home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengecat Rambut Saat Hamil, Apa Boleh?

Mengecat Rambut Saat Hamil, Apa Boleh?

Beberapa ibu mungkin ingin sekali mengecat rambut saat hamil agar terlihat lebih segar dan juga untuk mengganti suasana baru. Namun, sebenarnya apakah ibu hamil boleh mengecat rambut? Perlu diingat bahwa cat rambut mengandung zat kimia yang mungkin bisa saja membahayakan janin.

Pro dan kontra mengecat rambut saat hamil

Belum ada bukti yang benar-benar menjelaskan bahwa mengecat rambut saat hamil dapat membahayakan Anda dan janin Anda. Masih sedikit penelitian yang membahas tentang hal ini. Beberapa penelitian yang telah dilakukan pun menunjukkan bahwa mengecat rambut saat hamil aman dilakukan.

Tidak ada laporan yang menunjukkan bahwa cat rambut dapat menyebabkan perubahan selama kehamilan. Walaupun cat rambut mengandung bahan kimia, namun sangat sedikit cat rambut yang diserap melalui kulit kepala Anda. Tapi, tetap saja Anda harus hati-hati. Bagaimanapun bahan kimia dari cat rambut yang terserap ke dalam tubuh Anda mungkin bisa saja dapat menimbulkan kerugian bagi perkembangan bayi dalam kandungan. Hal ini masih diteliti lebih lanjut oleh para ahli.

Yang harus Anda perhatikan saat mengecat rambut selama hamil

Karena keamanan cat rambut mungkin masih diragukan, sebaiknya sebisa mungkin Anda tidak mengecat rambut saat hamil. Namun, jika Anda benar-benar ingin melakukannya, sebaiknya ikuti petunjuk berikut ini.

  • Mengecat rambut pada usia kehamilan trimester kedua. Banyak ahli yang menyarankan agar ibu hamil menunggu sampai usia kehamilannya mencapai trimester kedua jika ingin mengecat rambut. Setelah trimester kedua kehamilan, bayi telah melalui tahap kritis dari perkembangan organnya. Sehingga, risiko yang mungkin timbul dari pemakaian cat rambut bisa diperkecil. Berilah kesempatan bayi Anda untuk berkembang dengan baik.
  • Pilihlah mengecat rambut dengan aman. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pilihlah metode mengecat rambut yang tidak sampai mengenai kulit kepala Anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyerapan bahan kimia dalam cat rambut melalui kulit kepala Anda.
  • Pilih produk cat rambut yang aman. Pilihlah cat rambut yang tidak mengandung amonia, bau amonia dapat membuat Anda merasa mual. Pertimbangkan untuk memilih cat rambut semi permanen dibandingkan dengan yang permanen. Jangan lupa untuk memeriksa label produk sebelum memilih cat rambut yang akan digunakan.
  • Ikuti petunjuk penggunaan produk. Baca terlebih dahulu petunjuk penggunaan sebelum mengaplikasikan cat rambut ke rambut Anda. Jangan sampai Anda membiarkan cat rambut lebih lama dari waktu yang disarankan. Segera bilas rambut dan kulit kepala Anda secara menyeluruh setelah selesai, sesuai petunjuk. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan saat Anda mengecat rambut Anda sendiri.
  • Mengecat rambut di tempat yang mempunyai banyak ventilasi. Anda pasti sudah tahu bukan bahwa cat rambut mempunyai bau yang menyengat? Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengecat rambut di tempat yang mempunyai aliran udara yang baik. Pastikan Anda bisa menghirup udara segar saat mengecat rambut agar Anda tidak terlalu banyak menghirup bau dari bahan kimia cat rambut.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Lavigne, S. V. (2016). Is it safe to dye my hair during pregnancy? | BabyCenter. [online] BabyCenter. Available at: http://www.babycenter.com/404_is-it-safe-to-dye-my-hair-during-pregnancy_3273.bc [Accessed 30 Jan. 2017].

Harms, R. W. (2014). Hair dye and pregnancy: A concern? – Mayo Clinic. [online] Available at: http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/expert-answers/hair-dye-and-pregnancy/faq-20058484 [Accessed 30 Jan. 2017].

What to Expect. Hair Dye and Highlights During Pregnancy | What To Expect. [online] Available at: http://www.whattoexpect.com/pregnancy/hair-dye [Accessed 30 Jan. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal diperbarui 05/02/2017
x