home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Aman Meluruskan Rambut Selama Hamil?

Apakah Aman Meluruskan Rambut Selama Hamil?

Pada umumnya, perawatan kimia terbilang aman, cuma sedikit produk yang akan meresap ke dalam kulit kepala.

Untuk memastikan keamanan, lebih baik untuk hanya melakukan satu perawatan selama kehamilan, atau hindari sama sekali.

Namun, jika Anda ingin meluruskan rambut Anda, perlu diketahui bahwa beberapa perawatan di bawah ini bisa dibilang aman dilakukan selama Anda hamil. Sebuah studi menunjukkan bahwa penggunaan produk pelurus rambut tidak akan meningkatkan risiko kelahiran prematur atau bayi yang berat badannya rendah. Akan tetapi, studi ini tidak meneliti cacat pada kelahiran.

Perawatan pelurusan kimia standar meliputi:

  • Lye: mengandung sodium hydroxide
  • No-lye: mengandung calcium hydroxide dan guanidine carbonate
  • Thio: mengandung thioglycolic acid salts

Perawatan Rambut Brazilian

Perawatan pelurusan rambut dengan bahan kimia yang berasal dari Brazil tidak seaman pelurusan standar untuk digunakan selama kehamilan.

Perawatan rambut dengan Keratin (Brazilian Keratin Treatment, BKT atau Brazilian Blowout) umumnya mengandung zat kimia formaldehida. Formaldehida dapat meresap ke dalam tubuh melalui kulit atau dengan pernafasan. Bahan ini terdapat pada banyak produk mandi dan pembersih, tapi paparan jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker.

Untuk alasan ini, beberapa negara telah membatasi jumlah formaldehida yang dapat digunakan pada sebuah produk. Batasan umumnya sebesar 2%. Namun pada beberapa produk keratin, terdapat kandungan sebesar 10%. Negara Inggris telah menarik beberapa produk perawatan keratin, tapi masih banyak ditemukan secara online atau di salon-salon.

Terdapat beberapa perawatan keratin bebas formaldehida, tapi tetaplah berhati-hati. Saat diuji, beberapa produk masih mengandung formaldehida. Beberapa perawatan bebas formaldehida mengandung bahan kimia methylene glycol, yang kalau dipanaskan dengan alat pencatok rambut, dapat berubah menjadi formaldehida.

Karena alasan tersebut, Anda dapat menghindari perawatan kimia untuk pelurusan rambut selama masa kehamilan. Jika Anda mau melakukan perawatan, hindari perawatan yang berlabel “keratin” atau “Brazilian hair treatment”. Jika Anda melakukan perawatan rambut di salon, beritahu siapapun yang melakukan perawatan pada Anda untuk tidak menggunakan produk-produk tersebut.

Perasaan yang baik dan penampilan prima adalah hal penting ketika sedang hamil. Jika Anda memerlukan ide yang aman tentang bagaimana terlihat dan merasa baik, lihat bagian Kecantikan untuk calon ibu.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 08/01/2021
Fakta medis diperiksa oleh Admin HHG
x