home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Gejala Serangan Jantung yang Umum pada Wanita

6 Gejala Serangan Jantung yang Umum pada Wanita

Ketika wanita terkena serangan jantung, kemungkinan gejala yang dirasakan tidak selalu sama dengan apa yang dirasakan pria. Wanita tidak selalu mendapatkan gejala klasik yang sama dengan pria, seperti nyeri dada yang menyebar ke bagian tubuh lainnya. Lalu, apa saja gejala serangan jantung yang sering dialami oleh wanita? Simak penjelasan mengenai serangan jantung yang terjadi pada wanita berikut ini.

Serangan jantung pada wanita

jantung koroner

Jika dibandingkan, serangan jantung pada wanita dan pria cukup berbeda. Risiko serangan jantung wanita memang lebih lama, yaitu umumnya pada usial lebih dari 55 tahun, sedangkan pria pada usia 45 tahun ke atas. Namun, tingkat keparahan serangan jantung pada wanita biasanya lebih tinggi.

Penyebab serangan jantung pada wanita lebih berbahaya karena sering kali dialami saat sudah memasuki usia lanjut. Oleh sebab itu, masalah jantung yang terjadi menjadi lebih rumit. Umumnya, pada usia lanjut, wanita juga memiliki masalah kesehatan jantung lainnya.

Tak hanya itu, tingkat keparahan serangan jantung pada wanita terjadi karena sering kali gejala serangan jantung yang timbul malah Anda abaikan. Biasanya, hal tersebut terjadi karena gejala yang muncul tidak menunjukkan adanya masalah jantung.

Tanda dan gejala serangan jantung pada wanita

kardiomiopati

Berikut adalah beberapa gejala serangan jantung pada wanita, seperti:

1. Nyeri dada atau dada terasa tak nyaman

Nyeri pada bagian dada sebenarnya adalah gejala serangan jantung yang paling umum. Akan tetapi, beberapa wanita mungkin mengalaminya secara berbeda dari pria. Pada saat merasakan gejala serangan jantung yang satu ini, dada Anda mungkin terasa seperti penuh atau diremas.

Hal ini juga bisa menimbulkan rasa sakit pada bagian tubuh lainnya. Saat serangan jantung terjadi, dada Anda biasanya terasa benar-benar tidak nyaman. Rasanya seperti ada yang mengikat dada Anda dengan sesuatu yang sangat ketat.

Layaknya gejala serangan jantung pada pria, rasa nyeri pada bagian dada juga termasuk gejala serangan jantung yang paling sering timbul.

2. Nyeri pada lengan, punggung, leher atau rahang

Jenis rasa sakit ini lebih sering terjadi pada wanita ketimbang pada pria. Hal ini mungkin membingungkan, karena mungkin saja Anda berpikir bahwa rasa sakit sebagai gejala serangan jantung pada wanita akan terfokus pada dada, bukan punggung atau rahang.

Gejala dari serangan jantung pada wanita ini dapat terjadi secara bertahap atau mendadak, dan mungkin akan perlahan menghilang sebelum tiba-tiba muncul kembali tapi dengan frekuensi yang lebih intens.

Jika Anda sedang tidur, serangan ini bisa membuat Anda terbangun dari tidur. Oleh sebab itu, Anda harus melaporkan setiap gejala yang tidak biasa atau tidak memiliki penjelasan.

3. Napas terengah-engah

Napas yang terlalu pendek membuat napas Anda terdengar seperti terengah-engah. Bahkan, Anda mungkin merasa kesulitan untuk bernapas terutama saat Anda beraktivitas ringan hingga berat. Apalagi jika kondisi ini bersamaan dengan rasa lelah atau dada yang terasa sesak.

Hal ini salah satu kondisi yang menandakan adanya masalah pada jantung Anda. Gejala dari serangan jantung ringan pada wanita ini bisa saja Anda alami saat sedang berbaring, tapi gejalanya akan mereda jika Anda sudah kembali duduk.

4. Sakit perut atau pencernaan

Tidak sedikit wanita yang merasakan rasa sakit atau tekanan pada bagian perut tepat sebelum mengalami serangan jantung. Namun, ada pula masalah pencernaan yang berkaitan erat dengan gejala serangan jantung yang terjadi pada wanita.

Sayangnya, banyak pula yang salah mengartikan gejala ini. Padahal, beberapa kasus serangan jantung wanita, para wanita mengalami tekanan pada bagian perut yang cukup parah. Umumnya gambaran rasa ini seperti ada seekor gajah yang duduk pada bagian atas perut.

5. Berkeringat dingin

Jika Anda berkeringat karena baru berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat, itu wajar. Namun, jika Anda berkeringat padahal tidak melakukan apapun, Anda patut merasa curiga. Pasalnya, kondisi ini termasuk sebagai salah satu gejala serangan jantung pada wanita.

Apalagi jika keringat yang dihasilkan oleh tubuh adalah keringat dingin. Hal ini tergolong umum terjadi pada wanita yang mengalami serangan jantung. Anda mungkin akan merasa lebih seperti berkeringat karena stres saat mengalaminya.

6. Kelelahan yang berlebihan

Tidak sedikit wanita yang mengalami serangan jantung merasa lelah. Bahkan, sekalipun sudah beristirahat untuk sementara waktu dan tidak secara aktif menggerakkan tubuhnya. Maka itu, tak salah jika Anda patut mencurigai rasa lelah yang berlebihan sebagai gejala serangan jantung pada wanita.

Bahkan, rasa lelah ini bisa membuat Anda menjadi tidak kuat hanya untuk sekedar berjalan kaki ke kamar mandi. Namun, tidak semua wanita mengalami gejala ini.

Risiko kematian akibat serangan jantung pada wanita

kesehatan jantung

Menurut Texas Heart Institute, setelah satu tahun mengalami serangan jantung, lebih dari 50% pasien wanita lebih berisiko mengalami kematian dibanding pria. Selain itu, risiko wanita mengalami serangan jantung kedua juga lebih tinggi ketimbang pria.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab risiko kematian akibat serangan jantung wanita lebih tinggi ketimbang pada pria. Salah satunya adalah persebaran plak pada seluruh dinding arteri, sehingga sering kali mengecoh hasil pemeriksaan jantung pada wanita.

Hal ini menyebabkan penanganan serangan jantung pada wanita sering terlambat. Tak hanya itu, reaksi pada pengobatan serangan jantung yang dialami wanita juga dapat meningkatkan risiko kematian, misalnya reaksi terhadap operasi bypass jantung.

Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk melakukan pencegahan serangan jantung pada wanita untuk meminimalisasi risiko kematian akibat serangan jantung.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Women and heart disease. (2020, September 30). Retrieved May 27, 2021, from https://www.texasheart.org/heart-health/heart-information-center/topics/women-and-heart-disease/

Symptoms of a heart attack in women vs men. (n.d.). Retrieved May 27, 2021, from https://www.goredforwomen.org/en/about-heart-disease-in-women/signs-and-symptoms-in-women/symptoms-of-a-heart-attack.

Heart disease in women: understand symptoms and risk factors. Retrieved 27 May 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/in-depth/heart-disease/art-20046167

The Heart Attack Gender Gap. (2016). Retrieved 27 May 2021, from https://www.health.harvard.edu/heart-health/the-heart-attack-gender-gap

Women: Don’t Ignore These 3 Subtle Heart Attack Symptoms. Retrieved 27 May 2021, from https://health.clevelandclinic.org/women-dont-ignore-3-subtle-heart-attack-symptoms/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 29/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x