Kelingking Nyeri dan Bengkak? Bisa Jadi Karena Patah Tulang Kaki!

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Ada banyak jenis patah tulang kaki, salah satu yang paling umum dan cukup serius adalah fraktur Jones. Seseorang yang mengalami masalah ini akan mengalami luka memar dan bengkak di kaki sehingga mengalami kesulitan untuk menopang beban tubuh dan berjalan.

Apa itu fraktur Jones?

Sumber: Medical News Today

Fraktur Jones merupakan kondisi patah tulang kaki pada tulang metatarsal kelima di jari kaki. Metatarsal kelima adalah tulang panjang di bagian luar kaki yang terhubung ke jari kaki terkecil atau jari kelingking. Istilah fraktur Jones pertama kali diperkenalkan oleh Sir Robert Jones, seorang ahli bedah tulang yang pada tahun 1902 mengalami cedera pada kakinya.

Jenis fraktur ini termasuk yang paling serius karena daerah terjadinya cedera menerima lebih sedikit darah dibandingkan dengan area kaki lainnya. Akibatnya, penyembuhan menjadi lebih sulit.

Penyebab fraktur Jones

Penyebab dari patah tulang kaki yang satu ini biasanya terjadi karena adanya trauma tiba-tiba pada kaki. Misalnya menjatuhkan benda berat di kaki secara tidak sengaja.

Fungsi utama tulang metatarsal adalah membantu keseimbangan seseorang saat berdiri dan berjalan. Karena tulang ini sangat berguna dan dipakai dalam keseharian, maka biasanya mudah terluka. Cedera ini juga bisa terjadi akibat adanya luka parah pada kaki yang membuat tulang metatarsal patah atau retak.

Gejala fraktur Jones

Fraktur Jones memiliki banyak gejala yang sama dengan jenis patah tulang lainnya. Beberapa gejala yang dirasakan saat seseorang mengalami patah tulang kaki jenis ini, yaitu:

  • Nyeri dan pembengkakan di bagian luar kaki pada pangkal jari kelingking.
  • Susah berjalan.
  • Memar.

Bagaimana dokter mendiagnosis fraktur Jones?

Jika Anda atau orang terdekat mengalami trauma atau serangan mendadak pada tulang kaki, segera temui spesialis bedah tulang sesegera mungkin. Biasanya dokter memulai pemeriksaan dengan menanyakan bagaimana cedera bisa terjadi. Dokter juga akan menanyakan kapan dan seperti apa rasa sakit yang Anda rasakan pada kaki yang cedera.

Selanjutnya dokter akan memeriksa kaki Anda dengan menekan area yang berbeda pada kaki untuk melihat reaksi Anda dan mengetahui bagian mana saja yang mengalami masalah pada cedera yang Anda alami. Untuk akurasi yang lebih tajam, dokter akan mendiagnosis Anda dengan sinar X (rontgen) untuk melihat kondisi kaki secara jelas.

fraktur jones

Anda membutuhkan perawatan medis darurat jika kaki yang cedera mengalami:

  • Pembengkakan semakin parah disertai rasa sakit, mati rasa, dan kesemutan di bagian kaki yang cedera, pergelangan, atau kaki secara keseluruhan.
  • Kulit yang cedera berubah warna menjadi keunguan.
  • Demam.

Karena fraktur Jones merupakan kondisi patah tulang kaki yang cukup serius dan sering kali sulit disembuhkan, jangan abaikan kondisinya. Segera periksa ke dokter setelah Anda mengalami cedera agar dokter dapat segera mendiagnosis kondisi kaki Anda dan memberikan perawatan yang tepat.

Pilihan pengobatan untuk fraktur Jones

Ada berbagai cara mengobati patah tulang kaki yang satu ini. Biasanya rencana pengobatan tergantung pada:

  • Keparahan cedera, salah satunya dari seberapa besar kerusakan yang terjadi.
  • Usia pasien, karena biasanya anak-anak lebih cepat pulih dari kondisi ini daripada orang dewasa dan orang lanjut usia.
  • Kondisi kesehatan secara keseluruhan.
  • Tingkat aktivitas pasien.

Berikut beberapa metode perawatan untuk fraktur Jones:

1. Pembedahan

Pembedahan dilakukan untuk memasang sekrup ke tulang metatarsal. Sekrup ini membantu tulang untuk menekuk dan berputar setelah penyembuhan. Biasanya saat pemasangan dokter akan menggunakan bantuan rontgen untuk menempatkan sekrup di posisi yang  tepat. Dalam proses ini, dokter juga bisa menggunakan plat tulang dan komponen lainnya untuk membantu mengamankan sekrup yang dipasang. Salah satu teknik yang digunakan dengan melakukan pengangkatan tulang yang rusak di sekitar fraktur dan menggantinya dengan cangkok tulang sebelum menanamkan sekrup.

Dokter bedah Anda juga akan menggunakan stimulator penyembuhan tulang dengan cara memasok arus listrik rendah ke lokasi patahan untuk mendorong penyembuhan. Hal ini dilakukan terutama jika proses penyembuhan berjalan lambat.

Waktu pemulihan dari proses pembedahan memakan waktu kurang lebih 7 minggu. Selain itu, Anda juga akan diminta untuk menjaga berat badan tetap ideal agar kaki tidak terbebani terlalu berat.

Dikutip dari Healthline, sebuah penelitian di tahun 2012 menyatakan bahwa 97 persen penderita fraktur Jones sembuh setelah dilakukan pembedahan dengan menempatkan sekrup di tulang.

2. Pengobatan nonbedah

Pengobatan nonbedah atau tanpa pembedahan dilakukan dengan penggunaan alat penopang kaki sehingga kaki yang terluka tidak dibebani oleh berat tubuh. Anda biasanya disarankan untuk menggunakan kruk sebagai alat bantu berjalan dalam proses penyembuhannya.

Namun, proses ini biasanya memakan waktu penyembuhan yang lebih lama dibandingkan dengan pembedahan, yaitu sekitar 8 minggu.

Komplikasi fraktur Jones

Karena terbatasnya aliran darah ke daerah tersebut, fraktur Jones mungkin saja tidak dapat disembuhkan seperti sediakala dibandingkan dengan fraktur metatarsal lainnya, kecuali jika Anda memilih prosedur pembedahan. Pada beberapa kasus, orang-orang yang memilih perawatan nonbedah 15-20 persennya tidak dapat sembuh.

Adapun kemungkinan komplikasinya yaitu:

  • Adanya pembekuan darah sebagai efek samping operasi dan bius.
  • Memerlukan operasi lebih dari sekali.
  • Penyusutan jaringan otot.
  • Rasa sakit yang berkelanjutan.

Proses penyembuhan patah tulang kaki

Lamanya penyembuhan untuk kondisi ini bergantung pada jenis perawatan dan kondisi setiap orang. Setelah pengobatan Anda perlu melakukan tiga tips berikut:

  • Mempertahankan berat badan ideal.
  • Mengangkat kaki yang mengalami cedera setiap harinya selama 2-3 minggu.
  • Beristirahat sebanyak mungkin dan hindari melakukan aktivitas berat.

Biasanya pasien fraktur Jones dapat beraktivitas normal setelah 3-4 bulan pengobatan. Dokter juga biasanya akan merekomendasikan terapi fisik dan olahraga untuk membantu proses penyembuhan. Berikut tips yang bisa Anda praktikkan untuk menunjang proses penyembuhan, yaitu:

  • Jangan menumpu badan pada kaki yang cedera. Lebih baik gunakan kruk.
  • Usahakan untuk menempatkan kaki yang cedera tetap berada dalam posisi yang tinggi. Misalkan saat sedang duduk, taruh kaki di atas kursi lain dengan bantalan di bawahnya.
  • Tempelkan kompres es di kaki selama 20 menit beberapa kali dalam sehari, terutama di masa awal pasca pengobatan.
  • Mengonsumsi suplemen vitamin D atau kalsium jika diresepkan untuk membantu penyembuhan tulang.
  • Konsumsi ibuprofen atau naproxen (Aleve, Naprosyn) saat Anda merasa kesakitan di 24 jam pertama.
  • Hindari merokok karena biasanya perokok berisiko tinggi untuk mengalami kegagalan penyembuhan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: April 13, 2018 | Terakhir Diedit: April 9, 2018

Sumber