleh berganti posisi tidur miring ke kiri. Ini mendukung kenyamanan saat tidur dan mencegah kram atau pegal saat bangun akibat posisi yang sama dalam waktu lama.

health-tool-icon

Penambahan Berat Badan Kehamilan

Perhitungan ini dapat digunakan untuk perempuan yang ingin melihat kisaran kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan berdasarkan berat badan mereka sebelum hamil.

28
Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Why Are Pregnant Women Told to Sleep on Their Left Side? https://www.livescience.com/63375-why-sleep-left-side-pregnant.html. Diakses pada 11 Oktober 2018.

Women advised to sleep on side to help prevent stillbirthhttps://www.bbc.com/news/health-42025835.  Diakses pada 11 Oktober 2018.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 16/08/2021
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team