home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

5 Manfaat Scuba Diving (Menyelam) untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Scuba Diving (Menyelam) untuk Kesehatan Tubuh

Olahraga scuba diving atau menyelam lautan tampaknya semakin populer beberapa tahun belakangan. Namun, buat apa orang repot-repot menyelam ke bawah laut sampai harus pakai tabung oksigen? Nah, selain karena kekayaan alam bawah laut begitu menakjubkan, ini dia berbagai manfaat scuba diving yang menyehatkan bagi tubuh Anda.

Manfaat scuba diving untuk kesehatan

Menyelam atau scuba diving umumnya dijadikan sarana rekreasi sekaligus olahraga yang menyehatkan tubuh. Scuba merupakan singkatan dari Self-Contained Underwater Breathing Apparatus, yang menggunakan peralatan menyelam, seperti tabung oksigen, regulator, tangki, dan alat penambah berat untuk menjelajah alam bawah laut.

Dahulu kala, hanya angkatan laut Amerika saja yang umum melakukan olahraga ini. Tetapi sekarang, banyak masyarakat umum biasa mulai gemari aktivitas scuba diving.

Kira-kira, apa manfaat dan keuntungan yang Anda dapatkan dari olahraga menyelam ini? Yuk, simak berbagai manfaat sehat yang bisa Anda dapat dari scuba diving berikut ini.

1. Melatih semua otot tubuh

anak scuba diving

Saat Anda mulai menyelam, seluruh otot tubuh Anda akan melawan arus air yang kuat. Kelly Rockwood, instruktur selam PADI America’s dan pakar kebugaran, dikutip dari Women’s Health berkata bahwa para penyelam biasanya tidak sadar bahwa kegiatan yang mereka lakukan di bawah air sebenarnya tergolong aktivitas fisik yang cukup berat.

Ketika berada di dalam air, gerakan dan beban tubuh seolah terasa lebih ringan. Padahal yang terjadi sebetulnya adalah para penyelam menggunakan kelompok otot utama tubuh untuk mendorong diri mereka bergerak melawan resistensi air sembari menjelajah lautan.

Maka tak heran sehabis melakukan scuba diving, tubuh bisa terasa sangat lelah. Terlebih saat menyelam, Anda akan membawa tabung oksigen dengan berat sekitar 30 sampai 40 kilogram serta berbagai peralatan lain yang mencapai 10 kilogram.

Karena itulah otot Anda akan jadi lebih terlatih dan terbentuk, tanpa perlu berkeringat berlebihan seperti ketika latihan di pusat kebugaran.

2. Membakar kalori besar-besaran

Olahraga scuba diving selama 30 menit mampu membakar 40 kalori, lho. Berkat resistensi dan gerakan di dalam air, Anda ternyata mampu membakar kalori lebih banyak daripada olahraga lainnya. Namun, manfaat scuba diving ini tergantung dari berat badan, arus air, dan intensitas menyelam yang Anda lakukan.

Brad Johnson, Ph.D., ahli kebugaran dan penulis buku kesehatan menyarankan agar jangan melewatkan asupan makanan dengan porsi yang cukup dan minum air sebanyak mungkin jika Anda menyelam beberapa kali dalam satu hari.

Jika tidak diimbangi dengan asupan makanan dan minuman yang cukup, dikhawatirkan akan menyebabkan masalah kesehatan akibat menyelam yang serius. Hal ini karena pada dasarnya kalori Anda sudah terkuras cukup banyak selama melakukan olahraga ini.

3. Melatih pernapasan

Anda dilarang untuk sekadar menahan napas pada saat menyelam. Pada saat menyelam Anda justru harus menggunakan pernapasan dalam (biasanya menggunakan napas perut). Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko cedera pada paru-paru.

Menurut Harvard Medical School, pernapasan menggunakan napas perut bisa meningkatkan fungsi paru sekaligus memperkuat sistem pernapasan. Selain itu, menggunakan pernapasan dalam saat scuba diving juga bermanfaat untuk membiarkan tubuh menyerap lebih banyak oksigen dan melepaskan lebih banyak karbon dioksida.

Bonus lainnya, teknik pernapasan dalam ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengatasi depresi, gangguan kecemasan, dan gangguan lain terkait masalah stres.

4. Menghilangkan stres

manfaat menyelam untuk relaksasi

Mengombinasikan keluarnya hormon endorfin saat menyelam, melakukan pernapasan dalam, dan melihat pemandangan bawah laut yang cantik, bisa membantu Anda melepas stres. Anda mungkin akan merasakan kedamaian dan ketenangan saat berada mengapung dalam air.

Menurut jurnal Frontiers In Psychology, komponen dalam scuba diving memiliki manfaat yang sama ketika Anda melakukan teknik meditasi, salah satunya pernapasan dalam dan lambat. Olahraga menyelam diharapkan memiliki efektivitas yang sama untuk mengurangi stres.

Hasilnya, olahraga scuba diving sebagai sarana rekreasi mampu meningkatkan mood seseorang yang mengalami masalah suasana hati. Manfaat yang dirasakan juga tampaknya lebih besar daripada olahraga lain dalam mengurangi stres.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Anda mungkin kurang percaya diri saat harus keluar dari zona nyaman. Sebagai salah satu olahraga ekstrem dan menantang, scuba diving akan memacu adrenalin dan mendorong kemampuan fisik Anda ke tingkat yang lebih tinggi.

Alfred Bove, M.D., Ph.D., profesor Temple University School of Medicine dan penyelam bersertifikat menyatakan, semakin Anda mampu mengatasi rasa takut ketika menyelam, semakin meningkat juga kepercayaan diri Anda untuk menghadapi tantangan lain saat menjalani kehidupan sehari-hari.

Jadi bagaimana, tertarik mencoba olahraga yang unik dan menantang ini? Pastikan Anda sudah menguasai teknik berenang, mengikuti kursus untuk belajar diving dan memahami teknik scuba diving yang diberikan oleh instruktur Anda.

Lakukan juga konsultasi dengan dokter untuk memastikan tubuh dalam kondisi sehat dan bugar. Jika Anda mengalami gangguan kesehatan tertentu, hal ini bisa menghambat aktivitas dan membawa risiko yang bahkan bisa mengancam nyawa.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Connell, T. Eight Ways Diving is Good for your Health. Blog.padi.com. Retrieved 19 September 2019, from https://blog.padi.com/2019/12/11/eight-ways-diving-is-good-for-your-health/.

Fetters, K. (2014). 5 Ways Scuba Diving Works Your Body ALL Over. Women’s Health. Retrieved 19 September 2017, from https://www.womenshealthmag.com/fitness/a19911616/scuba-diving/

Top 10 Health Benefits of Scuba Diving. Health Fitness Revolution. (2017). Retrieved 19 September 2017, from https://www.healthfitnessrevolution.com/top-10-health-benefits-scuba-diving/.

Take a deep breath – Harvard Health. Harvard Health. Retrieved 6 April 2021, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/take-a-deep-breath

Beneton, F., Michoud, G., Coulange, M., Laine, N., Ramdani, C., & Borgnetta, M. et al. (2017). Recreational Diving Practice for Stress Management: An Exploratory Trial. Frontiers In Psychology, 8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.02193

Foto Penulis
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 27/05/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus