Apa Efeknya Jika Menggunakan Steroid untuk Membesarkan Otot?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mempunyai otot yang besar mungkin merupakan kebanggaan tersendiri, terutama bagi kaum pria atau orang yang menggeluti dunia olahraga. Terkadang keinginan untuk membesarkan otot dengan cepat muncul sehingga menggunakan steroid untuk membantunya. Tapi apakah menggunakan steroid untuk membesarkan otot itu baik?

Apa itu steroid?

Steroid sebenarnya suatu bahan yang diproduksi secara alami dalam tubuh. Ada banyak jenis steroid yang berbeda yang diproduksi oleh tubuh secara alami. Semuanya ini tentu mempunyai fungsi masing-masing pada tubuh. Contohnya, kolesterol dan hormon testosteron pada pria yang keduanya mempunyai fungsi yang berbeda pada tubuh.

Steroid buatan

Selain steroid alami yang ada dalam tubuh, juga ada steroid buatan. Steroid buatan yang sering dikenal adalah steroid sintetis dan steroid anabolik.

Steroid sintetis adalah steroid yang dipakai sebagai obat antiperadangan. Obat ini biasa digunakan untuk menyembuhkan penyakit seperti asma, irritable bowel syndrome, eksim, artritis, dan masih banyak lagi. Steroid jenis ini dapat mengurangi peradangan dan mengurangi aktivitas sistem kekebalan tubuh, sehingga berguna untuk menyembuhkan penyakit.

Nah, steroid yang sering digunakan untuk membesarkan otot adalah steroid anabolik. Steroid untuk membesarkan otot ini merupakan bahan sintetis yang mirip dengan hormon seks pria (hormon testosteron). Karena steroid mirip dengan hormon testosteron pada pria, maka penggunaan steroid ini bisa menyebabkan ciri dan karakteristik pria muncul, seperti tumbuh janggut dan kumis, serta mendukung perkembangan otot dan tulang.

Karena manfaatnya tersebut, steroid anabolik sintetis digunakan secara medis untuk merangsang pubertas pada pria atau untuk menghambat kehilangan otot pada penderita AIDS dan kanker. Namun, steroid anabolik sintetis juga sering digunakan secara ilegal untuk membesarkan otot, terutama di kalangan atlet.

Steroid untuk membesarkan otot, apakah aman?

Steroid sering disalahgunakan untuk membesarkan otot, padahal hal ini sudah dilarang. Para pengguna steroid tersebut bahkan menggunakan steroid dengan dosis 10-100 kali lebih besar dari dosis medis. Tentu ini merupakan jumlah yang sangat besar. Padahal, steroid bisa membahayakan kesehatan.

Steroid anabolik dapat membuat protein tersedia lebih banyak dalam otot, sehingga memungkinkan otot terbentuk lebih besar. Inilah mengapa steroid anabolik bisa untuk membesarkan otot. Tapi sebenarnya, steroid alami dalam tubuh yang mengatur pembesaran otot (yaitu testosteron) membatasi seberapa besar otot bisa terbentuk.

Pada dasarnya, steroid anabolik mempunyai struktur dan fungsi yang sama dengan testosteron. Namun, terlalu banyak steroid anabolik yang masuk ke tubuh dapat menyebabkan banyak dampak buruk bagi kesehatan. Beberapa dampak yang bisa ditimbulkan adalah jerawatan, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, meningkatkan risiko penyakit hati dan kanker hati, kulit menguning, dan kebotakan.

Tak hanya itu, pria yang sering menggunakan steroid anabolik juga bisa mengalami disfungsi ereksi, testis mengerut, payudara membesar, bahkan tidak subur. Tambahan steroid yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon sehingga tubuh tidak bisa berfungsi seperti biasa dan mengganggu kesehatan Anda.

Pakai cara alami untuk membesarkan otot

Jika Anda ingin membesarkan otot, sebaiknya pakai cara-cara alami, bukan cara instan seperti menggunakan steroid ini. Perbanyak latihan ketahanan otot serta mengonsumsi lebih banyak makanan sumber protein sebenarnya sudah cukup membuat otot Anda berkembang lebih besar. Yang terpenting adalah lakukan hal tersebut dengan rutin.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Gerakan Olahraga yang Manjur Mengecilkan Perut

Punya perut buncit bukan cuma ganggu penampilan tapi juga bahaya bagi kesehatan. Yuk, ikuti senam mengecilkan perut yang bisa Anda coba rutin di rumah!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Latihan Kekuatan Otot, Kebugaran 14 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Inilah Fungsi 4 Hormon Penting untuk Manusia Bertahan Hidup

Anda mungkin sudah tahu kalau hormon yang tak seimbang bisa menimbulkan masalah kesehatan. Tapi, tahukah Anda apa saja fungsi hormon esensial dalam tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Kesehatan, Informasi Kesehatan 11 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Ingin Membentuk Otot? Jangan Latihan Keras Setiap Hari

Agar otot lebih kuat, tak perlu olahraga mati-matian. Penelitian membuktikan kalau Anda perlu meluangkan waktu satu hari untuk "rest day" dan tidak ngegym.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit

Mengenal Sistem Otot Manusia dan Masing-masing Fungsinya

Sistem otot manusia terdiri lebih dari 600 otot dengan masing-masing fungsi pada tubuh. Yuk, pahami lebih lengkap melalui artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Muskuloskeletal 26 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit

Direkomendasikan untuk Anda

otot kekar pada wanita

Apakah Sehat Jika Wanita Berotot Kekar Bak Pria Binaragawan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

6 Langkah Membentuk Perut Six Pack

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 9 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
cara membentuk otot

7 Rahasia Membentuk Otot Hanya Dalam Satu Minggu

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 1 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
gerakan olahraga melatih kelenturan tubuh

10 Gerakan Olahraga Untuk Meraih Kelenturan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit