home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenapa Ibu Hamil Lebih Baik Tidur Menyamping?

Kenapa Ibu Hamil Lebih Baik Tidur Menyamping?

Bukan cuma asupan nutrisi yang perlu diatur, posisi tidur selama masa kehamilan juga perlu diperhatikan. Tidur miring ke kiri disebut-sebut sebagai posisi tidur terbaik saat hamil. Mengapa demikian? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini.

Kenapa ibu hamil lebih baik tidur miring?

Tidur tengkurap dianggap kurang baik bagi ibu hamil. Namun, posisi telentang dan menyamping ke kanan juga sama tidak baiknya Banyak ahli kesehatan yang menyarankan bahwa ibu hamil sebaiknya tidur miring ke kiri.

Nyatanya, tidur miring ke kanan saat hamil akan menekan pembuluh vena cava inferior (IVC) yang berada di sisi kanan tulang belakang. Pembuluh vena cava inferior bertanggung jawab untuk mengalirkan darah dari kaki kembali ke jantung.

“Jika ibu hamil tidur telentang, janin akan menekan IVC sehingga mengurangi jumlah darah yang seharusnya kembali ke jantung”, jelas Dr. Grace Pien, asisten dosen di Fakultas Kedokteran John Hopkins University, seperti dikutip dari Live Science.

IVC yang tertekan membuat darah tidak bisa mengalir lancar sehingga asupan oksigen serta makanan untuk ibu dan janin tidak optimal. Kondisi ini bisa menyebabkan masalah tekanan darah, pernapasan, dan kematian. Posisi tidur ini sangat berisiko bila dilakukan wanita hamil dengan asma atau sleep apnea.

Sebuah studi yang diterbitkan pada British Journal of Obstetrics and Gynecology (BJOG) menunjukkan bahwa ibu hamil yang tidur telentang 2,3 kali lebih mungkin mengalami bayi still birth (bayi mati dalam kandungan).

Saat hamil, lebih baik tidur miring ke kanan atau kiri?

posisi tidur ibu hamil
Sumber: Fits Mom

Jika tidur miring lebih baik daripada telentang saat hamil, sebaiknya ke arah mana? Sebuah studi yang diterbitkan pada British Medical Journal tahun 2015, menunjukkan bahwa tidur miring ke kanan juga meningkatkan risiko kecil still birth dibanding menyamping ke kiri. Sayangnya, penelitian ini masih perlu dilakukan lebih dalam.

Jadi, ibu hamil boleh berganti posisi tidur miring ke kiri. Ini mendukung kenyamanan saat tidur dan mencegah kram atau pegal saat bangun akibat posisi yang sama dalam waktu lama.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Why Are Pregnant Women Told to Sleep on Their Left Side? https://www.livescience.com/63375-why-sleep-left-side-pregnant.html. Diakses pada 11 Oktober 2018.

Women advised to sleep on side to help prevent stillbirthhttps://www.bbc.com/news/health-42025835.  Diakses pada 11 Oktober 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 19/10/2018
x