Selain Catokan, Inilah Ragam Jenis Cara Meluruskan Rambut

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25 November 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Rambut sehat memiliki keindahannya sendiri. Namun, beberapa orang mungkin mendambakan rambut yang lurus karena dianggap mudah diatur. Faktanya, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk meluruskan rambut atau yang kerap disebut catokan.

Pilihan cara meluruskan rambut

catokan hair straightening cara meluruskan rambut rebonding

Sebelumnya, meluruskan rambut mungkin butuh waktu lama karena memanfaatkan bahan alami. Namun kini, kemajuan teknologi telah mengubahnya. 

Ada beberapa jenis perawatan yang disebut-sebut dapat membuat rambut Anda lebih lurus. Setiap jenisnya memiliki senyawa kimia serta metode yang berbeda. Anda bisa memperolehnya melalui perawatan rambut di salon bahkan di rumah. 

Berikut ini beberapa cara meluruskan rambut yang memerlukan peralatan di salon agar lebih efektif. 

1. Rebonding

Salah satu cara meluruskan rambut dengan peralatan di salon adalah rebonding. Rebonding dilakukan dengan mengubah struktur folikel rambut agar bentuknya berubah.

Begini, rambut terdiri dari protein yang dihubungkan oleh ikatan yang menentukan struktur rambut. Alhasil, setiap orang akan memiliki jenis rambut yang berbeda tergantung ikatan tersebut, baik rambut lurus, keriting, atau bergelombang. 

Cara kerja pelurus rambut ini merilekskan ikatan rambut dan menghancurkannya. Dengan begitu, rambut lebih mudah ditata menjadi lebih lurus.

Durasi prosedur ini sekitar 3 – 8 jam, tergantung pada panjang dan struktur rambut Anda. Proses rebonding terbilang rumit dan dimulai dari mencuci rambut, meluruskan rambut dengan papan plastik, hingga kembali mencatok rambut agar lurus.

Meski terbilang cukup populer, cara meluruskan rambut yang satu ini tentu memiliki risiko tersendiri karena rambut akan terpapar panas dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, efek dari rebonding juga hanya berlaku selama 6 – 7 bulan. 

2. Smoothing

Berbeda dengan rebonding, smoothing adalah cara meluruskan rambut dengan memanfaatkan formaldehida yang dioleskan ke rambut. Setelah dioleskan, rambut akan ‘disetrika’ dengan suhu tertentu untuk mengunci rambut agar tetap lurus. 

Meski tidak ideal untuk semua rambut dan bersifat semi-permanen, smoothing menggunakan bahan yang tidak terlalu kuat. Dengan begitu, risiko kerusakan rambut pun ikut berkurang. 

Formaldehida yang digunakan pada pelurus rambut ini akan memutus ikatan hidrogen dari molekul keratin.

Lalu, rambut yang dikeringkan akan memiliki keratin baru karena formaldehida mengikat filamen keratin agar lurus. Hal ini yang membuat hasil rambut smoothing menjadi lebih lurus dan berkilau. 

Sifat ini memang semi-permanen. Artinya, metode meluruskan rambut ini hanya bertahan antara 2 – 5 bulan. Cara yang juga disebut perawatan keratin biasanya dianjurkan untuk pemilik rambut yang bergelombang dan keriting karena tidak akan terlalu mengubah struktur rambut.

Ragam Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami yang Manjur

3. Mencatok rambut

Bagi sebagian orang mencatok rambut sudah hampir menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari. Pasalnya, catokan sangat berguna untuk mengatur dan merapikan gaya rambut. 

Cara meluruskan rambut yang satu ini menggunakan alat yang fungsinya mirip dengan setrika, yaitu menghasilkan panas untuk menghilangkan rambut kusut. 

Berbeda dengan smoothing dan rebonding, catokan tidak memerlukan bahan kimia apapun. Namun, efeknya hanya berlangsung sebentar, yakni 1 – 2 hari setelah penggunaan. 

Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan ada bahaya yang mengintai dari keseringan mencatok rambut, termasuk: 

Itu sebabnya, Anda tidak boleh sembarangan sering-sering mencatok rambut. Ada berbagai tips yang bisa dilakukan untuk merawat rambut meski sering dicatok, yakni: 

  • gunakan kondisioner atau vitamin rambut sebelum catokan,
  • atur suhu catokan serendah mungkin, serta
  • lakukan perawatan rambut sesering mungkin, seperti masker rambut.

4. Pelurus rambut lainnya

Selain ketiga cara di atas, Anda juga bisa meluruskan rambut dengan bantuan alat lainnya tanpa bahan kimia, meliputi: 

  • sisir pelurus rambut atau hot comb, dan
  • blow dryer.

Bahaya meluruskan rambut dengan bahan kimia aktif

potong rambut salon covid-19

Bahan kimia dan alat yang digunakan untuk meluruskan rambut memang membuat rambut lebih mudah diatur. Namun, ada berbagai efek samping yang dilaporkan terjadi dan memengaruhi kesehatan rambut serta kulit kepala. 

Bila Anda sering meluruskan rambut dengan alat dan bahan kimia tertentu dalam jangka waktu yang dekat, ada kemungkinan mengalami:

  • kulit kepala terasa gatal,
  • ada sensasi terbakar di kulit kepala,
  • rambut rontok,
  • bekas luka di kulit kepala,
  • batang rambut melemah dan menipis,
  • perubahan warna rambut, serta
  • reaksi alergi terhadap bahan kimia.

Itu sebabnya, alat dan bahan kimia pelurus rambut tidak boleh dilakukan terlalu sering agar tidak menyebabkan kondisi di atas. 

Cara alami meluruskan rambut

Alat penata rambut dan bahan kimia yang digunakan pada smoothing, rebonding, dan catokan tentu dapat merusak rambut. Pasalnya, rambut akan terpapar panas dan senyawa kimia yang bisa membahayakan kesehatan rambut dan membuatnya kering. 

Masalah seperti rambut bercabang, rambut rontok, hingga ketombe bisa terjadi bila alat pelurus rambut salah digunakan. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mencoba alternatif lain dengan memanfaatkan cara dan bahan alami

Berikut ini beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk meluruskan rambut. 

1. Memakai kondisioner usai keramas

Cara paling sederhana untuk meluruskan rambut secara alami adalah menggunakan kondisioner. Kondisioner rambut mengandung minyak, humektan (zat pelembap), serta alkohol khusus yang menjaga kelembutan dan kelenturan rambut.

Tidak hanya itu, beberapa kondisioner juga mengandung protein khusus yang dapat menyatuhkan ujung rambut yang patah. Alhasil, rambut pun tampak lebih tebal. Para ahli menyarankan untuk rutin memakai kondisioner setiap setelah keramas.

Sudah Benarkah Cara Anda Keramas Selama Ini? Cek di Sini!

2. Mengombinasikan minyak esensial dan produk perawatan rambut

Anda mungkin pernah mendengar tetangga atau teman terdekat merekomendasikan minyak esensial untuk rambut agar lebih lurus. Cara ini mungkin belum terbukti secara ilmia, tetapi kandungan zat aktif di dalam minyak esensial tentu bermanfaat bagi rambut. 

Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak, seperti serai, lavender, atau argan, pada produk sampo dan kondisioner rambut saat keramas. Lalu, gunakan campuran tersebut seperti biasa. 

Anda tentu membutuhkan proses yang tidak sebentar. Namun, cara ini lebih aman dari bahaya kerusakan rambut dibandingkan alat penata rambut.  

3. Menggunakan masker rambut

Sumber: Lifealth

Masker rambut diciptakan untuk menghasilkan rambut yang berkilau dan tampak sehat. Pasalnya, masker rambut membantu menutrisi rambut dan mengunci kelembapan, vitamin, dan antioksidan pada rambut. 

Selain itu, cara alami meluruskan rambut yang satu ini juga membantu memperkuat rambut agar tidak mudah rontok dan patah. 

Anda bisa membuat masker di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Sebagai contoh, masker dari telur dan minyak zaitun diklaim ampuh meluruskan rambut karena keduanya dapat mengembalikan protein rambut agar lebih mudah diatur. 

Cara membuat masker telur dan minyak zaitun:

  • Kocok 2 butir telur dan 3 sdm minyak zaitun hingga rata
  • Oleskan campuran pada rambut
  • Diamkan selama 1 jam 
  • Bilas rambut dengan sampo

Anda bisa menggunakan masker rambut setiap 2 – 3 kali dalam dua minggu. Bila bahan alami di rumah tidak terlalu memadai, Anda juga bisa membeli masker rambut yang dijual secara komersial. 

Bila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu terkait penyakit pada kulit kepala, konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba untuk meluruskan rambut atau catokan. Baik dengan alat maupun menggunakan bahan alami.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit

9 Cara Alami Memanjangkan Bulu Mata Supaya Lebih Lentik

Tidak semua orang ingin melakukan extension bulu mata. Namun Anda bisa memanjangkan bulu mata dengan cara yang aman dan murah meriah.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Kecantikan 26 November 2020 . Waktu baca 6 menit

4 Jenis Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Sering Bermain Smartphone

Tak hanya membuat kita lupa waktu, bermain smartphone terlalu lama juga bisa memicu berbagai jenis gangguan kesehatan. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Psikologi 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Siku Kering? Ini 6 Cara Efektif untuk Mengatasinya

Siku kering hingga berwarna putih bukan hanya merusak penampilan, tapi juga kadang membuat tidak nyaman. Begini cara mengatasinya.

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Hidup Sehat, Tips Sehat 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mood swing saat menstruasi

Tips Mengendalikan Mood Swing Saat PMS

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Dipublikasikan tanggal: 30 November 2020 . Waktu baca 4 menit
obat alami oral thrush

Ciri-ciri Infeksi Jamur di Mulut Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 30 November 2020 . Waktu baca 9 menit
manfaat garam untuk kesehatan

6 Manfaat Garam untuk Kesehatan yang Belum Anda Tahu

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 3 menit
krim muka dari dokter bikin ketagihan

Sederet Fungsi Vitamin B untuk Kecantikan

Ditulis oleh: Tiara Putri
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit