home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Cara Jitu Mengatasi Rasa Gatal Saat Hamil Akibat Penyakit Prurigo

6 Cara Jitu Mengatasi Rasa Gatal Saat Hamil Akibat Penyakit Prurigo

Apakah pernah merasa gatal saat hamil, hingga timbul bentol merah seperti digigit serangga? Mungkin Anda mengalami prurigo. Prurigo adalah kondisi munculnya bintil-bintil di beberapa bagian tubuh dan terasa sangat gatal.

Hal tersebut bisa saja terjadi pada ibu hamil yang sedang mengalami perubahan hormon dan sistem imun. Faktanya, satu dari 300 ibu mengalami gatal saat hamil akibat prurigo. Prurigo bisa terjadi hingga berbulan-bulan bahkan mungkin berlanjut setelah Anda melahirkan. Lantas, bagaimana mengatasi gatal saat hamil yang disebabkan prurigo ini?

Bagaimana cara mengatasi gatal saat hamil akibat prurigo?

Gatal saat hamil yang disebabkan oleh prurigo akan sangat mengganggu dan menghambat aktivitas Anda. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk membantu meringankan gejala prurigo saat hamil.

  • Jika rasa gatal muncul, jangan digaruk. Menggaruk hanya akan membuat kulit iritasi dan akhirnya makin gatal. Kompres daerah yang gatal dengan es batu atau air dingin.
  • Kenakan pakaian yang longgar. Pakaian ketat akan memperparah sensasi gatalnya karena memerangkap keringat sehingga justru menimbulkan iritasi kulit akibat gesekan dengan bahan pakaian.
  • Hindari pakaian yang berbahan sintetis. Bahan sintetis seperti polyester atau rayon tidak menyerap keringat. Gunakan pakaian berbahan katun yang adem dan menyerap keringat.
  • Mandi air dingin. Mandi air hangat justru membuat kulit Anda menjadi lebih kering, sehingga Anda akan lebih mudah gatal.
  • Hindari keluar rumah saat cuaca sedang panas.Panas dari sinar matahari dapat membuat kulit Anda jadi lebih kering. Sinar ultraviolet dari matahari juga dapat memicu timbulnya ruam pada kulit yang kering.
  • Oleskan losion calamine atau pelembab kulit biasa (yang tanpa pewangi) beberapa kali sehari untuk mengurangi rasa gatal. Hindari produk pelembap yang mengandung urea, minyak esensial, asam salisilat, atau retinoid. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda sebelum menggunakannya.

Jika cara-cara di atas kurang efektif, sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter. Dokter umumnya akan memberikan obat steroid oles berupa salep, krim, atau gel maupun obat antihistamin yang diminum untuk meredakan gatal saat hamil akibat prurigo. Dokter juga mungkin akan meresepkan obat ciclosporin untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Which skin conditions occur during pregnancy? https://www.medicalnewstoday.com/articles/305605.php diakses 18 September 2018.

How To Treat Itchy Skin Naturally During Pregnancy http://americanpregnancy.org/naturally/treat-itchy-skin-naturally-pregnancy/ diakses 18 September 2018.

Prurigo https://www.dermnetnz.org/topics/prurigo/ diakses 18 September 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 28/09/2018
x