home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Cara Mengatasi Puting Gatal Saat Hamil

Cara Mengatasi Puting Gatal Saat Hamil

Saat hamil, terjadi banyak perubahan pada tubuh ibu, tak terkecuali perubahan pada payudara ibu. Ukuran dan bentuk payudara menjadi lebih besar untuk mempersiapkan tubuh ibu dalam pemberian ASI kepada bayinya. Payudara yang membesar ini membuat kulit payudara ibu tertarik dan melebar, sehingga dapat menyebabkan gatal pada puting dan payudara. Puting gatal saat hamil mungkin merupakan masalah kecil, namun tentu ini 4 Masalah yang Sering Terjadi Saat Sedang Hamil Muda, terlebih lagi jika sedang berada di tempat umum.

Bagaimana cara mengatasi puting gatal saat hamil?

Tenang, ibu hamil tidak perlu khawatir jika mengalami puting gatal. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi puting gatal saat hamil, yaitu:

1. Gunakan lotion

Dalam lotion, terkandung vitamin E, cocoa butter, lidah buaya, dan lanolin. Kandungan ini dapat mengurangi rasa gatal pada puting Anda. Anda bisa mengoleskan lotion ke puting payudara Anda setiap pagi dan malam hari sebelum tidur untuk mengurangi rasa gatal. Namun, jangan menggunakan lotion yang mengandung alkohol atau pewangi. Alkohol atau pewangi dapat membuat kulit Anda kering. Kulit yang kering akan lebih mudah untuk menjadi gatal.

2. Gunakan pelembab

Pelembab dapat menjaga kulit di sekitar puting Anda tetap lembab, sehingga mencegah kulit menjadi kering. Gatal biasanya disebabkan oleh kulit yang kering selama kehamilan. Gunakan pelembab pada waktu yang tepat, yaitu setelah Anda mandi. Anda bisa memakai pelembab pada pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Hal ini dapat membantu mengunci kelembaban kulit Anda sepanjang hari dan menjaga kulit Anda tetap halus.

3. Gunakan petroleum jelly

Petroleum jelly dapat menambah kelembaban ekstra pada kulit puting Anda. Bahkan, fungsi kelembaban yang diberikan oleh petroleum jelly bisa melebihi lotion. Hal ini tentu dapat membantu Anda mengurangi rasa gatal. Anda bisa mengoleskan petroleum jelly sambil memijat payudara Anda dengan lembut beberapa kali dalam sehari. Anda juga disarankan untuk menggunakan petroleum jelly setelah menggunakan pelembab. Hal ini untuk memastikan kulit Anda tetap lembab dan tidak kering.

4. Hindari sabun, detergen, dan parfum yang bersifat keras dengan aroma kuat

Memakai sabun, detergen, atau parfum dan wewangian lain dapat memicu gatal pada kulit Anda. Hal ini bisa terjadi karena kulit Anda menjadi lebih sensitif saat hamil. Oleh karena itu, jika puting Anda gatal saat hamil, sebaiknya gunakan detergen tanpa pewangi, sabun tanpa pewangi, serta sebaiknya tidak menggunakan parfum.

5. Menggunakan bra menyusui

Saat hamil, pastinya Anda mengalami perubahan pada ukuran payudara. Ukuran payudara Anda menjadi tambah besar, sehingga Anda mungkin perlu untuk mengganti ukuran bra Anda menjadi yang lebih sesuai. Bra yang terlalu ketat dapat menyebabkan gesekan pada kulit dan mengiritasi puting payudara Anda. Hal ini kemudian dapat mengakibatkan gatal.

Keringat yang keluar juga dapat terperangkap dalam bra, sehingga dapat menyebabkan gatal-gatal. Oleh karena itu, jika Anda merasa ukuran bra Anda sudah tidak sesuai, sebaiknya cari ukuran bra yang lebih besar. Anda juga perlu mencari bra khusus menyusui, sehingga bisa Anda pakai selepas Anda melahirkan.

Cara lain untuk mengatasi puting gatal

Selain itu, beberapa cara tambahan yang juga bisa Anda lakukan untuk mencegah puting gatal adalah:

  • Mengoleskan minyak zaitun atau cocoa butter ke puting payudara Anda untuk memberi kelembaban pada kulit.
  • Hindari pemakaian baju yang ketat karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Sebaiknya gunakan baju yang longgar dan terbuat dari bahan katun. Baju ini dapat membantu menyerap keringat dan mencegah gatal pada kulit. Baju yang longgar juga terlihat lebih nyaman dipakai oleh ibu hamil.
  • Minum banyak air untuk menjaga hidrasi tubuh, terutama jika Anda merasa kulit Anda kering.
  • Menjaga kebersihan diri dan juga kebersihan payudara Anda. Hal ini dilakukan untuk mencegah infeksi jamur dan bakteri yang bisa menyebabkan puting gatal.

BACA JUGA:

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

New Health Advisor. How to Deal with Itchy Breasts During Pregnancy. [online] Available at: http://www.newhealthadvisor.com/Itchy-Breasts-During-Pregnancy.html [Accessed 19 Jan. 2017].

New Kids Center. Itchy Nipples During Pregnancy – New Kids Center. [online] Available at: http://www.newkidscenter.com/Itchy-Nipples-During-Pregnancy.html [Accessed 19 Jan. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal diperbarui 25/01/2017
x