6 Manfaat Menakjubkan Bayam untuk Para Ibu Hamil

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Pada masa kehamilan, tubuh membutuhkan pasokan nutrisi berkali-kali lipat untuk menunjang tumbuh kembang sang janin. Salah satu sumber nutrisi yang dapat diperoleh untuk ibu hamil adalah bayam. Nah, sayuran hijau dengan kandungan nutrisi yang tinggi ini ternyata banyak khasiatnya, apa saja ya manfaat bayam untuk ibu hamil?

Manfaat bayam untuk ibu hamil

Bayam sangat kaya akan vitamin A, C, E, dan K serta magnesium, folat, kalium, dan zat besi. Selain itu, sayuran ini juga salah satu sumber omega-3, serat, dan flavonoid. Oleh karena itu, bayam sangat baik dikonsumsi selama kehamilan. Berikut manfaat yang diberikan bayam kepada ibu hamil.

1. Kaya asam folat

Asam folat sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin yang ada di perut sang ibu. Hal itu dikarenakan bayam sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang belakang dan mencegah keguguran. Selain itu, dengan mengonsumsi bayam ibu hamil juga meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah anemia.

2. Menurunkan stres

Selama masa kehamilan, suasana hati sang ibu sangat berpengaruh kepada janin begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, khasiat bayam hadir dengan kandungan vitamin B untuk menurunkan tingkat stres dan memperbaiki suasana hati ibu hamil. Sayur bayam atau jus bayam di pagi hari, bisa jadi menu yang pas untuk memulai aktivitas.

3. Menjaga tekanan darah

Kandungan nitrat yang ada di bayam mampu menjaga sirkulasi darah di dalam tubuh ibu hamil. Tekanan darah saat masa kehamilan harus dipantau dengan benar. Pasalnya, ibu hamil sangat rentan mengalami preeklampsia dan eklampsia.

Kondisi tersebut biasanya terjadi akibat tekanan darah saat hamil meningkat dan akhirnya memengaruhi pertumbuhan janin. Oleh karena itu, konsumsi bayam sangat bermanfaat selama kehamilan.

4. Menguatkan imun

Bayam adalah sayuran yang juga kaya akan vitamin A dan C. Keduanya dipercaya sebagai penguat daya tahan tubuh. Oleh karena itu, bayam sangat bermanfaat pada masa kehamilan, terutama untuk mengembangkan sel dan pengelihatan janin.

5. Baik untuk tulang dan gigi

Kalsium pada bayam dapat membantu menguatkan struktur tulang dan gigi, serta memerankan peran yang penting dalam saraf yang sehat, otot, dan peredaran darah. Ibu hamil dan menyusui membutuhkan 1000 mg kalsium per hari. Oleh karena itu, bayam sangat bermanfaat selama masa kehamilan.

6. Merangsang perkembangan saraf janin

Manfaat lainnya dari mengonsumsi bayam untuk ibu hamil adalah membantu memenuhi kebutuhan vitamin B. Vitamin ini sangat penting untuk perkembangan sistem saraf sang janin

Tips mengolah bayam

Setelah kita tahu manfaat bayam untuk ibu hamil, mari kita lihat tips mengolah bayam agar manfaatnya dapat kita rasakan yang tidak kalah dengan kelezatannya.

1. Bayam muda

Daun bayam muda biasanya ada di salad, terutama jika dikombinasikan dengan apel, ikan asap, keju segar, hazelnut, dan kerang-kerangan. Selain memberikan manfaat untuk tubuh, bayam dapat memanjakan lidah kita juga.

2. Bayam yang sudah dimasak

Khasiat bayam yang sudah matang bisa dirasakan dengan campuran. Krim bayam ini biasanya dijadikan makanan pendamping saat kita makan steak. Jika tidak suka, maka alternatif lainnya adalah telur, ikan, atau daging panggang.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca