backup og meta
Kategori
Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi
Konten

Apakah Makan Jamur Saat Hamil Aman untuk Ibu dan Janin?

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

Apakah Makan Jamur Saat Hamil Aman untuk Ibu dan Janin?

Kehamilan bisa membuat Anda ngidam banyak makanan, salah satunya jamur. Hal yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah, “Apakah boleh makan jamur saat hamil?” Adakah manfaat jamur untuk kesehatan ibu dan janin? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Bolehkah ibu hamil makan jamur?

Ibu perlu lebih jeli memilah makanan saat hamil, terutama mana yang boleh dan tidak boleh. Pasalnya, pemilihan makanan yang tepat adalah kunci dari kehamilan yang sehat.

Bagi penyuka hidangan jamur yang sedang hamil, berbahagialah! Sebab, Anda boleh makan jamur saat hamil.

Jamur kaya akan zat gizi penting untuk ibu hamil, seperti protein, serat, beragam vitamin, serta mineral berupa kalsium, magnesium, fosfor, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, zat gizi yang terkandung dalam jamur ini juga mampu mendukung perkembangan janin dalam kandungan.

Manfaat jamur untuk ibu hamil dan janin

diet jamur

Jamur merupakan makanan yang padat gizi sehingga dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan janin.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan bila makan jamur saat hamil.

1. Mendukung perkembangan otak dan saraf janin

Jamur kaya kandungan vitamin B kompleks, termasuk tiamin (B1), riboflavin (B2), niasin (B3), asam pantotenat (B5), piridoksin (B6), dan folat (B9).

Semua vitamin B ini bermanfaat untuk perkembangan janin dalam kandungan. Vitamin B1, B3, B6, dan B9 dapat mendukung perkembangan otak bayi.

Vitamin B2 dapat membantu membentuk saraf, otot, dan tulang bayi yang kuat, sedangkan vitamin B5 membantu mengatur berbagai aktivitas metabolisme tubuh.

Menyantap makanan mengandung folat juga dapat membantu mencegah bayi cacat lahir, terutama yang terkait dengan sistem saraf seperti anensefali.

2. Meningkatkan stamina ibu hamil

Kandungan vitamin B kompleks dalam jamur yang Anda makan bisa membantu meningkatkan stamina saat hamil.

Ini penting mengingat kelelahan saat hamil sering terjadi ketika ibu memasuki trimester pertama dan ketiga.

Tidak hanya itu, vitamin B kompleks dalam jamur juga membantu meredakan mual dan muntah saat hamil, mengatasi migrain, serta membantu pelepasan hormon penghilang stres.

3. Membantu pertumbuhan gigi dan tulang bayi

Vitamin B2 dan vitamin D dalam jamur diperlukan dalam pembentukan tulang dan gigi janin. Peran keduanya dalam proses ini adalah membantu penyerapan kalsium.

Kekurangan vitamin D selama masa kehamilan dapat meningkatkan risiko rakitis atau penyakit tulang lunak pada bayi.

Oleh sebab itu, perkembangan tulang dan gigi perlu dijaga sejak janin masih berada di dalam kandungan.

Vitamin D juga bermanfaat untuk ibu hamil. Asupan vitamin D dapat membantu mengurangi risiko preeklampsia dan infeksi selama kehamilan.

4. Mencegah anemia pada ibu hamil

manfaat makan kepiting saat hamil

Sangat penting untuk menjaga asupan zat besi selama kehamilan. Jika tidak mencukupi asupan zat besi harian, Anda akan lebih mudah lelah dan berisiko tinggi mengalami anemia.

Dikutip dari Mayo Clinic, anemia berat saat hamil meningkatkan risiko kelahiran prematur, bayi dengan berat badan lahir rendah, dan depresi pascapersalinan.

Untungnya, kekurangan zat besi bisa Anda cegah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan zat besi, salah satunya dengan makan jamur saat hamil.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil

Manfaat lain jamur untuk ibu hamil adalah membantu meningkatkan kekebalan. Hal ini bisa diperoleh dari kandungan antioksidan di dalam jamur, salah satunya ergothioneine.

Senyawa antioksidan ini mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Bahkan, sebuah studi di dalam jurnal Free Radical Biology and Medicine (2018) menyebutkan bahwa ergothioneine memiliki potensi untuk mengatasi preeklampsia.

Guna mendapat manfaat tersebut, Anda bisa memilih jamur dengan kandungan ergothioneine yang tinggi, seperti jamur tiram, maitake, dan shiitake.

6. Membangun massa otot bayi

Jamur mengandung protein dalam jumlah melimpah. Protein diperlukan oleh ibu hamil untuk membangun massa otot dan jaringan tubuh bayi sejak dalam kandungan.

Hal tersebut merupakan kunci untuk mendukung pertumbuhan bayi selama trimester kedua dan ketiga.

Itulah mengapa sebagian besar wanita hamil perlu memenuhi kebutuhan protein, paling tidak sekitar 70 gram (g) setiap harinya.

7.  Menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil

Meski tidak melimpah, jamur mengandung sejumlah serat yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

Serat dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan sehingga ibu hamil dapat terhindar dari konstipasi alias susah BAB selama kehamilan.

Dengan memiliki sistem pencernaan dan tubuh yang sehat, ibu hamil bisa melalui proses persalinan dengan lebih mudah.

Aturan mengonsumsi jamur saat hamil

Setelah mengetahui beragam manfaatnya, mungkin Anda mulai tertarik untuk mencoba makan jamur selama menjalani masa kehamilan.

Nah, sebelum mencobanya, inilah aturan makan jamur saat hamil yang perlu Anda perhatikan.

  • Pilihlah jamur yang segar. Apabila Anda membeli jamur dalam kemasan atau olahan, pastikan jamur dalam kondisi baik dan belum kedaluwarsa.
  • Jangan makan jamur yang masih mentah karena jamur mentah berisiko mengandung bakteri berbahaya.
  • Cuci bersih dan masak jamur hingga matang sempurna.
  • Jangan mengonsumsi jamur liar yang tidak Anda kenali, sebab jamur liar berpotensi mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.
  • Jangan makan magic mushroom karena bisa menimbulkan halusinasi.

Jika Anda takut akan efek samping dari jenis jamur tertentu, sebaiknya makanlah jamur tersebut dalam jumlah sedikit terlebih dahulu.

Lihat bagaimana reaksi tubuh Anda dan jangan mengonsumsinya lagi apabila timbul reaksi alergi.

Pada dasarnya, jamur merupakan makanan yang aman dan bermanfaat untuk ibu hamil. Namun, jika Anda tidak yakin, berkonsultasilah dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi jamur apa pun.

Kesimpulan

  • Jamur boleh dimakan ibu hamil karena kaya zat gizi yang bermanfaat, seperti protein, serat, kalsium, zat besi, vitamin D, dan vitamin B kompleks.
  • Beberapa manfaat makan jamur saat hamil yakni mendukung perkembangan otak janin, mencegah anemia, dan meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil.
  • Jika Anda ingin makan jamur saat hamil, pastikan Anda memilih jamur yang segar, mencuci jamur hingga bersih, serta memasak jamur sampai matang sempurna.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan