home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Daftar Nomor Telepon Darurat yang Wajib Anda Catat

Daftar Nomor Telepon Darurat yang Wajib Anda Catat

Pasti Anda sudah pernah menonton film fiksi, atau dokumenter, di mana ada situasi darurat yang mengharuskan pemerannya untuk menelepon panggilan darurat. Rasanya nomor telepon darurat menjadi nomor yang penting untuk diingat, sebab kita tidak tahu kapan kejadian darurat akan terjadi. Anda pasti sudah tidak asing bukan dengan nomor penting 911? Di film-film yang Anda tonton nomor ini selalu dipakai dalam menghadapi situasi darurat, seperti ketika ada kerabat yang terkena serangan jantung, atau hal genting lainnya. Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Simak daftar nomor telepon darurat yang sudah kami kumpulkan berikut ini.

Apa itu nomor telepon darurat?

Kejadian tidak menyenangkan bisa saja terjadi kapan saja, seperti membutuh pertolongan medis secepatnya (serangan jantung, sesak/kesulitan bernapas), kecelakaan, kebakaran, kekerasan, kriminalitas, dan bencana alam. Nomor-nomor tersebut sengaja dibuat sebagai wadah untuk menjaga masyarakat. Anda tentu tidak akan mengingat nomor telepon kantor pemadam kebakaran terdekat, Anda juga mungkin akan kesulitan mencari nomor telepon ambulans tiap daerah. Itulah fungsinya dibuat nomor darurat, nomor darurat ini akan menghubungkan Anda ke lembaga/institusi pertolongan terdekat. Setiap negara pasti memiliki nomor darurat.

Agar masyarakat mudah mengingat nomor tersebut maka dibuat dengan tiga digit saja. Apakah ketika melakukan panggilan darurat, nomor telepon kita akan terlacak? Ya, lokasi kita akan terlacak, tapi tergantung pada tower operator terdekat yang Anda gunakan. Pada artikel di situs Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, yang dipublikasikan pada tahun 2016, dituliskan bahwa Rudiantara akan menerapkan Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112. Nomor darurat ini sama seperti dengan nomor darurat Eropa. Rencananya nomor tunggal darurat tersebut akan ditargetkan bisa digunakan pada tahun 2019.

Bagaimana sistem kerjanya? Program tersebut merupakan hasil kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah. Tujuan dari program ini adalah agar masyarakat tidak perlu pusing lagi menghafal beberapa nomor darurat yang berbeda. Jika ada keadaan mendesak seperti kebakaran, atau membutuhkan pertolongan medis, semua akan disalurkan pada satu nomor yaitu 112. Tahun ini, nomor tersebut telah diuji di 100 kota dan kabupaten.

Daftar nomor telepon darurat yang perlu Anda tahu

Berikut beberapa nomor darurat yang perlu Anda tahu:

  • Ambulans (118 atau 119); untuk Provinsi DKI Jakarta (021-65303118)
  • Pemadam kebakaran (113)
  • Polisi (110)
  • SAR/BASARNAS (115)
  • Posko bencana alam (129)
  • PLN (123)

Ya, itu adalah nomor-nomor darurat yang bisa Anda akses, tergantung permasalahan yang Anda hadapi. Ketika Anda mendapati seseorang terkena penyakit yang membutuhkan tenaga medis segera, coba untuk menghubungi nomor 118 atau 119. Nomor ini hanya sementara, sebelum nomor 112 dirilis.

Sama halnya dengan pelayanan yang ditawarkan oleh 911, seperti yang dikutip oleh situs Everyday Health, ketika ada kasus terjadinya serangan jantung, yang harus dilakukan adalah pertama kali adalah menelepon nomor darurat 911. Ketika panggilan tersebut tidak terjawab, disarankan untuk tidak menutupnya, karena ketika menutupnya, maka panggilan tersebut akan dialihkan penelpon lain. Namun, ketika Anda menguhubunginya tidak ada respon, sebaiknya Anda langsung membawanya ke rumah sakit.

Nomor penting lain yang perlu Anda catat

Selain nomor-nomor telepon yang telah disebutkan di atas, Anda juga perlu mengetahui beberapa nomor telepon lainnya, di antaranya:

1. KOMNAS HAM (021-3925230)

Ketika Anda mengalami pelecehan, diskriminasi, penyimpangan, atau penyiksaan yang menimbulkan rasa sakit, serta pengambilan hak-hak asasi manusia lainnya, Anda bisa melaporkannya pada KOMNAS HAM. Setiap orang berhak mendapat perlindungan dari negara. Jika Anda berada di luar Jakarta, sangat jauh untuk mencapai kantor KOMNAS HAM pusat. Maka, sebagai langkah awal, Anda bisa mengadukan lewat telepon, kemudian Anda akan diberikan arahan apa yang harus diperbuat selanjutnya.

2. KOMNAS Perempuan (021-3903963)

Jika Anda seorang perempuan, dan mengalami kekerasan, seperti kekerasan seksual, atau kekerasan dalam rumah tangga, wajib bagi Anda untuk melaporkan tindakan tersebut. Namun, saat Anda terlalu takut untuk melaporkannya, Anda bisa menghubungi KOMNAS Perempuan. Komisi Nasional ini menjadi wadah bagi perempuan atas konflik-konflik yang menyudutkan perempuan.

3. KPAI (021-319015)

Komisi perlindungan anak ini menjadi wadah untuk pengaduan dan melindungi anak-anak yang mendapatkan kekerasan, ketidakadilan, dan diabaikan. KPAI berusaha memperjuangkan hak anak yang terambil, dan melindungi anak-anak demi membangun generasi bangsa baik. Tidak hanya itu KPAI juga meninjau hal-hal yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik, psikis, dan mental anak. Jadi ketika Anda melihat bentuk kekerasan pada anak, sebaiknya segera laporkan.

Apa yang harus dilakukan ketika Anda menelepon nomor darurat?

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan baik-baik ketika menelpon nomor telepon darurat:

  • Cobalah untuk tetap tenang, dan jawab semua pertanyaan yang diajukan pihak penerima telepon. Sulit memang, untuk tidak merasa panik, namun menjawab pertanyaan dengan jelas dapat membantu penerima telpon mengerti masalah, dan situasi Anda.
  • Perhatikan sekitar. Jika mengalami keadaan darurat di wilayah yang tidak Anda tahu, sebaiknya Anda menggunakan acuan tertentu, seperti bangunan terdekat yang dapat dijadikan acuan.
  • Ajarkan juga anak-anak Anda tentang nomor darurat, dan nomor penting. Pastikan Anda menasehatinya agar tidak menggunakannya untuk main-main. Selain memberitahunya nomor telepon, Anda juga harus mengajarkan mengingat nama Anda, di mana keluarga Anda tinggal, dan namanya sendiri

 

BACA JUGA:

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Kominfo Akan Terapkan Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112 di Kota dan Kabupaten. https://www.kominfo.go.id/content/detail/7389/kominfo-akan-terapkan-layanan-nomor-tunggal-panggilan-darurat-112-di-kota-dan-kabupaten/0/berita_satker Accessed November 28th 2016.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. https://www.komnasham.go.id/ Accessed November 28th 2016.

Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan. http://www.komnasperempuan.go.id/struktur-organisasi-2/program/divisi/pemantauan/unit-pengaduan-rujukan/ Accessed November 28th 2016.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. http://www.kpai.go.id/kanal/tinjauan/ Accessed November 28th 2016.

How to Help a Heart Attack Victim. http://www.everydayhealth.com/heart-health-specialist/helping-heart-attack-victim.aspx Accessed November 28th 2016.

9-1-1 Tips & Guidelines. https://www.nena.org/?page=911TipsGuidelines Accessed November 28th 2016.

NOMOR TELEPON PENTING DAN NOMER TELEPON DARURAT NASIONAL DI INDONESIA. http://www.organisasi.org/1970/01/nomor-telepon-penting-dan-nomer-telepon-darurat-nasional-di-indonesia.html Accessed November 28th 2016.

Ambulans Gawat Darurat. http://agddinkes.jakarta.go.id/ Accessed November 28th 2016.

Calling 000 from a mobile phone: FAQs. http://www.acma.gov.au/theACMA/calling-the-emergency-call-service-from-a-mobile-phone–faqs Accessed November 28th 2016.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rizki Pratiwi Diperbarui 07/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan