home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Manfaat Mengonsumsi Suplemen BCAA untuk Membentuk Otot

3 Manfaat Mengonsumsi Suplemen BCAA untuk Membentuk Otot

Banyak pria bahkan wanita sekarang ini ingin memiliki tubuh yang bagus dan dan massa otot yang besar. Tak heran, banyak orang berlomba-lomba melakukan olahraga dari intensitas ringan sampai berat untuk membentuk otot. Untuk mendukung pembentukan otot, beberapa orang juga sengaja mengonsumsi suplemen BCAA. Apa itu?

Apa itu suplemen BCAA?

Suplemen BCAA (branched-chain amino acid) adalah suplemen yang mengandung tiga asam amino esensial, yaitu leusin, isoleusin, dan valin. Ketiga nutrisi ini biasanya Anda peroleh dari konsumsi makanan sumber protein, seperti daging, susu dan produk susu, dan kacang-kacangan.

Bagi Anda yang suka pergi ke gym atau suka berolahraga, Anda mungkin tidak asing lagi dengan suplemen ini. Banyak orang memanfaatkan suplemen ini untuk meningkatkan performa selama berolahraga dan untuk membentuk otot.

Apa saja manfaat suplemen BCAA?

Tubuh tidak bisa menghasilkan BCAA dengan sendirinya, sehingga Anda butuh mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung BCAA. BCAA diperlukan untuk menghasilkan energi ketika cadangan glikogen di tubuh Anda habis. Kondisi ini sering terjadi saat Anda melakukan olahraga berat, sehingga konsumsi makanan atau suplemen BCAA dibutuhkan.

Beberapa manfaat dari suplemen BCAA adalah:

1. Meningkatkan massa otot

Banyak orang mengonsumsi suplemen yang mengandung BCAA dengan tujuan untuk meningkatkan massa otot. Ya, BCAA memang terbukti dapat meningkatkan massa otot, terutama jika mengandung leusin yang lebih banyak dibandingkan isoleusin dan valin. Tampaknya, leusin mempunyai peran paling penting dalam pembentukan otot.

Menurut penelitian, BCAA juga terbukti dapat mengaktifkan enzim yang bertanggung jawab dalam pembentukan otot. BCAA dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melakukan sintesis protein untuk pembentukan otot dan juga menurunkan degradasi protein (kerusakan otot).

2. Mengurangi nyeri otot setelah olahraga

Konsumsi BCAA sebelum atau setelah olahraga terbukti dapat mengurangi nyeri otot yang Anda rasakan setelah olahraga. Hal ini dilakukan BCAA dengan cara menurunkan kadar enzim kreatin kinase dan laktat dehidrogenase, yang berhubungan dengan kerusakan otot. Dengan cara ini, BCAA dapat mempercepat pemulihan dan melindungi Anda dari kerusakan otot.

Selain itu, BCAA juga dapat membantu mengurangi kelelahan setelah berolahraga. Penelitian menunjukkan bahwa BCAA dapat meningkatkan ketahanan terhadap kelelahan dan membantu Anda menghemat energi yang tersimpan dalam otot.

3. Membantu menurunkan berat badan

Leusin juga dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dan menyeimbangkan kadar gula darah. Kandungan leusin dan isoleusin dalam suplemen BCAA dapat meningkatkan produksi insulin, sehingga otot dapat menyerap gula lebih banyak dan kemudian menurunkan kadar gula darah Anda. Kadar gula darah yang seimbang mampu mencegah Anda dari kenaikan berat badan. Dengan cara ini, konsumsi BCAA dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Bagaimana cara mengonsumsi suplemen BCAA?

Tidak semua orang butuh untuk mengonsumsi suplemen BCAA. Bahkan, suplemen BCAA tidak dibutuhkan setiap Anda melakukan olahraga atau latihan. Hal ini karena Anda masih bisa memenuhi kebutuhan BCAA dari makanan.

Kebutuhan BCAA dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti ukuran tubuh dan intensitas olahraga. Menurut penelitian terbaru, orang dewasa sehat disarankan untuk mendapatkan BCAA minimal 9 gram per hari untuk wanita dan minimal 12 gram per hari untuk pria. Kebutuhan BCAA ini bisa dipenuhi hanya dengan mengonsumsi makanan sumber protein.

Namun, bagi atlet dan orang-orang yang melakukan olahraga berat, kebutuhan BCAA bisa sedikit lebih besar. Sehingga, mungkin mereka perlu mengonsumsi suplemen BCAA. Mengonsumsi suplemen BCAA sebesar 15-35 gram per hari umumnya aman dan tidak menimbulkan efek samping pada kebanyakan orang.

Waktu terbaik untuk mengonsumsi suplemen BCAA adalah sebelum dan/atau setelah olahraga. Beberapa orang yang ingin meningkatkan massa ototnya juga bisa mengonsumsi suplemen ini di pagi hari atau sebelum tidur.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

WebMD. BRANCHED-CHAIN AMINO ACIDS: Uses, Side Effects, Interactions and Warnings – WebMD. [online] Available at: http://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-1005-branched-chain%20amino%20acids.aspx?activeingredientid=1005 [Accessed 11 Jul. 2017].

Bellefonds, C. (2016). What Are BCAAs—and How Do They Affect Your Workouts?. [online] Available at: http://www.womenshealthmag.com/food/bcaa-benefits [Accessed 11 Jul. 2017].

Petre, Alina. (2016). BCAA Benefits: A Review of Branched-Chain Amino Acids. [online] Authority Nutrition. Available at: https://authoritynutrition.com/bcaa/ [Accessed 11 Jul. 2017].

Sports Dietitians Australia (SDA). Branched-Chain Amino Acids (BCAA’s) – Sports Dietitians Australia (SDA). [online] Available at: https://www.sportsdietitians.com.au/factsheets/supplements/branched-chain-amino-acids-bcaas/ [Accessed 11 Jul. 2017].

McNight, C. (2014). Branch Chain Amino Acids Benefits. [online] Available at: http://www.livestrong.com/article/440616-branch-chain-amino-acid-benefits/ [Accessed 11 Jul. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala pada 18/07/2017
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x