home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Blood Pool Scan Jantung

Blood Pool Scan Jantung

Setiap hari jantung bekerja untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bila fungsi ini terganggu, maka akan muncul berbagai masalah pada jantung dan bagian tubuh lainnya. Nah, untuk mengetahui seberapa baik kerja jantung dalam memompa darah, Anda dapat menjalani pemeriksaan blood pool scan jantung.

Apa itu blood pool scan jantung?

Blood pool scan jantung adalah pemeriksaan yang menunjukkan seberapa baik kerja jantung Anda saat memompa darah ke seluruh tubuh. Terkadang, tes ini juga disebut MUGA (multigated acquisition scan).

Pemeriksaan ini melibatkan penyuntikkan zat radioaktif yang disebut tracer ke dalam pembuluh darah. Kemudian, sel darah merah yang mengandung zat tracer akan membentuk gambar yang dapat ditangkap oleh kamera khusus.

Blood pool scan dapat memeriksa ukuran ruang jantung (ventrikel), kerja pompa jantung pada ventrikel bawah, mencari kelainan pada dinding ventrikel seperti aneurism, dan mencari kelainan dalam pergerakan darah di antara ruang jantung.

Beberapa masalah yang dapat dideteksi lewat prosedur ini meliputi penyumbatan di arteri koroner, penyakit katup jantung, gangguan jantung lain yang melemahkan jantung, serta penyebab serangan jantung yang pernah terjadi.

Kapan saya harus menjalani blood pool scan jantung?

Anda mungkin akan memerlukan pemeriksaan ini bila Anda mengalami beberapa gejala yang berkaitan dengan penyakit jantung seperti nyeri dada (angina), kesulitan bernapas, pusing, dan kelelahan.

Biasanya, dokter menyarankan pemeriksaan ini ketika hasil tes EKG (elektrokardiogram) Anda menunjukkan adanya indikasi yang mengarah pada gangguan pompa jantung.

Apa yang perlu saya ketahui tentang blood pool scan jantung?

Perlu Anda ketahui, pemeriksaan ini tidak disarankan bila Anda sedang hamil. Sebab, cairan tracer dikhawatirkan dapat membahayakan janin Anda. Dokter mungkin akan merujuk Anda untuk melakukan pemeriksaan lain.

Scan MUGA secara rutin digunakan pada saat sebelum dan sesudah menerima transplantasi jantung untuk menilai seberapa baik jantung bekerja. MUGA juga digunakan untuk memantau fraksi ejeksi pada mereka yang menerima kemoterapi.

Sebenarnya EKG dapat memberikan informasi sebaik MUGA, akan tetapi EKG bersifat tidak invasif. Namun demikian, MUGA memberikan informasi yang lebih akurat terkait fraksi ejeksi daripada EKG, khususnya bagi penderita obesitas atau penyakit paru.

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani blood pool scan jantung?

Sebelum melakukan blood pool scan jantung, beri tahu kepada dokter bila Anda:

  • alergi terhadap suatu obat-obatan,
  • baru melakukan tes dengan tracer radioaktif, seperti scan tulang atau tiroid, dan
  • memiliki alat pacu jantung atau perangkat logam lainnya yang berada dalam dada Anda.

Anda mungkin akan diminta untuk tidak makan dan minum selama beberapa jam sebelum pemeriksaan. Anda juga sebaiknya tidak mengonsumsi kafein atau merokok selama 4 hingga 6 jam sebelum pemeriksaan.

Jika dokter meminta Anda untuk berolahraga saat pemeriksaan, gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman.

Selama prosedur berlangsung, lepaskan perhiasan agar tidak mengganggu proses pemindaian. Anda mungkin perlu untuk melepas semua atau sebagian pakaian Anda. Nantinya, petugas akan memberikan pakaian atau jubah khusus.

Bagaimana prosedur ini berlangsung?

Saat prosedur blood pool scan jantung akan dimulai, petugas akan meminta Anda untuk berbaring di atas meja pemeriksaan di bawah pantauan kamera gamma. Elektrokardiogram (EKG, ECG) elektroda akan dipasang pada dada agar sinyal elektrik jantung Anda dapat dideteksi.

Kemudian kamera gamma akan diposisikan dekat dengan tubuh Anda. Bila Anda merasa dingin atau tidak nyaman berbaring di atas meja, mintalah bantal atau selimut kepada teknisi. Kamera akan diposisikan pada tempat berbeda di dada Anda untuk merekam gambar yang berbeda dari jantung Anda.

Sebelum disuntik, lengan Anda akan dibersihkan terlebih dahulu. Setelahnya, petugas akan melilitkan ikat elastis atau tourniquet di sekitar lengan bagian atas untuk menghentikan aliran darah sementara. Ini juga bertujuan untuk mempermudah penyuntikkan jarum ke pembuluh darah dengan benar.

Kamera gamma akan mengambil gambar ketika tracer radioaktif bergerak melalui aliran darah dan ke dalam jantung Anda. Penting untuk tidak bergerak selama proses scan berlangsung.

Kamera tidak menghasilkan radiasi apapun, sehingga Anda tidak terpapar radiasi ketika scan selesai dilakukan. Anda harus tetap diam selama pengambilan gambar. Selama prosedur blood pool scan jantung, Anda mungkin akan diminta untuk:

  • mengubah posisi untuk setiap gambar berbeda,
  • melakukan beberapa kegiatan olahraga ringan di antara proses scan untuk melihat seberapa baik jantung Anda berfungsi setelah berolahraga, dan
  • menggunakan nitrogliserin untuk melihat respons jantung terhadap obat ini.

Biasanya prosedur ini dapat memakan waktu 2 sampai 3 jam untuk mengumpulkan gambaran yang diperlukan.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani blood pool scan jantung?

Ketika prosedur selesai dilakukan, Anda bisa langsung meninggalkan ruang pemeriksaan dan menunggu hingga semua gambar pemindaian jantung Anda telah ditinjau. Bila ternyata hasilnya belum jelas, Anda mungkin perlu melakukan pemeriksaan ulang.

Anda harus minum banyak air dan buang air kecil setelah menjalani blood pool scan untuk memastikan tracer keluar seutuhnya dari dalam tubuh. Butuh waktu satu sampai dua hari hingga tracer benar-benar hilang sepenuhnya.

Apabila Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan proses tes ini, konsultasikanlah kepada dokter Anda untuk pemahaman yang lebih baik.

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Pemeriksaan ini akan mengukur fraksi ejeksi, yaitu jumlah darah yang dipompa keluar dari jantung setiap jantung berdetak.

Hasil biasanya ditampilkan dalam bentuk persentase. Misalnya, fraksi ejeksi 30% berarti 30% dari jumlah total darah di ventrikel kiri saat penuh dipompa keluar dengan setiap detak jantung.

Hasil dikatakan normal bila fraksi ejeksi Anda berkisar di antara 50% sampai 75 persen. Selain itu, dinding ventrikel juga terlihat berkontraksi dengan normal.

Banyak kondisi yang dapat mempengaruhi hasil blood pool scan jantung. Dokter akan mendiskusikan dengan Anda bila terdapat hasil yang tidak normal terkait dengan gejala dan riwayat kesehatan Anda.

health-tool-icon

Kalkulator Detak Jantung

Cari tahu berapa detak jantung istirahat (RHR) maksimum untuk usia Anda dan bagaimana intensitas olahraga dan faktor lain memengaruhi detak jantung.

Laki-laki

Wanita

Anda mengecek untuk ....

Detak jantung istirahat Anda .... (bpm/denyut per menit)

60

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Radionuclide Ventriculography or Radionuclide Angiography (MUGA Scan). (2015). American Heart Association. Retrieved 1 November 2021, from https://www.heart.org/en/health-topics/heart-attack/diagnosing-a-heart-attack/radionuclide-ventriculography-or-radionuclide-angiography-muga-scan

Nuclear Ventriculography. (2020). Medline Plus Medical Encyclopedia. Retrieved 1 November 2021, from https://medlineplus.gov/ency/article/003822.htm

Multigated Acquisition Scan (MUGA). (2019). Cleveland Clinic. Retrieved 1 November 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diagnostics/17247-multigated-acquisition-scan-muga

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 7 hari lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri