7 Gejala Serangan Jantung yang Umum Terjadi pada Wanita

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 September 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Ketika wanita terkena serangan jantung, kemungkinan gejala yang dirasakan tidak selalu sama dengan apa yang dirasakan pria. Wanita  tidak selalu mendapatkan gejala klasik yang sama dengan pria, seperti nyeri dada yang menyebar ke bagian tubuh lainnya. Lalu, apa saja gejala serangan jantung yang sering dialami oleh wanita? Simak penjelasan mengenai serangan jantung yang terjadi pada wanita berikut ini.

Serangan jantung pada wanita

Jika boleh dibandingkan, serangan jantung yang dialami oleh wanita dan pria cukup berbeda. Risiko serangan jantung yang dialami wanita memang lebih lama, yaitu dimulai di usia 55 tahun, sedangkan pria di usia 45 tahun. Namun, tingkat keparahan serangan jantung yang dialami wanita biasanya lebih tinggi.

Penyebab serangan jantung pada wanita lebih berbahaya karena sering kali dialami saat sudah memasuki usia lanjut. Oleh sebab itu, masalah jantung yang dimilikinya pun menjadi lebih rumit. Umumnya, pada usia lanjut, wanita juga memiliki masalah kesehatan jantung lainnya.

Tak hanya itu, tingkat keparahan serangan jantung yang dialami wanita terjadi karena sering kali gejala serangan jantung yang timbul malah diabaikan. Biasanya, hal tersebut dilakukan karena gejala yang muncul tidak menunjukkan adanya masalah jantung.

Gejala serangan jantung yang sering terjadi pada wanita

Berikut adalah beberapa gejala serangan jantung yang lebih sering dialami oleh para wanita, seperti:

1. Nyeri dada atau dada terasa tak nyaman

Nyeri pada bagian dada sebenarnya adalah gejala serangan jantung yang paling umum. Akan tetapi, beberapa wanita mungkin mengalaminya secara berbeda dari pria. Pada saat merasakan gejala serangan jantung yang satu ini, dada Anda mungkin terasa seperti penuh atau diremas.

Hal ini juga bisa menimbulkan rasa sakit di bagian tubuh lainnya. Saat serangan jantung terjadi, dada Anda biasanya terasa benar-benar tidak nyaman. Rasanya seperti ada yang mengikat dada Anda dengan sesuatu yang sangat ketat.

Layaknya gejala serangan jantung yang dialami pria, rasa nyeri di dada juga termasuk gejala serangan jantung yang paling sering dialami wanita.

2. Nyeri di lengan, punggung, leher atau rahang

Jenis rasa sakit ini lebih sering terjadi pada wanita dibanding pada pria. Hal ini mungkin membingungkan, karena mungkin saja Anda berpikir bahwa rasa sakit sebagai gejala serangan jantung pada wanita akan terfokus pada dada, bukan punggung atau rahang.

Gejala dari serangan jantung yang dialami wanita ini dapat terjadi secara bertahap atau mendadak, dan mungkin akan perlahan menghilang sebelum tiba-tiba muncul kembali tapi dengan frekuensi yang lebih intens.

Jika Anda sedang tidur, serangan ini bisa membuat Anda terbangun dari tidur. Oleh sebab itu, Anda harus melaporkan setiap gejala yang tidak biasa atau tidak dapat dijelaskan.

3. Napas terengah-engah

Napas yang terlalu pendek membuat napas Anda terdengar seperti terengah-engah. Bahkan, Anda mungkin merasa kesulitan untuk bernapas terutama saat Anda beraktivitas ringan hingga berat. Apalagi jika kondisi ini disertai dengan rasa lelah atau dada yang terasa sesak.

Hal ini salah satu kondisi yang menandakan adanya masalah pada jantung Anda. Gejala dari serangan jantung ringan pada wanita ini bisa saja dialami pada saat Anda sedang berbaring, tapi gejalanya akan mereda jika Anda sudah kembali duduk.

4. Gangguan tidur

Rupanya, gangguan tidur juga termasuk dari salah satu gejala serangan jantung yang dialami oleh wanita. Biasanya, gejala yang satu ini dirasakan oleh para wanita dalam bentuk:

  • Kesulitan untuk tidur.
  • Sering terbangun tengah malam, tanpa alasan yang jelas.
  • Merasa lelah meski sudah tidur cukup.

Jika Anda mengalami gejala yang satu ini, tanyakan kepada dokter apakah gangguan tidur yang Anda alami berkaitan dengan serangan jantung.

5. Sakit perut

Tidak sedikit wanita yang merasakan rasa sakit atau tekanan di bagian perut tepat sebelum mengalami serangan jantung. Namun, ada pula masalah pencernaan yang berkaitan erat dengan gejala serangan jantung yang terjadi pada wanita.

  • Mual
  • Muntah
  • Gangguan pencernaan

Sayangnya, banyak pula yang salah mengartikan gejala ini. Padahal, beberapa kasus serangan jantung yang wanita, para wanita mengalami tekanan di bagian perut yang cukup parah. Bahkan, jika digambarkan rasanya seperti ada seekor gajah yang duduk di atas perutnya.

6. Berkeringat dingin

Jika Anda berkeringat karena baru berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat, itu wajar. Namun, jika Anda berkeringat padahal tidak melakukan apapun, Anda patut merasa curiga. Pasalnya, kondisi ini termasuk sebagai salah satu gejala serangan jantung yang dialami wanita.

Apalagi jika keringat yang dihasilkan oleh tubuh adalah keringat dingin. Hal ini tergolong umum terjadi pada wanita yang mengalami serangan jantung. Anda mungkin akan merasa lebih seperti berkeringat karena stres saat mengalaminya.

7. Kelelahan

Tidak sedikit wanita yang mengalami serangan jantung merasa lelah. Bahkan, sekalipun wanita-wanita ini telah duduk diam untuk sementara waktu dan tidak secara aktif menggerakkan tubuhnya. Maka itu, tak salah jika Anda patut mencurigai rasa lelah yang berlebihan sebagai gejala serangan jantung yang sering dialami wanita.

Bahkan, rasa lelah ini bisa membuat Anda menjadi tidak kuat hanya untuk sekedar berjalan kaki ke kamar mandi. Namun, tidak semua wanita mengalami gejala ini.

Risiko kematian akibat serangan jantung pada wanita

Menurut Texas Heart Institute, setelah satu tahun mengalami serangan jantung, lebih dari 50% pasien wanita lebih berisiko mengalami kematian dibanding pria. Selain itu, risiko wanita mengalami serangan jantung kedua juga lebih tinggi dibanding pria.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab risiko kematian akibat serangan jantung yang dialami wanita lebih tinggi dibanding pada pria. Salah satunya adalah persebaran plak pada seluruh dinding arteri, sehingga sering kali mengecoh hasil pemeriksaan jantung pada wanita.

Hal ini menyebabkan penanganan serangan jantung pada wanita sering terlambat. Tak hanya itu, reaksi pada pengobatan serangan jantung yang dialami wanita juga dapat meningkatkan risiko kematian, misalnya reaksi terhadap operasi bypass jantung.

Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk melakukan pencegahan serangan jantung pada wanita untuk meminimalisasi risiko kematian akibat serangan jantung.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Kelainan Katup Jantung Bawaan dan Cara Mengatasinya

Kelainan atau penyakit katup jantung bisa terjadi karena bawaan dari lahir dan bisa terdeteksi pada bayi. Apa penjelasannya dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Jantung, Penyakit Jantung Lainnya 1 Juli 2020 . Waktu baca 7 menit

Panduan Menjaga Kesehatan Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan

Menjaga kesehatan anak dengan penyakit jantung bawaan memang bukan tugas mudah. Jangan khawatir, simak panduannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Jantung, Penyakit Jantung Lainnya 1 Juli 2020 . Waktu baca 10 menit

Gagal Jantung Akut, Apa Bedanya dengan Gagal Jantung Kronis?

Gagal jantung terbagi dua berdasarkan progresnya, yaitu gagal jantung akut dan gagal jantung kronik. Apa yang dimaksud gagal jantung akut?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Jantung, Gagal Jantung 1 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

Endokarditis

Endokarditis adalah infeksi bakteri yang menyerang endokardium, bagian dari organ jantung. Ketahui lebih lanjut gejala, penyebab, dan pengobatannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Jantung, Penyakit Jantung Lainnya 30 Juni 2020 . Waktu baca 11 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kuning telur untuk jantung

Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan Jantung

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 3 September 2020 . Waktu baca 3 menit
makanan yang dilarang untuk pasien penyakit jantung

5 Jenis Pantangan Makanan untuk Pasien Penyakit Jantung

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 6 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit
manfaat virgin coconut oil minyak kelapa dara; virgin coconut oil

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 4 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 3 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit