Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ibu Makan Pedas saat Hamil, Boleh atau Tidak? Ini Jawabannya!

Ibu Makan Pedas saat Hamil, Boleh atau Tidak? Ini Jawabannya!

Wajar bagi para wanita pada masa kehamilan menjadi ekstra hati-hati soal makanan. Di sisi lain, ibu hamil punya banyak keinginan atau ngidam seperti makan makanan pedas. Namun, ada yang bilang bahwa makan pedas saat hamil bisa memicu komplikasi kehamilan. Sebenarnya, bolehkah ibu hamil makan pedas? Simak penjelasan lengkapnya.

Bolehkah ibu makan pedas saat hamil?

makan pedas saat hamil

Mengutip American Pregnancy Association, ibu perlu melakukan penyesuaian makan untuk memastikan nutrisi dan gizi saat hamil tercukupi.

Memilih makanan yang baik untuk ibu hamil perlu Anda lakukan agar selama kehamilan, pertumbuhan dan perkembangan janin tetap terjaga.

Dalam mengonsumsi asupan makanan, ada sebagian wanita yang khawatir untuk makan makanan pedas saat hamil.

Padahal, makanan pedas tidak masuk ke dalam daftar makanan yang harus dihindari saat hamil. Maka dari itu, sebenarnya boleh saja untuk ibu hamil yang ingin makan pedas.

Ditambah lagi, belum ada bukti medis yang mendukung klaim bahwa makan pedas saat hamil bisa menyebabkan ibu melahirkan prematur atau jadi keguguran.

Mitos yang menyebutkan bahwa makan makanan pedas saat hamil tua dapat mempercepat proses persalinan juga tidak terbukti benar.

Konsumsi makanan pedas selama kehamilan kemungkinan besar tidak akan memengaruhi kesehatan bayi dalam kandungan.

Akan tetapi, makanan pedas dapat memengaruhi kondisi ibu hamil selama mengandung, terutama jika sebelumnya tidak terbiasa makan pedas.

Apakah makan pedas saat hamil memengaruhi bayi?

Pada trimester kedua usia kehamilan, ada kemungkinan indera perasa bayi dalam kandungan telah berkembang sehingga ia suda bisa mencicipi perbedaan rasa dari makanan yang ibu konsumsi.

Melalui cairan ketuban, kungkinan bayi ikut merasakan manis, asam, pahit, dan juga pedas. Tak perlu khawatir berlebihan karena belum ada peneliatian yang membuktikan bahwa ini berbahaya.

Makanan pedas tidak membahayakan perkembangan bayi dalam kandungan. Kemungkinan, justru membantu mengembangkan toleransi indera pengecap saat ia besar nanti.

Efek makan pedas saat hamil

makan pedas saat hamil

Seperti penjelasan di atas, ibu hamil boleh makan pedas, tetapi Anda perlu membatasinya agar tidak berlebihan sehingga tidak memicu masalah kesehatan lainnya.

Berikut adalah beberapa efek dari makan pedas saat hamil yang mungkin saja terjadi, di antaranya adalah:

1. Merasakan heartburn

Gangguan pencernaan seperti heartburn, sensasi perih dan terasa panas akibat asam lambung tergolong umum terjadi pada masa kehamilan.

Kondisi ini juga bisa terjadi karena efek dari terlalu banyak makan pedas saat hamil. Apalagi, kalau ibu sebelumnya tak terbiasa makan pedas.

Tak hanya itu saja, hormon progesteron juga memicu kondisi ini karena memperlambat proses pencernaan sehingga membuat makanan lebih lama berada dalam perut.

Heartburn pada ibu hamil bisa terjadi pada setiap trimester kehamilan, tetapi paling sering terjadi pada akhir trimester karena posisi bayi.

2. Memicu sakit perut

Terlalu banyak makan makanan pedas dapat memicu sakit perut, termasuk pada ibu hamil. Apalagi makanan pedas juga bisa menghasilkan gas sehingga perut terasa lebih kembung.

Jika Anda sebelumnya pernah mengidap penyakit radang usus, sebaiknya lebih berhati-hati saat makan pedas berlebihan karena berisiko megalami komplikasi kehamilan.

Namun, perlu Anda ingat pula bahwa sebagian besar wanita dengan penyakit radang usus pun mengalami kehamilan serta melahirkan bayi yang sehat pula.

3. Morning sickness

Ini adalah kondisi rasa mual yang muncul pada wanita hamil terutama di pagi hari. Anda juga perlu berhati-hati karena makan pedas juga bisa memicu morning sickness.

Perubahan kadar hormon pada masa kehamilan umumnya mengakibatkan rasa mual, muntah, hingga sakit perut.

Maka dari itu, kenali perubahan yang mungkin terjadi karena rasa tertentu seperti makanan pedas juga dapat memicu serta memperburuk morning sickness.

Tips makan pedas untuk ibu hamil

Perlu Anda ingat bahwa ketika Anda tidak mempunyai kondisi kesehatan tertentu, ibu diperbolehkan untuk makan pedas saat hamil.

Namun, jangan lupa untuk memperhatikan serta mengonsumsi beragam jenis makanan sehat. Pola makan seimbang selama kehamilan tergolong penting untuk memastikan Anda dan bayi mendapatkan nutrisi yang penting.

Saat ingin mengonsumsi makanan pedas, coba untuk mempersiapkan segelas susu untuk membantu meminimalisir asam lambung yang membuat mual.

Satu sendok makan madu juga dapat membantu mencegah maag setelah makan hidangan pedas.

Apabila tidak yakin dengan efek makanan pedas pada tubuh Anda, icip dahulu beberapa sendok dan tunggu reaksinya sebelum makan seporsi utuh.

Tidak semua wanita akan merasakan efek ketika mengonsumsi makanan pedas. Sebagian ibu hamil bisa makan pedas dengan nyaman.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Does Eating Spicy Foods While Pregnant Affect Baby? http://www.livestrong.com/article/470774-does-eating-spicy-foods-while-pregnant-affect-baby/ accessed Jan 30 2017

Is it safe to eat spicy foods during pregnancy? http://www.babycenter.com/404_is-it-safe-to-eat-spicy-foods-during-pregnancy_1246919.bc accessed Jan 30 2017

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 11/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x