Khasiat Susu Kedelai untuk Kesuburan yang Sayang Dilewatkan

    Khasiat Susu Kedelai untuk Kesuburan yang Sayang Dilewatkan

    Khasiat kacang kedelai dan produk turunannya seperti susu, tahu, atau tempe sangatlah beragam, termasuk untuk kesuburan. Namun, ada juga penelitian yang menyebut bahwa senyawa di dalamnya dapat menurunkan kesuburan.

    Benarkah kacang kedelai menurunkan kesuburan?

    Anggapan kacang kedelai bisa menurunkan kesuburan adalah salah. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dirilis dalam Oxford Academic.

    Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa konsentrasi sperma pada pria yang banyak mengonsumsi kedelai cenderung lebih rendah. Namun, semuanya masih dalam batas normal.

    Jadi, konsumsi kedelai pada pria meningkatkan volume cairan ejakulasi, tapi jumlah sel sperma tidak ikut bertambah. Kondisi itu lah yang membuat konsentrasi sperma terlihat lebih rendah.

    Rendahnya konsentrasi sperma bukan berarti merusak bentuk dan kemampuan bergerak sperma. Kualitas sperma tetap terjaga dan dapat membuahi sel telur dengan baik.

    Khasiat susu kedelai untuk kesuburan

    khasiat susu kedelai untuk kesuburan

    Terlepas dari mitos yang berkembang di masyarakat, konsumsi kacang kedelai faktanya dapat meningkatkan kesuburan. Namun, manfaat ini lebih banyak didapatkan oleh wanita.

    Berikut beberapa manfaat kacang kedelai, terutama dalam bentuk susu, untuk kesuburan wanita.

    1. Mengatasi obesitas

    Obesitas dapat mengganggu kesuburan pada wanita. Tingginya hormon leptin pada penderita kelebihan berat badan mengganggu keseimbangan hormon kesuburan.

    Untuk mengatasinya, Anda bisa minum susu kedelai secara rutin. Tidak hanya rendah kalori, kandungan serat dan protein yang tinggi di dalamnya dapat membuat kenyang lebih lama.

    Hal tersebut tentu akan mempermudah untuk menurunkan dan mencapai berat badan ideal. Namun, Anda harus tetap mengimbanginya dengan pola makan sehat rendah lemak.

    2. Merangsang ovulasi

    Kadar hormon estrogen yang rendah dalam tubuh dapat membuat wanita sulit hamil. Hal tersebut terjadi karena hormon ini memiliki peranan untuk merangsang ovulasi.

    Konsumsi susu kedelai dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Kandungan isoflavon dalam susu ini bisa meningkatkan produksi hormon estrogen.

    3. Memaksimalkan fungsi ovarium

    Susu kedelai kaya akan kandungan asam folat. Senyawa ini dapat membantu metabolisme sel di seluruh tubuh, termasuk ovarium.

    Ketika proses metabolisme sel berjalan dengan baik, kesehatan ovarium akan terjaga dengan baik. Hasilnya, proses produksi sel telur pun akan berjalan lancar.

    Selain meningkatkan kesuburan, asam folat juga bermanfaat untuk menjaga janin tetap sehat. Kekurangan vitamin ini dapat meningkatkan risiko keguguran dan bayi lahir cacat.

    4. Mengatasi siklus haid yang tidak teratur

    Siklus haid tidak teratur berpotensi mengganggu kesuburan wanita. Kondisi ini biasanya terjadi akibat kadar hormon estrogen dalam tubuh yang terlalu sedikit.

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, susu kedelai mengandung isoflavon. Senyawa ini bisa merangsang produksi estrogen dalam tubuh.

    Ketika produksinya berjalan dengan baik, risiko mengalami siklus haid tidak teratur akan ikut berkurang. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mengetahui masa subur.

    5. Mengurangi stres

    susu kedelai mengurangi stres

    Stres dapat mengganggu kemampuan wanita untuk hamil. Penelitian menunjukkan, wanita dengan riwayat depresi dua kali lebih berisiko mengalami gangguan kesuburan.

    Konsumsi susu kedelai dapat membantu mengurangi stres. Kemampuan tersebut tidak lepas dari kandungan vitamin B6 di dalamnya.

    Selain itu, susu kedelai juga mengandung magnesium. Mineral ini berperan dalam produksi hormon serotonin, yang membantu menenangkan pikiran.

    6. Melawan Bisphenol-A

    Ketika masuk dalam tubuh, senyawa Bisphenol-A dapat mengakibatkan ketidaksuburan pada wanita. Zat kimia ini biasanya berasal dari wadah makanan plastik yang terpapar suhu tinggi.

    Fitokimia dalam susu kedelai dapat membantu melawan Bisphenol-A yang masuk dalam tubuh. Dengan begitu, risiko gangguan kesuburan dapat berkurang.

    Meski punya banyak manfaat untuk kesuburan, konsumsinya tetap tidak boleh secara berlebihan. Minum susu kedelai berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

    Untuk mengetahui batas maksimal konsumsi kedelai, konsultasikan ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan saran sesuai kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

    Fakta seputar khasiat susu kedelai untuk kesuburan

    • Merangsang ovulasi lewat kandungan isoflavon di dalamnya.
    • Mengatasi obesitas pada wanita yang mengalami masalah kesuburan akibat kelebihan berat badan.
    • Memetabolisme sel ovarium agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.
    • Mengatasi stres yang dapat mengakibatkan gangguan kesuburan, lewat kandungan vitamin B6 dan magnesium di dalamnya.
    • Melawan Bisphenol-A dalam tubuh yang bisa menjadi penyebab ketidaksuburan.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Soy and Fertility in Men. (2022). Retrieved 24 November 2022, from https://www.acam.org/blogpost/1092863/185750/Soy-and-Fertility-in-Men

    Data Indicate Soy Consumption Does Not Feminize Men. (2020). Retrieved 24 November 2022, from https://sniglobal.org/data-indicate-soy-consumption-does-not-feminize-men/

    Infertility and stress. (2022). Retrieved 24 November 2022, from https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/infertility-and-stress

    Your Fertility – Facts About Fertility & How To Improve Your Chance. (2022). Retrieved 24 November 2022, from https://www.yourfertility.org.au/latest-news/how-does-being-overweight-affect-my-fertility

    Chavarro, J., Toth, T., Sadio, S., & Hauser, R. (2008). Soy food and isoflavone intake in relation to semen quality parameters among men from an infertility clinic. Human Reproduction, 23(11), 2584-2590. doi: 10.1093/humrep/den243

    Foods To Boost Mood During COVID-19 Social Distancing. (2022). Retrieved 24 November 2022, from https://www.pcrm.org/news/blog/foods-boost-mood-during-covid-19-social-distancing

    Soy Intake and Hormonal Health Complications – Health & Human Development | Montana State University. (2022). Retrieved 24 November 2022, from https://www.montana.edu/hhd/graduate/dietetics/blog_posts/Soy_hormonal_health.html

    Schaefer, E., & Nock, D. (2019). The Impact of Preconceptional Multiple-Micronutrient Supplementation on Female Fertility. Clinical Medicine Insights: Women’s Health, 12, 1179562X1984386. doi: 10.1177/1179562×19843868

    Pivonello, C., Muscogiuri, G., Nardone, A., Garifalos, F., Provvisiero, D., & Verde, N. et al. (2020). Bisphenol A: an emerging threat to female fertility. Reproductive Biology And Endocrinology, 18(1). doi: 10.1186/s12958-019-0558-8

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Bayu Galih Permana Diperbarui 4 days ago
    Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.