home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Informasi Lengkap Mengenai Pemeriksaan Skor Kalsium Jantung

Definisi pemeriksaan skor kalsium jantung|Pencegahan & peringatan atas pemeriksaan skor kalsium jantung|Prosedur pelaksanaan pemeriksaan skor kalsium jantung|Penjelasan dari hasil tes skor kalsium jantung
Informasi Lengkap Mengenai Pemeriksaan Skor Kalsium Jantung

Definisi pemeriksaan skor kalsium jantung

Apa itu pemeriksaan skor kalsium jantung?

Coronary Artery Calcium Score atau pemeriksaan kalsium jantung adalah tes X-ray yang dapat menunjukkan gambar dari jantung Anda.

Nah, gambar tersebut dapat membantu dokter untuk mendeteksi sekaligus menghitung jumlah plak yang mengandung kalsium pada pembuluh arteri pada jantung.

Pasalnya, plak yang terdapat pada pembuluh arteri jantung dapat tumbuh hingga menyebabkan penyumbatan aliran darah menuju otot jantung.

Dengan menghitung kadar kalsium pada plak dengan pemeriksaan skor kalsium jantung, dokter dapat juga mengidentifikasi kemungkinan penyakit arteri koroner sebelum Anda mengalami tanda atau gejala dari penyakit tersebut.

Selain itu, dokter juga akan menggunakan hasil dari tes untuk mengukur atau menentukan apakah kondisi Anda sudah cukup parah hingga membutuhkan pengobatan tertentu.

Dokter juga akan menyarankan agar Anda mengubah gaya hidup demi mengurangi risiko serangan jantung dan penyakit jantung lainnya.

Kapan harus menjalani pemeriksaan skor kalsium jantung?

Pemeriksaan skor kalsium jantung atau juga dikenal sebagai scan jantung, dapat membantu pengobatan jika Anda memiliki risiko rendah terhadap penyakit jantung.

Dokter tentu akan memberi tahu apabila pemeriksaan ini dapat memberikan manfaat untuk kesehatan, tetapi semua ini tergantung pada faktor risiko yang Anda miliki.

Pemeriksaan skor kalsium jantung juga dapat membantu memotivasi pasien yang memiliki risiko cukup tinggi terhadap penyakit jantung untuk mulai mengubah gaya hidupnya serta menjalani rencana pengobatan dari dokter.

Namun, menurut Mayo Clinic, tidak semua orang harus menjalani pemeriksaan ini. Pasalnya, ada pula yang sebaiknya tak menjalaninya, seperti:

  • Laki-laki berusia kurang dari 40 tahun dan wanita berusia kurang dari 50 tahun.
  • Pasien yang memiliki risiko sangat rendah atas penyakit jantung.
  • Orang yang sudah jelas memiliki risiko, seperti penderita diabetes atau kolesterol tinggi.
  • Pasien dengan gejala penyakit arteri koroner.
  • Orang yang sudah pernah menjalani pemeriksaan ini sebelumnya.

Pencegahan & peringatan atas pemeriksaan skor kalsium jantung

Apa yang harus diketahui sebelum pemeriksaan skor kalsium jantung?

Penggunaan scan jantung menjadi hal yang kontroversial. Scan jantung mungkin sangat bermanfaat jika Anda atau anggota keluarga memiliki riwayat atau faktor risiko penyakit jantung.

Berikut ini adalah gambaran risiko serangan jantung rendah maupun tinggi untuk menentukan apakah Anda perlu menjalani pemeriksaan skor kalsium jantung:

Risiko serangan jantung rendah

Sebagai contoh, usia Anda kurang dari 55 tahun. Kadar kolesterol dan tekanan darah normal, Anda tidak merokok, maka risiko serangan jantung kurang dari 10 persen. Hal tersebut tentu membuat Anda menjadi seseorang dengan risiko yang rendah.

Artinya, karena hanya memiliki sedikit risiko, potensi risiko Anda menderita serangan jantung 10 tahun ke depan juga kecil. Oleh sebab itu scan jantung mungkin tidak akan menjelaskan apa pun.

Risiko serangan jantung tinggi

Memiliki risiko serangan jantung 20 persen atau lebih dalam 10 tahun ke depan menunjukkan bahwa Anda berada pada kelompok dengan risiko yang tinggi.

Jika kadar kolesterol dan tekanan darah tergolong tinggi, Anda perokok, dan berusia lebih dari 65 tahun, Anda benar-benar termasuk dalam kategori ini.

Sementara itu, jika Anda berisiko, maka scan jantung tidak akan memberi tambahan informasi yang penting atau berarti, karena Anda dan dokter telah tahu risiko tersebut.

Anda sebaiknya melakukan sesuatu untuk mencegah munculnya serangan jantung, misalnya dengan mengonsumsi obat-obatan dan mengubah pola hidup.

Anda mungkin juga tidak memerlukan scan jantung jika telah mengetahui bahwa telah mengidap serangan jantung atau pernah mengikuti prosedur operasi, misal angioplasty atau operasi bypass jantung.

Dalam kasus ini, dokter sudah mengetahui bahwa Anda mengidap penyakit arteri koroner dan memiliki risiko yang tinggi. Scan jantung tidak akan menjelaskan informasi lebih mengenai penanganan penyakit Anda.

Prosedur pelaksanaan pemeriksaan skor kalsium jantung

Apa saja persiapan sebelum pemeriksaan skor kalsium jantung?

Anda tidak perlu melakukan persiapan apa pun sebelum tes ini. Namun, Anda akan diminta untuk tidak merokok atau tidak mengonsumsi apa pun yang mengandung kafein beberapa jam sebelum tes.

Beri tahu dokter jika Anda sedang atau akan hamil. Pasalnya, wanita hamil tidak bisa melakukan tes pemeriksaan skor kalsium jantung. Hubungi dokter untuk informasi lebih lanjut mengenai tes ini, risiko, dan bagaimana prosesnya.

Bagaimana prosedur pemeriksaan skor kalsium jantung?

Tim medis akan menganjurkan Anda untuk melepaskan perhiasan yang mungkin memengaruhi hasil CT scan. Selain itu, tim medis mungkin juga akan meminta Anda melepaskan pakaian.

Namun, Anda tak perlu khawatir, karena tim medis akan memberikan Anda pakaian khusus selama tes berlangsung. Bahkan, terkadang dalam beberapa CT scan, Anda boleh mengenakan pakaian sendiri.

  • Pertama-tama, tim medis akan menempelkan elektroda pada dada Anda. Lalu, kabel elektroda akan dihubungkan dengan mesin EKG yang mencatat aktivitas listrik jantung Anda.
  • Tim medis akan menggunakan alat EKG saat jantung sedang beristirahat, yaitu waktu terbaik untuk EKG. Jika detak jantung mencapai 90 detak per menit atau lebih tinggi, tim medis akan memberikan obat untuk mengurangi kecepatan detak jantung Anda.
  • Selama tes berlangsung, Anda akan berbaring pada sebuah meja yang terhubung dengan CT scan. Scanner ini berbentuk seperti donat yang lebar.
  • Meja tempat Anda berbarin berbentuk bulat dan scanner berputar sesuai tubuh Anda. Lalu, meja akan bergeser sedikit demi sedikit saat mengambil gambar.
  • Pada saat itu, Anda mungkin akan mendengar suara klik dan dengungan seiring dengan meja dan scanner berpindah. Selain itu, tim medis mungkin akan meminta Anda untuk menahan napas selama 20 sampai 30 detik. Pada saat itu, tim medis akan mengambil gambar jantung Anda.
  • Sangat penting untuk menahan napas dengan baik saat tim medis mengambil gambar. Selama tes ini dilakukan, Anda biasanya hanya sendiri dalam ruangan itu.

Namun, ahli radiologi akan memantau Anda melalui jendela. Tenang saja, karena ahli radiologi akan memperbolehkan Anda berkomunikasi dengannya melalui interkom dua arah.

Apa yang harus dilakukan setelah menjalani scan kalsium koroner?

Setelah melakukan tes, hubungi dokter Anda. Tidak ada pencegahan khusus yang harus Anda perhatikan setelah melakukan scan jantung. Anda seharusnya mampu pulang ke rumah sendiri dan langsung melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Penjelasan dari hasil tes skor kalsium jantung

Apa arti hasil tes tersebut?

Semakin tinggi kadar kalsium yang terdeteksi, maka semakin tinggi skor kalsium jantung.

Namun, walaupun kalsium Anda rendah, hal itu juga dapat mengindikasikan bahwa penyakit jantung Anda dapat berkembang lebih parah kecuali Anda berusaha keras menghentikannya.

Sebagai contoh, mulai mengonsumsi makanan yang sehat, mengurangi kolesterol, berhenti merokok, dan menerapkan gaya hidup sehat untuk jantung lainnya.

Selain itu, jika kalsium dalam arteri koroner Anda berjumlah banyak, belum tentu penyakit arteri koroner pasti akan menjangkit tubuh Anda atau menjadi penyebab serangan jantung.

Oleh karena itu, jika hasil scan menunjukkan kalsium tinggi dalam arteri, maka Anda sebaiknya melakukan tes invasif, seperti coronary angiography.

Hasil tes yang Anda dapat merupakan jumlah kalsium yang ada dalam arteri. Angkanya muai dari 0 sampai lebih dari 400. Semakin tinggi angka hasil tes Anda, semakin besar risiko Anda menderita serangan jantung.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Heart scan (coronary calcium scan). Retrieved 16 June 2021, from https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/heart-scan/about/pac-20384686

Coronary Artery Calcium (Scoring). Retrieved 16 June 2021, from https://www.cardiosmart.org/topics/high-cholesterol/exams-and-tests/coronary-artery-calcium-scoring

Coronary Artery Calcium Scoring. Retrieved 16 June 2021, from https://www.heartfoundation.org.au/heart-health-education/medical-tests-coronary-artery-calcium-score

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 19/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri