home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Aturan Aman Makan Kepiting Saat Hamil

4 Aturan Aman Makan Kepiting Saat Hamil

Apakah boleh makan kepiting saat hamil? Pasti Anda langsung berpikir, apa yang salah dengan makan kepiting saat hamil, bukankah kepiting mengandung nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan bayi? Simak ulasan berikut ini, sebelum Anda makan kepiting.

Apa yang terjadi jika makan kepiting saat hamil?

Wanita hamil sangat membutuhkan nutrisi, tidak hanya untuk ibu hamil, namun juga untuk bayi di dalam kandungan. Ibu hamil harus mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dimakan selama masa kehamilannya. Salah satu nutrisi yang bisa didapatkan oleh ibu hamil adalah makanan laut atau seafood.

Ibu hamil boleh makan kerang, namun harus melalui proses pengolahan yang benar. Ibu hamil juga diperbolehkan makan ikan, dengan catatan ikan yang mengandung merkuri rendah. Lalu bagaimana dengan kepiting?

Menurut Food and Drug Administration Amerika Serikat udang dan kepiting memiliki kandungan merkuri lebih tinggi dibandingkan dengan kerang. Wanita hamil sangat dianjurkan untuk membatasi mengonsumsi kepiting selama masa kehamilan.

Berapa batas konsumsi kepiting saat sedang hamil?

Jumlah yang diperbolehkan adalah 6 ons per minggu atau kurang lebih setara dengan 170 gram. Hal ini untuk menghindari penumpukan merkuri di dalam aliran darah Anda yang bisa masuk ke dalam bayi melalui plasenta. Jika Anda juga sedang berencana hamil, sebaiknya membatasi mengonsumsi makanan laut yang mengandung merkuri tinggi.

Meskipun begitu, FDA memasukkan kepiting dalam kategori aman untuk di konsumsi selama Anda mengikuti aturannya. Kepiting mengandung protein dan omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak janin.

Aturan makan kepiting saat hamil

Anda boleh tetap makan kepiting saat hamil, asal Anda tahu batasan yang dianjurkan. Anda juga harus membersihkan kepiting dengan bersih, dan dimasak sampai dalam kondisi matang. Usahakan makan kepiting segar bukan kepiting beku karena menurut FDA kepiting beku sudah terkontaminasi bakteri listeria. Perhatikan juga tingkat kolestrol dalam tubuh Anda sebelum mengonsumsi kepiting. Makanan laut terkadang tidak direkomendasikan karena beberapa jenis seafood mengandung polutan seperti polychlorinated biphenyls atau PCB, merkuri dan dioksin.

Berikut 4 aturan yang dianjurkan untuk makan kepiting saat hamil agar Anda dan buah hati terhindar dari bahaya.

1. Pilihlah raja kepiting

Raja kepiting paling aman untuk dimakan jika Anda sedang hamil, karena raja kepiting memiliki kandungan merkuri yang paling rendah. Namun, ingat batasannya sebanyak 6 ons atau 170 gram per minggu.

2. Hindari yang mentah

Sangat tidak dianjurkan untuk makan kepiting yang mentah atau setengah matang. Kepiting yang tidak dimasak dengan baik, sangat besar kemungkinannya mengandung bakteri atau parasit yang berbahaya.

3. Jangan pilih produk beku

Menurut Universitas Negeri Colorado, kepiting yang dibekukan sudah terkontaminasi oleh bakteri listeria. Bakteri ini berbahaya untuk perkembangan janin.

4. Pastikan higienis

Anda tentu harus mencuci kepiting sebelum dimasak dengan cara yang benar hingga bersih. Hal ini juga berlaku untuk alat masak dan alat makan yang Anda gunakan untuk memasak dan makan kepiting.

Makan kepiting saat hamil memang tidak dilarang. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Can pregnant women eat crab or lobster?. http://www.obfocus.com/questions/Can%20Pregnant%20Women%20Eat%20Crab.htm. Accessed 01/02/2017.

Can Pregnant Women Eat Crab?. http://www.healthline.com/health/pregnancy/crab-and-seafood. Accessed 01/02/2017. Is It Safe To Eat Crab During Pregnancy?.

http://www.momjunction.com/articles/crab-during-pregnancy_00367098/#gref. Accessed 01/02/2017.

Foto Penulis
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari
Tanggal diperbarui 13/02/2017
x