Bisakah Seseorang Hidup Tanpa Pankreas?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Pankreas adalah organ pada sistem pencernaan yang tentunya penting untuk dijaga kesehatannya agar tidak mengalami gangguan kesehatan. Bagian badan pankreas memanjang mulai pada bagian kiri atas perut dan bagian kepalanya menempel pada usus dua belas jari (daerah kanan perut).

Pankreas memiliki dua fungsi, yaitu fungsi eksokrin dan endokrin. Fungsi eksokrin untuk menghasilkan enzim pencernaan yang membantu mencerna makanan di dalam usus. Fungsi endokrin untuk menghasilkan hormon, salah satunya insulin yang membantu menurunkan gula darah dalam tubuh.

Pankreas dapat berfungsi dengan baik jika Anda menjaga kesehatan Anda. Lalu bagaimana jika Anda dihadapkan dalam satu kondisi yang mengharuskan Anda untuk mengangkat pankreas demi kesehatan Anda? Dapatkah seseorang bertahan hidup tanpa pankreas?

Bisakah hidup tanpa pankreas?

Jawabannya adalah ya, Anda bisa hidup tanpa pankreas, baik setelah operasi pengangkatan sebagian atau total. Pembedahan untuk menghilangkan seluruh pankreas jarang dilakukan. Namun, hal ini mungkin dilakukan jika Anda memiliki kanker pankreas, pankreatitis kronis, atau kerusakan pankreas serius karena cedera.

Anda perlu melakukan penyesuaian terhadap hidup Anda selanjutnya jika pankreas Anda sudah diangkat. Pankreas Anda menghasilkan hormon yang dapat mengontrol gula darah dan membantu tubuh Anda mencerna makanan. Setelah operasi, Anda harus minum obat untuk menangani fungsi ini.

insulinoma tumor pankreas

Hidup tanpa pankreas dan proses pemulihan

Operasi untuk mengangkat pankreas disebut pankreatektomi. Operasi ini bisa bersifat parsial, hanya mengangkat bagian pankreas yang sakit. Operasi ini juga dapat mengangkat seluruh pankreas yang biasa disebut pankreatektomi total. Dalam operasi pengangkatan seluruh pankreas juga akan mengangkat beberapa organ lain seperti usus dua belas jari, limpa, kantong empedu, bagian dari saluran empedu, dan beberapa kelenjar getah bening di dekat pankreas Anda.  

Setelah operasi, Anda akan dirawat selama beberapa minggu atau tergantung kondisi Anda. hari-hari setelah operasi, Anda akan menjalani diet cair yaitu makan makanan cair . Mungkin Anda akan merasa sakit pada bagian bekas operasi dan butuh beberapa bulan untuk Anda melakukan aktivitas seperti biasanya.

Orang yang tidak memiliki pankreas dalam tubuhnya, tidak dapat memproduksi insulin secara alami. Selain itu, kemampuan tubuhnya untuk menyerap nutrisi dari makanan juga berkurang. Tak jarang orang yang hidup tanpa pankreas memiliki risiko tinggi mengalami diabetes. Oleh karena itu, ia membutuhkan suntikan insulin dan enzim pencernaan setiap harinya semasa hidupnya.

Dokter mungkin menyarankan untuk makan beberapa porsi kecil setiap hari untuk menghindari lonjakan gula darah. Menghindari konsumsi alkohol juga dapat membantu menjaga kesehatan jangka panjang.

Berapa lama manusia bisa bertahan hidup tanpa pankreas?

Melakukan perawatan medis yang sesuai dan mengikuti pola hidup sehat akan meningkatkan harapan hidup Anda setelah operasi pengangkatan pankreas. Sebuah penelitian menemukan bahwa tingkat kelangsungan hidup selama tujuh tahun sebesar 76 persen, jika sesorang pada kondisi non-kanker seperti pankreatitis melakukan operasi. Namun, untuk orang dengan kanker pankreas, tingkat kelangsungan hidup tujuh tahun adalah 31 persen.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Payudara Terasa Sakit, Apa Penyebabnya Selalu Kanker?

Penyebab payudara sakit kerap dikaitkan dengan kanker. Namun, apakah anggapan itu benar? Bagaimana penjelasan lengkapnya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kanker Payudara, Kanker 14 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

5 Tanda Pasangan Anda Sedang Memendam Rasa Dengan Orang Lain

Pasangan Anda berubah? Bisa saja ia sedang selingkuh hati. Bagaimana ciri-ciri orang yang sedang selingkuh pakai hati? Simak tanda-tandanya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
brazilian blowout

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit