Manfaat Surfing dan Tips bagi Pemula yang Ingin Mencobanya

    Manfaat Surfing dan Tips bagi Pemula yang Ingin Mencobanya

    Surfing alias selancar air memang tergolong aktivitas yang menantang. Meski begitu, olahraga ini juga punya banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Yuk, kenali bagaimana berselancar di laut membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.

    Manfaat surfing bagi kesehatan

    Berselancar di lautan membuat Anda harus menggerakan berbagai bagian tubuh dan mengerahkan kekuatan otot untuk menjaga kestabilan di atas papan selancar.

    Untuk itu, selancar air dapat memberikan manfaat berikut bagi kesehatan.

    1. Menyehatkan jantung dan pembuluh darah

    Seperti jenis olahraga lainnya, selancar air juga meningkatkan denyut jantung karena organ ini harus menyediakan suplai darah kaya oksigen ke seluruh tubuh.

    Ketika denyut jantung meningkat, aliran darah akan mengalami hal yang sama. Lama-kelamaan, jantung akan terlatih untuk memompa darah secara efektif.

    Artinya, jantung tidak harus sering berdetak untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Detak jantung pun menjadi lebih lambat dan tubuh Anda semakin bugar.

    2. Melatih ketahanan otot dan stamina

    Olahraga surfing membuat Anda harus sering berenang, mendayung, menyeimbangkan diri di atas papan selancar, dan naik ke papan selancar tiap kali terjatuh.

    Hal tersebut berperan besar dalam melatih stamina (endurance) dan ketahanan otot. Bahkan, selancar air mungkin lebih unggul dari olahraga di gym karena sifatnya yang menyenangkan.

    Banyak orang justru bertahan lebih lama saat berselancar karena menikmati deburan ombak, angin laut, dan sinar matahari.

    3. Menambah asupan vitamin D

    Bicara soal sinar matahari, ini pula satu lagi keunggulan surfing dari jenis olahraga yang lain.

    Berselancar di laut terbuka membuat kulit Anda terpapar sinar matahari. Ini bagus karena tubuh membutuhkan sinar matahari untuk mengolah vitamin D.

    Vitamin D berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, otot, dan sistem imun. Lewat perannya dalam menambah asupan vitamin D, berselancar akan membuat tubuh lebih sehat dan tidak gampang sakit.

    4. Membangun otot atas tubuh

    Ketika berolahraga di rumah, Anda mungkin lebih sering menggunakan otot tangan dan kaki. Namun, berbeda dengan olahraga ekstrem ini.

    Surfing punya manfaat membangun berbagai otot penting di bagian atas tubuh. Anda akan banyak melatih otot pundak, punggung, dan lengan yang jarang digunakan dalam olahraga ringan sehari-hari.

    Jangan kaget bila awalnya Anda mengalami sedikit nyeri otot setelah berselancar. Ini merupakan tanda bahwa otot atas Anda mulai terlatih.

    5. Melatih keseimbangan

    manfaat surfing

    Anda butuh keseimbangan dan kemampuan koordinasi yang luar biasa untuk menjaga tubuh tetap stabil di atas papan selancar yang kecil. Apalagi, Anda melakukan semua ini sambil mengapung di air yang terus bergerak.

    Jika berdiri dengan satu kaki di atas permukaan yang rata dapat melatih keseimbangan statis, selancar air akan melatih keseimbangan dinamis Anda.

    Dengan rutin berselancar, kemampuan koordinasi dan refleks tubuh juga akan meningkat pesat.

    6. Meningkatkan kualitas tidur

    Pernahkah Anda tidur sangat nyenyak setelah lelah berolahraga? Ternyata, aktivitas fisik memang bisa meningkatkan kualitas tidur.

    Menurut penelitian oleh Johns Hopkins Center for Sleep, ini mungkin karena olahraga merangsang produksi endorfin. Hormon endorfin saat olahraga memberikan rasa bahagia dan membuat beberapa orang terjaga.

    Saat jumlahnya mulai menurun, otak mendapatkan sinyal untuk beristirahat. Hal ini juga sekaligus membuat tubuh lebih rileks sehingga Anda tidur lebih nyenyak.

    7. Baik bagi kesehatan mental

    Olahraga surfing memberikan kesenangan tersendiri bagi penikmatnya, salah satunya karena olahraga ini membuat Anda berinteraksi dengan alam.

    Berolahraga dikelilingi dengan alam memberikan efek positif pada kesehatan fisik dan mental. Surfing memiliki manfaat meningkatkan kepercayaan diri dan membuat suasana hati lebih baik.

    Ini karena kegiatan fisik mengubah aktivitas area amigdala dan hipokampus di otak yang terlibat dalam respons saat stres.

    Kemampuan dasar untuk mencoba selancar air

    Olahraga surfing tak semudah kelihatannya. Anda harus memiliki kemampuan berenang yang baik dan fisik yang cukup kuat. Anda juga sebaiknya terbiasa dengan aktivitas fisik serta mengetahui aspek dasar keamanan saat berselancar.

    Cobalah mengikuti pelajaran berselancar dasar untuk mempersiapkan diri sebelum betul-betul masuk ke air. Pastikan tempat berselancar tersebut telah terjamin keamanannya, termasuk untuk pemula.

    Papan selancar yang Anda gunakan juga harus sesuai dengan kemampuan dan tubuh Anda. Mulailah dengan papan selancar panjang yang lebih mudah dipijak. Kenakan juga pakaian selam karena Anda akan berada dalam air cukup lama.

    Sebelum mulai olahraga surfing, Anda akan belajar berbagai teknik mendayung papan selancar. Ada tiga teknik utama yang sering digunakan peselancar, yaitu dayung lengan, dayung kaki, dan kombinasi keduanya.

    Anda juga akan belajar cara mendayung papan selancar sambil berdiri serta beragam teknik lain yang dibutuhkan untuk surfing. Pelajari baik-baik dan pastikan Anda telah memahami dasar-dasarnya sebelum mulai berselancar.

    Tips aman saat selancar air

    manfaat berselancar

    Bagi Anda para pemula yang ingin memaksimalkan manfaat surfing, sebaiknya ketahui dulu apa saja yang perlu dipersiapkan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko cedera dan merasa lebih aman saat berselancar di laut.

    Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

    • Jangan berselancar bila Anda tidak yakin dengan medannya.
    • Jangan berselancar sendirian. Ajaklah teman yang sudah biasa berselancar.
    • Walaupun ombak tidak bisa diprediksi, cobalah mengenali jenis-jenis ombak.
    • Waspadai segala jenis bahaya di lautan, terutama ombak besar dan pusaran air.
    • Sebisa mungkin, berusahalah untuk tidak terseret ombak.
    • Patuhi rambu-rambu, sinyal dari penjaga pantai, dan peraturan yang ada.
    • Melakukan pemanasan sebelum masuk ke air.
    • Memakai tali kaki yang diikat ke papan selancar jika masih pemula.
    • Menggunakan pakaian yang nyaman, seperti pakaian selam.
    • Menggunakan sunscreen meskipun pada saat cuaca berawan.

    Selancar air menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Mengingat sifatnya sebagai olahraga ekstrem, pastikan Anda melakukan persiapan yang matang agar bisa melakukan surfing dengan aman.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Surfing – health benefits – Better Health Channel. (2021). Retrieved 17 December 2021, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/surfing-health-benefits

    Health Benefits of Surfing [10 That Have The Biggest Effect] – CFSR. (2021). Retrieved 17 December 2021, from https://centerforsurfresearch.org/beginner-surfboard/health-benefits/

    Exercising for Better Sleep. (2021). Retrieved 17 December 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/exercising-for-better-sleep

    Vitamin D. (2017). Retrieved 17 December 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/vitamins-and-minerals/vitamin-d/

    Surfing – Good for the Heart, Good for the Soul – CHOC – Children’s Health. (2013). Retrieved 17 December 2021, from https://health.choc.org/surfing-good-for-the-heart-good-for-the-soul/

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui Dec 28, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan