home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

9 Aturan Penting Dalam Memilih, Memakai, dan Menyimpan Bra

9 Aturan Penting Dalam Memilih, Memakai, dan Menyimpan Bra

Banyak perempuan yang sering kali salah dalam memilih dan memakai bra, padahal bra adalah pakaian yang dipakai sehari-hari. Kesalahan dalam memilih dan memakai bra ternyata dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Berikut adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh perempuan dalam hal pemilihan dan pemakaian bra.

1. Memilih bra hanya berdasarkan ukuran cup

Mungkin Anda membeli dan memilih bra sesuai dengan ukuran payudara, sehingga Anda kemudian menentukan bra berdasarkan ukuran cup-nya. Namun sebenarnya, ukuran lingkar dada juga penting. Ada bra yang ukuran cup-nya cocok dengan Anda namun tidak pas pada lingkar dada, entah itu kebesaran atau kekecilan. Contohnya, ada bra yang berukuran B namun lingkar dadanya berukuran A.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memilih bra yang sesuai dengan lingkar dada Anda, sehingga membuat Anda nyaman memakainya dan menghindarkan dari iritasi yang dapat terjadi jika memakai bra yang lingkar dadanya lebih kecil daripada lingkar dada Anda.

2. Saat mencoba bra, kaitkan dengan ketat

Ketika Anda mengukur lingkar dada dengan bra yang ingin dibeli, maka sebaiknya Anda mencoba mengaitkannya pada kaitan yang paling luar. Hal ini disebabkan karena bra akan memelar kira-kira 3 inci selama Anda memakainya. Ketika bra sudah memelar, maka barulah Anda mengaitkan bra pada kaitan yang paling terdalam.

3. Menentukan cup yang sesuai

Jika Anda memakai bra dan kemudian ada bagian payudara Anda yang terlihat menyembul, maka cup tersebut masih tergolong kecil untuk Anda. Pilihlah cup yang tepat, sehingga ketika dipakai terasa penuh tanpa ada bagian yang terlihat menyembul.

4. Sesuaikan tali bra ketika memakainya

Jika tali bra ketika dipakai malah jatuh ke lengan dan tidak pas dengan ukuran bahu, maka bra tersebut masih terlalu besar untuk Anda. Hindari juga tali bra yang mengikat sangat kencang, karena akan menimbulkan iritasi pada kulit dan menyebabkan nyeri pada punggung.

5. Payudara kecil? Hindari bra berkawat

Kalau bra Anda berukuran kecil, maka lebih baik untuk tidak memilih model bra yang berkawat. Bra berkawat akan tidak nyaman jika dikenakan karena payudara yang disangga berukuran kecil. Sebaliknya, jika Anda memiliki ukuran payudara yang cukup besar, sebaiknya justru memilih bra dengan kawat, karena akan menjaga bentuk payudara Anda.

6. Menyesuaikan model bra dengan pakaian yang akan digunakan

Tentunya pakaian yang akan Anda gunakan menentukan model bra yang akan dipakai. Ketika Anda sedang ingin menghadiri pertemuan penting dan mengharuskan Anda memakai gaun, maka gunakanlah model bra yang tepat sesuai dengan model gaun yang akan digunakan. Jika gaun yang digunakan memiliki model pundak terbuka, sebaiknya Anda memakai model bra tanpa tali. Sedangkan jika Anda menggunakan kaos atau kemeja tipis berwarna putih, maka Anda dapat memilih bra yang berwarna senada dengan baju dan nyaman untuk digunakan.

7. Ganti bra setiap hari

Bra biasanya mudah melar karena bahannya yang elastis. Sehingga, memakai bra berturut-turut akan menyebabkan bra memelar dalam waktu yang singkat sehingga tidak nyaman untuk dipakai. Anda dapat mencuci bra dengan air dingin, untuk membantu bra kembali elastis dan menghindarkan bra memelar dalam waktu yang cepat. Setidaknya Anda harus mempunyai enam atau tujuh buah bra yang dapat Anda pakai bergantian setiap harinya.

8. Hindari memasukkan bra ke pengering (dryer)

Bra yang dicuci kemudian dimasukkan ke dalam pengering, akan cepat rusak dan memelar. Hal ini disebabkan karena bahan bra yang lembut dan elastis tidak tahan panas.

9. Bra dengan busa? Gantung, jangan lipat

Jika Anda memiliki bra yang cup-nya terbuat dari busa, maka lebih baik jika Anda menyimpannya dengan menggunakan gantungan dibandingkan dengan melipatnya menjadi satu, karena akan merusak cup­ bra tersebut.

BACA JUGA:

 

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

10 Bra Mistakes You’re Probably Making (And How To Fix Them). Retrieved from http://www.rd.com/health/beauty/bra-mistakes/ Accessed September 13, 2016

11 Common Bra Mistakes You Make, and How to Fix Them. Retrieved from http://www.huffingtonpost.com/2013/09/05/bra-mistakes-fix_n_3854055.html Accessed September 13, 2016

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 10/11/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
x