home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Jenis Olahraga untuk Menghilangkan Stres, Apa Saja?

5 Jenis Olahraga untuk Menghilangkan Stres, Apa Saja?

Aktivitas Anda setiap hari tentu tidak lepas dari stres. Jika mampu mengatasinya, Anda bisa menjalani hari tanpa rasa cemas maupun gelisah. Nah, salah satu cara mudah terbebas dari stres adalah dengan berolahraga. Lantas, kira-kira olahraga apa saja yang ampuh menghilangkan stres? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Berbagai jenis olahraga untuk menghilangkan stres

Stres adalah salah satu gangguan yang bisa berpengaruh pada fisik atau psikis. Jika Anda tidak mampu mengelola stres yang membebani pikiran, mungkin saja hal ini membuat kualitas hidup menurun. Akibatnya, Anda jadi sulit berpikir jernih, sulit tidur, hingga tidak lagi produktif saat bekerja.

Untuk mengatasinya, ada beberapa jenis olahraga yang bisa meningkatkan stamina sekaligus ampuh menghilangkan stres dari pikiran Anda.

1. Jalan santai atau jalan cepat

manfaat jalan mundur

Berjalan merupakan salah satu olahraga paling mudah Anda lakukan. Olahraga ini sangat cocok Anda lakukan apabila baru memulai aktivitas sehat sebagai rutinitas. Baik itu jalan santai maupun jalan cepat, gerakan kaki berulang selama latihan bisa membantu melepaskan ketegangan otot, menenangkan sistem saraf, dan juga melatih pernapasan Anda jadi lebih baik.

Selain itu, jalan santai atau jalan cepat juga bisa memanjakan mata. Anda bisa menikmati pemandangan rindang pohon-pohon yang ada di taman yang mungkin jarang Anda lihat dan amati. Aktivitas untuk menghilangkan stres ini bisa jadi waktu menyenangkan untuk Anda lakukan bersama keluarga, pasangan, atau teman.

Untuk memulainya, lakukan aktivitas ini setidaknya selama 10 menit setiap 2 kali seminggu. Setelah dua atau tiga minggu berikutnya, tingkatkan frekuensi dan durasi olahraga secara bertahap. Untuk mendapatkan manfaat berjalan, Anda sebaiknya melakukan jalan santai atau jalan cepat selama 30 menit setiap hari demi mengelola stres.

2. Menari

olahraga dance menghilang stres

Menari atau dance bisa membantu Anda meningkatkan kelincahan tubuh ketika bergerak. Otot dalam tubuh akan menegang dan melakukan relaksasi selama melakukan gerakan tari. Selain itu, setiap gerakan tari juga dapat meningkatkan detak jantung Anda.

Menari bermanfaat untuk menghilangkan stres. Kondisi ini tumbuh dari kontak dan hubungan Anda dengan orang lain. Ketika Anda berusaha menyamakan ritme musik dengan berbagai gerakan supaya tetap kompak ketika dance berpasangan, Anda merasa bekerja sama dan bersenang-senang bersama.

Semua itu akan mengalihkan pikiran Anda dari berbagai masalah. Otak akan kembali fresh dan Anda dapat kembali berpikir jernih. Iringan musik up beat juga dapat menurunkan gejala stres dan depresi, dan terbukti dapat meningkatkan semangat selama melakukan latihan.

3. Yoga

yoga untuk menurunkan berat badan

Berbagai pose yoga yang membuat tubuh menjadi lebih lentur ternyata mampu mengurangi ketegangan otot. Latihan untuk memusatkan pikiran melalui pernapasan dalam, bisa memicu respons relaksasi tubuh dan menjadi kunci untuk mengelola stres.

Menurut survei dalam jurnal Complementary Therapies In Medicine, praktisi yoga menyetujui bahwa melakukan latihan ini dapat meningkatkan energi, kebahagiaan, hubungan sosial, dan kualitas tidur berkaitan dengan stres dan depresi. Semakin lama mereka berlatih yoga, semakin terasa pula berbagai manfaat yoga bagi kesehatan.

Anda bisa melakukan yoga sendiri di rumah dengan panduan dari video atau mengikuti kelas yoga khusus pemula bersama orang lain dan pelatih yoga. Beberapa kelas yoga yang bisa Anda pilih untuk mengurangi stres, antara lain hatha, ashtanga, vinyasa, atau bikram.

4. Tai chi

olahraga terbaik untuk penyakit jantung

Tai chi merupakan salah satu olahraga bela diri asal Tiongkok ini bukan hanya mengandalkan gerakan tubuh, melainkan juga fokus untuk mengendalikan gerakan tersebut. Konsentrasi dan pernapasan juga harus Anda tingkatkan untuk mengatur irama tubuh layaknya air mengalir.

Latihan tai chi akan lebih maksimal apabila Anda berlatih pada lokasi terbuka yang dekat dengan alam dan pantai. Ketenangan dan suasana tersebut akan membuat Anda semakin rileks. Selain itu, manfaat olahraga untuk menghilangkan stres ini juga bisa meningkatkan kelenturan dan stamina tubuh.

Apabila Anda mengombinasikan latihan tai chi dengan tidur cukup dan tepat waktu, kesehatan jiwa Anda juga akan membaik. Gejala stres, depresi, hingga gangguan kecemasan yang Anda rasakan juga akan berkurang.

5. Olahraga rekreasi

olahraga rekreasi untuk mengurangi stres

Olahraga rekreasi terdiri dari berbagai jenis olahraga atau aktivitas fisik yang melibatkan individu atau kelompok dengan tujuan memperoleh manfaat kesehatan dan kebugaran, sekaligus membangun hubungan dan kegembiraan.

Ada banyak jenis olahraga rekreasi yang bisa Anda lakukan bersama teman, keluarga, atau pasangan. Olahraga rekreasi tersebut contohnya adalah badminton atau tenis yang bisa Anda mainkan berpasangan bisa membangun ikatan dengan orang lain.

Setiap kali mencetak poin, Anda akan merasa puas dan bangga yang bisa mengurangi stres yang membebani. Olahraga ini juga membutuhkan gerak tubuh dan konsentrasi tinggi yang membantu menyehatkan jantung dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Benarkah manfaat olahraga mampu untuk menghilangkan stres?

Stres bisa memengaruhi kondisi kesehatan Anda mulai dari ujung kaki hingga ujung rambut. Lebih dari 77 persen orang yang mengalami stres akan merasakan gejala, seperti sakit kepala, insomnia, cemas, berat badan naik, nyeri otot, gangguan pencernaan, dan sulit berkonsentrasi.

Jika Anda mencoba menghilangkan stres tanpa menyelesaikan akar permasalahannya, tentu hal ini tergolong sulit. Namun, mempelajari bagaimana Anda menghadapi stres adalah cara terbaik untuk menekan beberapa gejala stres. Salah satu caranya dengan melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga.

“Saat Anda melakukan aktivitas fisik, tubuh Anda memproduksi hormon endorfin. Hormon ini bekerja untuk melawan stres. Jadi, olahraga dapat membebaskan pikiran Anda dari berbagai masalah,” ujar Frank Lupin, MS, pelatih atlet berlisensi dari Coordinated Health, seperti dikutip dari Everyday Health.

Gerakan badan saat berolahraga membuat otot aktif bekerja sehingga membantu melancarkan peredaran darah. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan latihan pernapasan sebelum atau sesudah latihan. Hal ini akan merangsang tubuh agar lebih rileks dan membuat aktivitas olahraga efektif untuk menghilangkan stres Anda.

Namun jangan sampai olahraga berlebihan, karena hal ini malah akan berdampak sebaliknya. Jika stres yang Anda alami masih belum pulih, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau psikolog untuk menentukan penanganan yang sesuai.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hanley, K. (2017). 9 Exercises for Stress Relief. EverydayHealth.com. Retrieved 6 November 2018, from https://www.everydayhealth.com/healthy-living/fitness/9-exercises-stress-relief

8 Exercises That Relieve Stress – Women’s Guide to Stress Management. EverydayHealth.com. (2018). Retrieved 6 November 2018, from https://www.everydayhealth.com/exercise-photos/exercises-that-relieve-stress.aspx

Waehner, P., & Goldman, R. (2018). Exercise: The Best Stress Relief. Verywell Fit. Retrieved 6 November 2018, from https://www.verywellfit.com/exercise-and-stress-relief-1231199

Ross, A., Friedmann, E., Bevans, M., & Thomas, S. (2013). National survey of yoga practitioners: Mental and physical health benefits. Complementary Therapies In Medicine, 21(4), 313-323. https://doi.org/10.1016/j.ctim.2013.04.001

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 07/07/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x