Pilihan Takjil Saat Berbuka yang Sehat untuk Diet dan Gula Darah Anda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 08/01/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Salah satu hal yang pasti Anda tunggu-tunggu saat buka puasa adalah takjil, bukan? Ya, menu takjil, seperti kolak pisang, kolak biji salak, bubur kampiun, sop buah, dan lainnya biasanya hanya ada saat bulan puasa. Seringnya, menu takjil yang tersedia mempunyai rasa yang manis dan mengandung gula tinggi.

Bagi Anda yang berniat menurunkan berat badan saat puasa atau Anda yang mempunyai diabetes, mungkin menu takjil tersebut bukan pilihan yang terbaik. Apa saja menu takjil sehat untuk diet dan gula darah?

Buka puasa dengan yang manis memang baik, tapi…

Selama menjalankan puasa kurang lebih selama 13 jam, tubuh mengambil energi dari cadangan glukosa (gula) yang ada dalam tubuh Anda. Sehingga, kadar gula darah tetap terjaga dan Anda bisa melakukan berbagai aktivitas. Setelah seharian menjalankan aktivitas selama puasa, tentu cadangan energi (atau gula darah) Anda akan terus menurun, membuat Anda merasa lemas di sore hari.

Nah, buka puasa dengan yang manis sebenarnya diperlukan untuk dapat mengganti energi Anda yang hilang dengan cepat. Namun, kebanyakan menu takjil mempunyai kandungan gula yang sangat tinggi, sehingga hal ini dapat meningkatkan kadar gula darah Anda dengan cepat. Ini mungkin berbahaya bagi Anda yang mempunyai diabetes.

Selain itu, banyak orang juga mengonsumsi takjil dengan porsi besar. Menu takjil yang biasanya terdiri dari air yang manis membuat orang tidak sadar bahwa ia sudah makan banyak. Ditambah lagi, setelah mengonsumsi takjil dilanjutkan dengan makan besar. Hal ini tentu bisa menyumbang kalori berlebihan pada tubuh. Sehingga, mendorong kenaikan berat badan saat puasa.

Berbagai pilihan takjil sehat untuk buka puasa

Banyak menu takjil sebenarnya mengandung nutrisi yang sehat untuk Anda. Namun, bisa menjadi tidak sehat jika Anda terlalu banyak menambahkan gula pada menu takjil Anda, terlalu banyak menambahkan santan, atau bila Anda mengonsumsinya terlalu banyak.

Untuk itu, sebaiknya pilihlah takjil yang tidak terlalu manis dan mengandung banyak nutrisi. Beberapa pilihan takjil sehat untuk Anda adalah:

  • Buah kurma 3 butir. Ini mungkin menjadi pilihan baik karena kurma mengandung banyak energi dan serat, yang dapat mencegah Anda dari makan berlebihan. Namun ingat, jangan terlalu banyak makan kurma saat berbuka puasa, karena kandungan gulanya juga cukup tinggi.
  • Sop buah atau es buah. Menu takjil yang mengandung buah-buahan ini juga baik untuk Anda konsumsi. Buah mengandung cukup gula untuk mengganti energi Anda yang hilang seharian, dan juga mengandung serat yang baik untuk membuat Anda kenyang lebih lama. Namun, hati-hati dalam menambahkan gula atau susu kental manis dalam sajian buah Anda, jangan terlalu berlebihan atau sebaiknya jangan ditambahkan gula dan susu kental manis.
  • Kolak pisang tanpa santan. Ganti santan dalam kolak dengan susu rendah lemak atau skim milk dapat menjadi menu takjil yang lebih sehat untuk Anda. Selain itu, sebaiknya juga kurangi penambahan gula dalam sajian kolak Anda.

Atau, Anda juga bisa memanfaatkan snack sehat untuk takjil. Konsumsi snack sebelum salat Tarawih atau 2 jam sebelum Anda makan besar dapat membuat Anda kenyang lebih lama tanpa menambahkan gula berlebih pada diet Anda. Sehingga, hal ini dapat membantu Anda mengurangi asupan karbohidrat berlebih saat makan besar.

Pilihlah snack yang terbuat dari kedelai yang kaya serat dan protein, di mana nutrisi tersebut akan dicerna tubuh secara perlahan sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan menjaga Anda tetap berenergi. Camilan yang mempunyai indeks glikemik rendah yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Tips Sehat Menjalani Puasa Saat Radang Tenggorokan

Saat puasa, daya tahan tubuh bisa turun. Anda pun jadi rentan kena radang tenggorokan. Nah, ini dia caranya agar tetap lancar puasa saat radang tenggorokan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hari Raya, Ramadan 19/05/2020 . Waktu baca 4 menit

4 Cara Mencegah Keluar Air Mani Saat Puasa

Bagi beberapa pria, air mani bisa bocor bahkan saat sedang tidak dirangsang. Ada beberapa cara mudah untuk mencegah air mani keluar saat puasa.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Resep Bolu Kukus untuk Hidangan Buka Puasa

Membuat bolu kukus itu gampang-gampang susah. Simak dua resep bolu kukus yang bisa Anda buat untuk hidangan berbuka puasa.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hari Raya, Ramadan 11/05/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

resep protein bar

3 Resep Protein Bar Lezat dan Sehat yang Bisa Dibuat di Rumah

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 07/06/2020 . Waktu baca 5 menit
menu takjil untuk anak

Agar Tak Bosan di Rumah, Ini Menu Takjil yang Bisa Dimasak Bersama Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020 . Waktu baca 5 menit
tips puasa sehat

4 Tips Agar Tetap Bugar saat Puasa Selama di Rumah Saja

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020 . Waktu baca 4 menit
mulut terasa pahit saat puasa

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 19/05/2020 . Waktu baca 3 menit