Tahukah Anda, bahwa dengan menjalani pola hidup sehat dengan cara makan makanan bergizi, berolahraga, tidak merokok dan minum alkohol, ternyata besar manfaatnya? Bukan hanya sehat mental dan fisik saja yang didapat, namun ada perubahan-perubahan kecil lain yang bisa Anda dapatkan dari manfaat pola hidup sehat.

Memang awalnya sulit untuk dilakukan. Namun, mengapa tidak? Pasalnya, jika Anda ingin berkorban untuk kesehatan yang lebih baik, dampaknya bisa jauh luar biasa menguntungkan. Apa saja manfaat pola hidup sehat yang bisa didapat?

Manfaat pola hidup sehat yang bisa Anda dapatkan

1. Bisa menjaga berat badan ideal

Cara pola hidup sehat yang pertama bisa Anda lakukan adalah dengan makan makanan sehat dan berolahraga secara teratur. Keduanya dapat membantu Anda menghindari penambahan berat badan berlebih dan menjaga angka berat badan yang sehat. Menurut Mayo Clinic, fisik yang aktif sangat baik untuk mencapai angkat berat badan yang sehat serta ideal.  

Hitung dan batasi asupan makanan yang berbahaya untuk tubuh. Hindari terlalu banyak makan makanan asin, manis, dan berlemak yang bisa membuat tubuh jadi bermasalah. Konsumsi sayur mayur, buah dan makanan berserat lainnya.

Selain itu, manfaat pola hidup sehat dengan olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan energi.

Paling tidak, dalam seminggu Anda bisa melakukan aktivitas fisik sebagai cara pola hidup sehat dengan berjalan santai, jogging, berenang, atau bersepeda keliling komplek. Tidak usah melakukan olahraga yang berat dulu. Aktivitas fisik ringan namun rutin juga bisa menjadi bagian pola hidup sehat yang Anda lakukan.

2. Bisa menjaga dan menaikkan mood

Menurut Mayo Clinic, berolahraga dan makan makanan sehat merupakan cara pola hidup sehat yang bermanfaat bagi mood atau suasana hati Anda. Ini dikarenakan aktivitas fisik bisa merangsang keluarnya produksi hormon endorfin.

Endorfin adalah zat kimia otak yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan rileks. Cara pola hidup sehat seperti diet sehat dan olahraga juga bisa membuat pikiran juga merasa positif. Manfaat pola hidup sehat dengan melakukan olahraga jangka pendek juga bisa menurunkan risiko stres dan peningkatan fungsi kognitif otak.

Lalu, cara pola hidup sehat yang bisa Anda lakukan bukan hanya seputar diet sehat dan olahraga saja. Aktivitas sosial seperti sukarelawan, bergabung dengan klub amal, atau menghadiri diskusi film seru atau kegiatan kumpul bersama teman juga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental.

Aktivitas tersebut bisa menjaga pikiran tetap aktif dan hormon serotonin di otak tetap seimbang. Untuk mendapatkan manfaat pola hidup sehat ada baiknya Anda perbanyak habiskan waktu bersama keluarga atau teman secara rutin dan lakukan aktivitas yang menyenangkan lainnya.

olahraga saat berpuasa

3. Mencegah penyakit datang

Melakukan berbagai cara pola hidup sehat dapat membantu mencegah terjadinya kondisi kesehatan tertentu. Contohnya seperti penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Banyak orang ingin mendapatkan manfaat hidup sehat agar terhindar dari penyakit. Hidup sehat juga bisa membantu menjaga kolesterol dan tekanan darah dalam angka yang aman. Di mana ini juga sebagai tanda bahwa Anda turut menjaga dan menghindar dari penyakit-penyakit kronis.

Aktivitas fisik yang teratur dan diet yang tepat juga dapat mencegah dari berbagai masalah kesehatan, termasuk:

  • sindrom metabolik
  • diabetes
  • depresi
  • jenis kanker tertentu
  • radang sendi

Pastikan juga kalau Anda rutin melakukan pemeriksaan fisik.  Nantinya, dokter Anda akan memeriksa berat badan, detak jantung, dan tekanan darah Anda, serta mengambil sampel urin dan darah.

Dengan melakukan cek kesehatan rutin seperti ini, kesehatan Anda dapat terpantau dengan baik. Penting untuk menindaklanjuti tindakan dengan dokter Anda dan mendengarkan perawatan lanjutan guna meningkatkan kesehatan Anda.

4. Stamina dan energi makin meningkat

Tahukah Anda, kalau terlalu banyak makan junk food, minuman bersoda, dan makan makanan kemasan, itu semua bisa bikin badan jadi gampang capek?

Ya, makanan tersebut bukannya tidak boleh dikonsumsi. Boleh-boleh saja, namun dalam batasan tertentu, makanan tersebut bisa membahayakan tubuh.

Lemas, gampang capek, dan Anda pun jadi mudah lapar bila terlalu banyak makan makanan tersebut. Untuk itu, coba lakukan cara pola hidup sehat dengan diet sehat makan makanan berikut:.

  • Makan makanan berbahan gandum utuh
  • Konsumsi daging tanpa lemak
  • Pilih produk susu rendah lemak
  • Perbanyak makan buah
  • Jangan lupa konsumsi sayuran

Meski demikian, tetap jangan lupa untuk melakukan latihan fisik secara teratur guna meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh. Makan makanan sehat dan rutin melakukan aktivitas fisik juga dapat membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke jaringan sel tubuh, terutama jantung.

Selain bisa meningkatkan energi dengan mempromosikan tidur yang lebih baik, lebih cepat dan jadi lebih nyenyak

Bagaimana memulai cara pola hidup sehat?

gerakan peregangan

Lalu, apakah ada cara untuk membuat cara pola hidup sehat menjadi sebuah kebiasaan? Berikut adalah beberapa cara untuk hidup sehat yang mungkin bisa Anda terapkan.

1. Mulai dari hal kecil

Membuat resolusi sehat yang besar tidaklah salah. Hanya saja, resolusi sehat yang terlalu besar hanya akan memotivasi Anda di awal saat Anda membuatnya. Bahkan, resolusi yang terlalu besar tersebut dapat membuat Anda kecewa saat Anda tidak bisa mewujudkannya dalam waktu singkat.

Oleh karena itu, jika Anda ingin berubah menjadi lebih sehat, buatlah resolusi sehat yang sederhana dan mudah untuk dilakukan terlebih dahulu. Misalkan, jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka mulailah dari mengubah kebiasaan makan Anda menjadi lebih sehat dan mulailah berolahraga secara rutin.

2. Fokus pada dampaknya

Selama ini, pesan kesehatan hanya berfokus pada informasi inti tanpa memberi tahu mengenai dampak baik yang disebabkan oleh perilaku tersebut. Alhasil, banyak orang yang tahu bahwa perilaku itu termasuk perilaku kesehatan tanpa tahu dampak baik saat melakukan perilaku kesehatan tersebut, sehingga perilaku mereka tidak berlangsung lama. Padahal, mengubah pesan atau perilaku kesehatan dengan berfokus pada dampak dari perubahan tersebut sangat efektif dalam mengubah perilaku seseorang.

Studi menemukan bahwa mengubah pesan “kebersihan tangan mencegah pasien dari penyakit” menjadi “kebersihan tangan mencegah Anda dari sakit”  menyebabkan terjadinya peningkatan dalam praktik mencuci tangan sebesar 10 persen dan penggunaan sabun sebesar 45 persen.

3. Jangan terburu-buru

Jika Anda ingin memiliki kebiasaan hidup sehat, maka bersabarlah! Karena mengubah kebiasaan yang kurang sehat menjadi lebih sehat membutuhkan waktu. Menurut sebuah studi, dtemukan bahwa mengubah kebiasaan memerlukan waktu –setidaknya sampai dua bulan atau lebih. Sehingga Anda tidak perlu berkecil hati saat perubahan tidak terjadi dalam waktu yang singkat.

Dan, saat Anda tergoda untuk kembali pada kebiasaan yang dulu, jangan menyerah! Anda tidak gagal karena ini adalah bagian dari proses. Cobalah untuk memaafkan dan kembali pada tujuan Anda.

4. Jangan berjuang sendirian

Mungkin Anda termasuk orang yang malu untuk mengungkapkan resolusi sehat Anda karena takut dianggap remeh oleh orang yang mendengarnya. Namun, jika Anda benar-benar ingin mengubah kebiasaan hidup Anda menjadi lebih sehat, Anda harus mengatakannya kepada orang lain agar Anda memiliki teman yang dapat mendukung dan mengingatkan jika Anda mulai menyerah.

5. Pengulangan

Salah satu cara untuk bisa konsisten hidup sehat adalah dengan melakukan pengulangan agar perubahan gaya hidup tersebut bisa menjadi kebiasaan.

6. Beri hadiah untuk diri sendiri

Hal yang sering kali Anda lupa adalah untuk memberikan hadiah kepada diri sendiri saat Anda berhasil membuat kemajuan dalam mencapai reolusi sehat Anda, sekecil apapun itu. Bentuk imbalan yang dapat diberikan berupa pergi ke bioskop, membeli makanan favorit Anda, dan sebagainya.

Meskipun mengubah perilaku kesehatan itu sulit, namun Anda pasti bisa melakukannya! Dan di saat Anda mulai menyerah, Anda hanya harus kembali berpikir tentang dampak baik jika Anda melakukan perubahan tersebut terhadap kesehatan Anda.

Satu hal yang harus Anda ingat adalah: perubahan tidak terjadi dalam waktu semalam, maka dari itu Anda harus fokus terhadap tujuan Anda demi tercapainya resolusi sehat.

Pola hidup sehat Anda tidak didukung orang terkasih? Tidak masalah!

makanan setelah melahirkan

Setiap orang mendambakan hidup yang sehat dan jauh dari penyakit. Itu sebabnya banyak orang yang berupaya mengubah kebiasaan buruknya selama ini agar menjadi lebih sehat.

Namun, tidak selamanya perubahan itu mudah untuk dilakukan — terutama jika Anda dikelilingi oleh orang-orang yang selalu negative thinking. Bagaimana caranya menghadapi mulut-mulut nyinyir dari teman dan keluarga yang tidak mendukung pola hidup sehat Anda?

1. Dengarkan dulu apa kata mereka

Kadang, celotehan komentar yang tidak enak didengar sebenarnya punya maksud yang baik. Mereka mungkin hanya tidak tahu bagaimana cara menyampaikannya.

Misalnya saja begini, Anda sedang berusaha mengurangi makan nasi. Orangtua Anda mungkin hanya khawatir kalau Anda kurang makan.

Tahukan, prinsip orang Indonesia yang bilang bahwa “Belum kenyang kalau belum makan nasi”? Atau ketika Anda keukeuh untuk rutin lari pagi sebelum berangkat kerja. Mungkin ayah ibu Anda protes hanya karena mereka khawatir Anda kelelahan begitu sampai di kantor.

Atau, misalnya saat Anda sedang mengurangi makan daging merah, lantas teman Anda protes karena menganggap Anda vegetarian.

Mungkin mereka hanya penasaran tentang apa yang Anda makan kalau tidak makan daging. Mereka juga mungkin ragu untuk mengajak Anda hangout menyantap steak di restoran baru dekat kantor kalau Anda tiba-tiba berubah menjadi vegetarian.

Mereka adalah orang-orang terdekat dalam hidup Anda. Oleh karena itu, dengarkanlah dulu apa kata mereka. Pada akhirnya, Anda sendirilah yang dapat membedakan mana komentar miring yang memang ingin menjatuhkan Anda dan mana yang sebenarnya menyembunyikan ketulusan murni.

2. Jelaskan maksud Anda dengan tenang

Kemungkinan, keluarga atau teman-teman Anda tidak mendukung pola hidup sehat Anda karena mereka tidak mengerti apa yang sedang Anda lakukan, apa tujuan Anda, dan bagaimana perubahan-perubahan ini dapat membuat Anda lebih bahagia.

Maka, jelaskanlah dengan tenang seputar gaya hidup baru Anda. Utarakan bahwa diet bebas gula dan lemak yang Anda lakukan saat ini bukan sekadar gaya-gayaan mengikuti tren, namun lebih untuk membantu Anda terhindar dari risiko diabetes turunan di keluarga.

Atau, olahraga rutin yang Anda lakukan bukan cuma untuk membentuk otot, tapi juga membantu meredakan nyeri kronis yang Anda rasakan selama ini. Jelaskan pula bahwa meski Anda sedang mengurangi makan nasi atau daging, bukan berarti Anda akan kelaparan karena ada makanan pengganti lainnya yang lebih sehat dan mengenyangkan.

Dengan membantu mereka memahami apa yang Anda lakukan beserta alasannya, lambat laun mereka juga dapat mendukung perubahan gaya hidup sehat Anda.

3. Libatkan mereka dalam gaya hidup baru Anda

Agar mereka lebih bisa mendalami apa yang Anda lakukan, tidak ada salahnya untuk mengajak mereka terlibat walau sebentar saja. Misalnya, ajak pasangan atau sahabat Anda untuk berolahraga bersama di akhir pekan, atau ajak orangtua untuk ikut mencicipi menu makanan yang biasanya Anda makan.

Tidak ada salahnya juga untuk mengajak mereka untuk ikut mencoba pola diet Anda sesekali. Beri tahu pula apa saja manfaat di baliknya. Siapa tahu, mereka juga tergoda untuk berkomitmen pindah haluan ke gaya hidup yang lebih sehat lagi.

4. Buat penyesuaian di sana-sini

Kalau tiba-tiba ada rencana keluarga di akhir pekan, cobalah mengalah dan berbesar hati untuk mengubah jadwal kelas boxing Anda di lain waktu. Selanjutnya, mintalah mereka yang bernegosiasi ulang untuk cari waktu makan bersama kalau diet Anda sedang tidak bisa diganggu gugat.

5. Terima apa yang tak bisa diubah

Wajar untuk merasa sedih dan kecewa jika Anda sudah mendengarkan, menjelaskan, dan mencoba membuat mereka terlibat, namun mereka tidak kunjung memahami Anda. Namun, jangan buang energi dan pikiran Anda untuk tenggelam dalam hal negatif ini.

Jangan kesal apalagi menghardik marah ketika ada anggota keluarga yang mengkritik pola makan Anda. Tersenyumlah saja dan ubah pembicaraan menjadi sesuatu yang sama-sama kalian nikmati. Jangan biarkan pola hidup sehat Anda malah membuat hubungan kekeluargaan Anda jadi merenggang.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca