backup og meta
Kategori

1

Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

10 Merk Suplemen Kalsium Terbaik untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 26/06/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

    10 Merk Suplemen Kalsium Terbaik untuk Ibu Hamil

    Ibu hamil sering kali perlu mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang meningkat. Namun, dengan banyaknya merek suplemen kalsium untuk ibu hamil, Anda mungkin memerlukan rekomendasi agar bisa memilih yang terbaik.

    Pentingnya suplemen kalsium untuk ibu hamil

    folamil genio suplemen

    Kebutuhan kalsium harian ibu hamil menurut World Health Organization (WHO) adalah 1.200 mg per hari. Untuk memenuhinya, ibu bisa mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan tambahan suplemen.

    Jika kebutuhan kalsium pada ibu hamil tidak terpenuhi, risiko terjadinya komplikasi kehamilan berupa hipertensi gestasional dan preeklampsia dapat meningkat.

    Selain itu, kekurangan kalsium selama kehamilan juga dapat menghambat perkembangan janin dan meningkatkan risiko bayi lahir prematur.

    Meski menjadi salah satu suplemen prenatal yang kerap dibutuhkan, pastikan Anda selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memilih merk suplemen kalsium bagi ibu hamil.

    10 rekomendasi merk suplemen kalsium untuk ibu hamil

    Jika ibu merasa membutuhkan tambahan asupan kalsium, beberapa merk suplemen berikut bisa menjadi pertimbangan. 

    1. Osfit Platinum

    Multivitamin dari Kalbe Farma ini mengandung kalsium karbonat 250 mg yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil sejak awal masa kehamilan, pascapersalinan, hingga menyusui.

    Namun, Osfit Platinum tidak disarankan untuk ibu hamil yang mengalami transfusi darah berulang atau anemia yang bukan akibat kekurangan zat besi.

    Multivitamin yang disarankan untuk diminum sekali sehari sesudah makan ini juga mengandung 10 macam vitamin, lima mineral, dan omega-3 yang dibutuhkan ibu hamil.

    Nomor registrasi BPOM: SD201356101

    2. Cal-95

    Rekomendasi merek suplemen kalsium yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya adalah Cal-95. Dalam satu kaplet Cal-95, terdapat 500 mg kalsium.

    Produk ini juga dilengkapi dengan berbagai mineral dan vitamin D3 yang menunjang perkembangan janin. Cal-95 juga mengandung isoflavon yang memiliki struktur dan fungsi seperti hormon estrogen.

    Hormon estrogen berperan penting untuk mencegah osteoporosis pada ibu. Suplemen ini juga dapat digunakan untuk meringankan gejala menopause.

    Nomor registrasi BPOM: SD041516641

    3. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

    Merk suplemen untuk ibu hamil satu ini mengandung 20 zat gizi penting yang dibutuhkan selama kehamilan, termasuk kalsium, asam folat, dan vitamin D.

    Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold juga dipercaya telah diformulasikan khusus sehingga dapat mendukung perkembangan bayi pada 1.000 hari pertama kehidupan.

    Salah satu keunggulan merk suplemen kalsium ini adalah kandungan zat besinya yang berbentuk fumarate tidak menyebabkan sembelit pada ibu hamil.

    Nomor registrasi BPOM: SI174307791

    4. CDR Sweet Orange Tablet Effervescent

    Suplemen berbentuk tablet effervescent yang mudah larut dalam air ini mengandung 250 mg kalsium dalam bentuk kalsium karbonat sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan zat gizi ibu hamil.

    Vitamin C yang menjadi salah satu kandungan utama produk ini juga akan membantu pembentukan kulit yang sehat pada janin. Sistem kekebalan tubuh ibu pun akan semakin terjaga selama kehamilan.

    Sebelum minum CDR, pastikan ibu telah mendapat persetujuan dari dokter karena produk ini mengandung sukralosa dan asesulfam K yang merupakan pemanis buatan.

    Nomor registrasi BPOM: SD191554541

    5. Zedcal Forte

    Suplemen dalam bentuk tablet ini dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium untuk anak-anak, ibu hamil, hingga orang tua yang tengah memasuki masa menopause. 

    Dengan kombinasi antara magnesium, seng, dan vitamin D3, Zedcal Forte akan membantu penyerapan kalsium sehingga dapat menurunkan risiko pengeroposan tulang dan memelihara kesehatan gigi.

    Dosis yang direkomendasikan untuk Zedcal Forte adalah satu tablet per hari setelah makan. Usahakan untuk minum suplemen tanpa bantuan teh atau kopi.

    Nomor registrasi BPOM: SD181551791E

    6. Bio Cal-95

    Produk suplemen dari Good Life ini diklaim dapat mengatasi kekurangan kalsium pada anak-anak, ibu hamil, hingga ibu menyusui.

    Selain itu, Biocal-95 juga dapat dijadikan sebagai terapi suportif untuk penyembuhan osteoporosis yang disebabkan oleh menopause, senilis, atau gastrektomi.

    Namun, Biocal-95 tidak disarankan untuk ibu hamil yang memiliki gangguan ginjal atau sedang dalam masa terapi antikoagulan. 

    Nomor registrasi BPOM: SD091536151

    7. Mega We Care Calcium-D

    Suplemen yang diperkaya dengan 1.500 mg kalsium karbonat dan vitamin D3 ini akan membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D selama kehamilan.

    Kalsium karbonat nantinya akan bekerja secara lebih efektif dalam mencegah osteoporosis yang semakin mungkin terjadi saat hamil.

    Dengan memenuhi kalsium selama kehamilan, ibu juga dapat terhindar dari preeklampsia. Selain itu, perkembangan janin juga akan ikut terjaga.

    Nomor registrasi BPOM: SI034306521

    8. Formical-B

    Satu lagi rekomendasi suplemen kalsium yang bagus untuk ibu hamil ialah Formical-B. Satu kapletnya dapat memenuhi sekitar 1/4 kebutuhan kalsium harian Anda.

    Suplemen ini juga dilengkapi dengan vitamin D3, magnesium, dan zinc yang akan membantu proses penyerapan kalsium di dalam tubuh.

    Meski begitu, Formical-B tidak disarankan untuk ibu hamil yang memiliki hipersensitivitas terhadap vitamin D3, hiperkalemia, dan gangguan ginjal.

    Nomor registrasi BPOM: SD191554591

    9. Cataro Tablet Effervescent

    Setiap tablet suplemen dari Cataro mengandung 546 mg microencapsulated tricalcium phosphate  yang setara dengan 200 mg kalsium.

    Sama seperti CDR, ibu bisa mengonsumsi Cataro Tablet Effervescent dengan melarutkannya bersama air.

    Jadi, produk ini cocok untuk ibu hamil yang tidak bisa menelan suplemen kalsium dalam bentuk pil atau tablet.

    Selain kalsium, merek suplemen satu ini juga diperkaya dengan kandungan vitamin C, vitamin D3, dan vitamin D6 selama kehamilan.

    Nomor registrasi BPOM: SD111541511

    10. Cavit D3

    Dengan kandungan 500 mg kalsium hidrogen fosfat, suplemen Cavit D3 dapat membantu memenuhi hampir setengah kebutuhan kalsium harian ibu hamil.

    Kandungan kalsium yang tinggi tersebut juga dapat membantu mencegah osteoporosis akibat hilangnya kalsium dari tubuh ibu, terutama saat hamil dan menyusui.

    Akan tetapi, pastikan ibu mengonsumsinya atas persetujuan dari dokter kandungan. Hindari suplemen ini jika ibu:

    • memiliki hipersensitivitas terhadap vitamin D3,
    • memiliki kadar kalsium yang tinggi dalam darah (hiperkalsemia) atau urine (hiperkalsiuria), serta
    • mengidap gangguan ginjal.

    Nomor registrasi BPOM: SD021520071

    Itulah beberapa rekomendasi suplemen kalsium yang bagus untuk ibu hamil. Sebelum mengonsumsinya, jangan lupa berkonsultasilah kepada dokter kandungan terlebih dulu untuk menentukan dosisnya.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 26/06/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan