home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ragam Perawatan Rambut di Salon Kecantikan yang Patut Dicoba

Ragam Perawatan Rambut di Salon Kecantikan yang Patut Dicoba

Rambut sehat, tampak berkilau, dan lembut adalah impian hampir setiap orang. Untuk mencapai tujuan tersebut, menjaga kesehatan rambut dengan perawatan di salon kecantikan jadi salah satu pilihan. Apa saja jenis perawatan rambut di salon?

Berbagai pilihan perawatan rambut di salon

potong rambut salon covid-19

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan perawatan rambut, seperti creambath, hair spa, dan hair mask yang ditawarkan di salon kecantikan. Meski begitu, ada ragam cara merawat rambut di salon lainnya yang patut Anda coba demi terhindar dari kerusakan rambut.

1. Perawatan keratin

Keratin adalah jenis protein yang dapat dijumpai di rambut, kuku, dan kulit. Nah, perawatan salon yang satu ini menggunakan krim yang mengandung formaldehida dan dioleskan pada rambut.

Kemudian, krim tersebut akan diberikan panas dan diratakan di rambut. Kombinasi krim formaldehyde, panas, dan tekanan akan bereaksi dengan keratin di rambut. Alhasil, rambut yang kering dan keriting pun akan jauh lebih lembut.

Meski begitu, perawatan rambut keratin di salon yang satu ini tentu memiliki efek samping di bawah ini yang perlu diperhatikan. Formaldehida adalah gas tidak berwarna dan berbau menyengat yang bisa menimbulkan berbagai reaksi ketika disemprotkan ke mata atau diserap di kulit.

Selain itu, senyawa ini juga dapat akan dilepaskan pada tingkat yang lebih tinggi saat dipanaskan. Alhasil, penata rambut dan pelanggan yang berulang kali menjalani perawatan ini lebih berisiko terpapar masalah kesehatan akibat formaldehida.

2. Scrub kulit kepala

Salah satu masalah kulit kepala yang cukup mengganggu kesehatan rambut adalah kulit kepala kering dan terasa gatal. Anda tidak perlu khawatir. Selain pengobatan di rumah, Anda juga bisa memilih scrub kulit kepala sebagai perawatan rambut di salon.

Scrub kulit kepala adalah salah satu perawatan yang diklaim membantu mengurangi produksi minyak di kulit kepala. Bahkan, metode ini juga dinilai dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Perawatan yang disebut cocok untuk semua jenis rambut ini memanfaatkan minyak esensial atau masker dari bahan-bahan alami. Perlu diingat bahwa jika sering keramas, Anda mungkin hanya perlu melakukan scrub kulit kepala beberapa minggu sekali.

Sebaiknya, hindari melakukan perawatan ini lebih dari 1 -2 kali dalam seminggu karena dapat mengiritasi kulit kepala.

https://wp.hellosehat.com/pusat-kesehatan/dermatologi/tips-mengatasi-kulit-kepala-gatal/

3. Perawatan batang dan akar rambut

Pada dasarnya, perawatan batang dan akar rambut dapat dilakukan di rumah dengan memanfaatkan berbagai bahan alami. Namun, hal ini ternyata bisa dilakukan di salon tanpa perlu repot-repot menyiapkan bahan-bahannya.

Ada berbagai perawatan batang dan akar rambut yang bisa Anda pilih di salon. Tiga cara yang cukup populer di bawah ini dapat mengembalikan kesehatan akar rambut.

  • Creambath rambut, yaitu memijat kulit kepala dengan krim untuk merawat akar rambut.
  • Hair spa untuk menutrisi akar rambut dan menjaga kesehatan folikel rambut.
  • Hair mask (masker rambut) untuk mengatasi rambut rontok yang cukup parah.

Ketiga perawatan tersebut juga dipercaya dapat membantu pertumbuhan rambut. Pasalnya, ketiganya memiliki proses pemijatan kulit kepala yang dapat melancarkan peredaran darah di kepala dan memberikan efek rileks yang menenangkan.

4. Perawatan hot oil (minyak panas)

manfaat minyak argan oil untuk rambut

Bagi para pemilik rambut kering dan mudah patas, hot oil treatment atau perawatan rambut dengan minyak panas adalah pilihan yang cukup menarik.

Perawatan rambut yang bisa dilakukan di salon atau di rumah ini memanfaatkan minyak dari bahan alami, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa. Tujuan dari perawatan ini adalah melindungi dan melembapkan rambut yang kering.

Anda juga bisa memperoleh manfaat lainnya, yaitu:

  • meningkatkan kekuatan rambut,
  • membantu mengurangi ketombe dan rambut kusut,
  • mengurangi risiko rambut bercabang, serta
  • membantu meningkatkan kesehatan rambut dengan meningkatkan aliran darah di kulit kepala.

Perawatan yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam ini terbilang cukup membantu merawat rambut kering. Meski terbilang efektif, pastikan terlebih dahulu apakah hot oil treatment cocok untuk jenis rambut Anda dan apa saja efek sampingnya.

5. Meluruskan rambut

Beberapa orang yang memiliki rambut ikal dan keriting terkadang mungkin ingin meluruskan rambut mereka. Terlebih rambut ikal yang dimiliki lebih mudah kusut dibandingkan rambut lurus.

Itu sebabnya, hampir setiap salon menawarkan perawatan untuk merilekskan rambut yang membuat setiap helaiannya halus selama berbulan-bulan. Perawatan pelurus rambut yang disebut smoothing ini biasa dilakukan pada rambut bertekstur, seperti rambut bergelombang dan keriting.

Berbeda dengan catok rambut, perawatan meluruskan rambut ini perlu dilakukan berbulan-bulan dan harus dilakukan berulang kali. Bila pelurus rambut dilakukan terlalu sering, rambut akan lebih kering dan mudah patah.

Jika Anda ragu, tanyakan kepada penata rambut atau dokter spesialis kulit terkait perawatan meluruskan rambut ini.

https://wp.hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/cara-alami-memanjangkan-rambut/

6. Perawatan detoks rambut

Detoks tidak hanya dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, melainkan juga untuk merawat rambut. Bagaimana bisa?

Perawatan detoks rambut di salon bertujuan menghilangkan penumpukan bahan kimia pada batang rambut, seperti klorin. Dengan membersihkan batang rambut, perawatan ini merawat rambut dan kulit kepala.

Itu sebabnya, metode ini lebih disukai oleh mereka yang sering menggunakan produk kimia pada rambut, seperti mewarnai rambut. Detoksifikasi juga membantu menumbuhkan rambut dan menghilangkan kotoran agar rambut lebih berkilau.

Dibandingkan dulu, kini sudah banyak perawatan rambut yang bisa dilakukan di salon, mulai dari perawatan dasar seperti creambath hingga perawatan sambung rambut.

Bila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu terkait masalah pada rambut dan kulit kepala, konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum melakukan perawatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Platt, I. (n.d). What’s the deal with keratin treatments?. National Center for Health Research. Retrieved 9 November 2020, from https://www.center4research.org/whats-deal-keratin-treatments/ 

Trüeb, R. M., Henry, J. P., Davis, M. G., & Schwartz, J. R. (2018). Scalp Condition Impacts Hair Growth and Retention via Oxidative Stress. International journal of trichology, 10(6), 262–270. https://doi.org/10.4103/ijt.ijt_57_18. Retrieved 9 November 2020. 

Different types of hair treatments to try. (2019). Reals Project. Retrieved 9 November 2020, from https://www.realsproject.org/different-types-of-hair-treatments-to-try/ 

Get the perfect shine with hair spa treatment. (2017). O2 Spa. Retrieved 9 November 2020, from https://www.o2spa.org/blog-post/get-perfect-shine-hair-spa-treatment/ 

Gavazzoni Dias, M. (2015). Hair cosmetics: An overview. International Journal Of Trichology, 7(1), 2. https://doi.org/10.4103/0974-7753.153450. Retrieved 9 November 2020.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 26/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x