home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Makan Pedas Saat Hamil Picu Keguguran?

Benarkah Makan Pedas Saat Hamil Picu Keguguran?

Wajar bagi seorang calon ibu untuk ekstra hati-hati, terutama soal makanan. Di sisi lain, ibu hamil punya banyak keinginan ngidam. Ngidam makan makanan pedas salah satunya. Namun, ada yang bilang bahwa makan pedas saat hamil bisa memicu keguguran. Apa benar demikian?

Makan pedas saat hamil, benarkah picu keguguran?

Pakar kesehatan sepakat bahwa makan pedas pada ibu hamil aman untuk dilakukan. Makanan pedas tidak akan membahayakan tumbuh kembang bayi dalam kandungan, dan mungkin justru membantu mengembangkan toleransi indera pengecap yang lebih kaya saat ia besar nanti.

Ditambah lagi, tidak ada bukti medis yang mendukung klaim bahwa makan pedas saat hamil bisa menyebabkan ibu melahirkan prematur atau jadi keguguran.

Mitos yang menyebutkan bahwa makan makanan pedas saat hamil tua dapat mempercepat proses persalinan juga tidak terbukti benar.

Konsumsi makanan pedas selama kehamilan tidak akan memengaruhi kesehatan bayi, namun makanan pedas dapat memengaruhi kondisi Anda selama mengandung, terutama jika Anda sebelumnya tidak terbiasa makan pedas.

Makanan pedas mungkin menimbulkan masalah pencernaan pada ibu hamil

Meski aman, namun makan pedas pada ibu hamil dapat memicu masalah pencernaan dan asam lambung naik (heartburn), dua masalah umum selama bulan-bulan akhir kehamilan. Makanan pedas juga mungkin memperburuk morning sickness pada beberapa ibu yang sensitif terhadap rempah-rempah tertentu.

Ibu hamil boleh-boleh saja makan pedas. Namun, hal ini bisa menyebabkan perut Anda jadi tidak nyaman, tak apa untuk menghindarinya.

Sebaiknya fokuskan untuk mengonsumsi beragam jenis makanan sehat sebagai bagian dari pola makan seimbang selama kehamilan untuk memastikan Anda dan bayi Anda menerima nutrisi yang Anda butuhkan.

Jika Anda kekeuh untuk makan pedas selama masa kehamilan, pasangkan menu makanan pedas Anda dengan segelas susu untuk membantu meminimalisir kenaikan asam lambung yang bikin mual. Sesendok makan madu juga dapat membantu mencegah maag setelah makan hidangan pedas.

Jika Anda tidak yakin tentang efek dari makanan pedas pada tubuh Anda, icip dahulu beberapa sendok dan tunggu reaksinya sebelum makan seporsi utuh.

Namun demikian, perlu diingat bahwa tak semua ibu hamil akan menemui masalah yang sama ketika mengonsumsi makanan pedas. Sebagian ibu hamil bisa makan pedas tanpa kesulitan sama sekali, namun sebagian lagi merasakan efek yang dapat membuat tidak nyaman.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Does Eating Spicy Foods While Pregnant Affect Baby? http://www.livestrong.com/article/470774-does-eating-spicy-foods-while-pregnant-affect-baby/ accessed Jan 30 2017

Is it safe to eat spicy foods during pregnancy? http://www.babycenter.com/404_is-it-safe-to-eat-spicy-foods-during-pregnancy_1246919.bc accessed Jan 30 2017

Foto Penulis
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal diperbarui 04/11/2020
x