home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengecat Rambut saat Hamil, Apa Boleh?

Mengecat Rambut saat Hamil, Apa Boleh?

Sebagian besar ibu mungkin ingin sekali mengecat rambut saat hamil agar terlihat lebih segar sekaligus mengganti suasana baru. Namun, sebenarnya apakah boleh mengecat atau mewarnai rambut saat hamil? Berikut penjelasan lengkapnya.

Apakah boleh mengecat rambut saat hamil?

mengecat rambut saat hamil

Pada masa kehamilan, ada kalanya wanita ingin melakukan perawatan rambut sekaligus mengubah tampilan seperti mengecat atau mewarnai rambut.

Namun, hal ini membuat Anda bingung mengingat cat rambut mengandung zat kimia yang mungkin saja membahayakan perkembangan janin.

Hingga kini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa zat kimia tersebut dapat membahayakan ibu serta bayi dalam kandungan.

Mengutip dari American Pregnancy Association, bahan kimia dalam pewarna rambut baik semi permanen dan permanen tidak terlalu beracun dan aman untuk wanita hamil.

Apalagi, hanya sedikit pewarna rambut yang terserap oleh kulit sehingga belum tentu zat kimia terserap oleh janin.

Maka dari itu, wanita boleh mengecat atau mewarnai rambut saat hamil karena jumlah zat kimia yang kecil ini dianggap tidak berbahaya.

Akan tetapi, hindari mengecat rambut saat hamil jika kulit kepala sedang mengalami iritasi atau infeksi karena tidak menutup kemungkinan zat kimia terserap lebih banyak akibat kerusakan kulit.

Selalu konsultasikan dengan dokter mengenai perhatian Anda karena dokter akan memberikan saran sesuai dengan kondisi kesehatan.

Perhatikan ini ketika mengecat rambut saat hamil

mengecat rambut untuk ibu hamil

Seperti penjelasan di atas, bahan kimia dalam pewarna rambut dianggap tidak membahayakan perkembangan bayi dalam kandungan.

Namun, tidak ada salahnya ibu mempertimbangkan atau menunda mengecat atau mewarnai rambut saat hamil.

Jika Anda tetap ingin melakukannya, tidak masalah asalkan mengikuti beberapa petunjuk serta penjelasan di bawah ini.

1. Mengecat rambut pada trimester kedua

American Pregnancy Association menyarankan wanita hamil untuk menunggu mengecat rambut hingga usia kehamilannya mencapai trimester kedua.

Hal ini karena pada trimester kedua kehamilan, bayi telah melalui tahapan kritis dalam perkembangan otak serta organnya sehingga risiko dari mewarnai rambut pun cukup kecil.

2. Hindari kulit kepala

Untuk menghindari hal yang tidak Anda inginkan seperti komplikasi kehamilan, coba mengecat rambut saat hamil dengan cara tepat.

Sebagai contoh, mengecat atau mewarnai rambut tetapi jangan sampai mengenai kulit kepala untuk menghindari terlalu banyak penyerapan bahan kimia.

Selain itu, menghindari cat pewarna tidak mengenai kulit kepala juga sebagai bentuk pencegahan agar zat kimia juga tidak menyerap ke dalam aliran darah.

Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang lain yang ada di rumah atau berikan informasi kepada pegawai salon.

3. Pilih produk cat rambut yang aman

Pilihlah cat rambut yang tidak mengandung zat kimia seperti amonia karena kemungkinan bau amonia dapat membuat Anda merasa mual saat hamil.

Pertimbangkan untuk memilih cat rambut semi permanen daripada cat rambut jenis permanen. Jangan lupa untuk memeriksa label produk sebelum memilih cat rambut yang akan ibu gunakan.

Lalu, Anda juga bisa memilih pewarnaan rambut teknik highlight sehingga penggunaan produk pun lebih sedikit.

4. Ikuti petunjuk penggunaan produk

Baca terlebih dahulu petunjuk penggunaan sebelum mengaplikasikan cat rambut ke rambut Anda. Jangan sampai Anda membiarkan cat rambut lebih lama dari waktu penyaranan.

Segera bilas rambut dan kulit kepala secara menyeluruh setelah selesai, sesuai dengan petunjuk. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan yang benar jika melakukannya sendirian.

5. Mengecat rambut di tempat banyak ventilasi

Anda pasti sudah tahu bukan bahwa cat rambut mempunyai bau yang menyengat? Untuk itu, penting bagi wanita untuk mengecat rambut saat hamil di tempat dengan aliran udara yang baik.

Pastikan ibu bisa menghirup udara segar saat mengecat rambut agar Anda tidak terlalu banyak menghirup bau bahan kimia dari cat rambut.

Apabila ibu bermasalah dengan hal ini, coba pilih pewarna rambut alami sehingga baunya tidak terlalu menyengat dan sedikit lebih aman.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hair Treatment During Pregnancy | American Pregnancy Association. (2017). Retrieved 11 June 2021, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/is-it-safe/hair-treatments-during-pregnancy-1181/

Hair dye and pregnancy: A concern?. (2021). Retrieved 11 June 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/expert-answers/hair-dye-and-pregnancy/faq-20058484

Is it safe to use hair dye when I’m pregnant or breastfeeding?. (2018). Retrieved 11 June 2021, from https://www.nhs.uk/common-health-questions/pregnancy/is-it-safe-to-use-hair-dye-when-i-am-pregnant-or-breastfeeding/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 2 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x