5 Obat Pencahar Alami untuk Anda yang Susah BAB

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Adakah obat pencahar alami yang baik untuk sembelit? Dewasa ini, sembelit menjadi masalah utama bagi sebagian orang yang mengalami kesulitan perihal menuntaskan BAB mereka. Banyak penderita sembelit yang ketergantungan dengan obat pencahar untuk melegakan perut mereka.

Padahal, minum obat pencahar berlebihan akan menyebabkan fungsi ginjal serta hati menurun dan akhirnya akan berdampak buruk untuk kesehatan Anda secara menyeluruh. Cobalah beralih kepada bahan-bahan alami yang bisa meredakan sembelit Anda.

Obat pencahar alami yang baik untuk pencernaan

1. Buah-buahan

Buah-buahan seperti pisang, apel, dan plum, memiliki kandungan cairan yang bisa membersihkan racun. Fungsi anti racun tersebut mudah dicerna untuk membersihkan racun tubuh, termasuk tinja yang masih tersimpan dalam perut para penderita sembelit. Buah-buahan tersebut kaya akan antioksidan, nutrisi, serat dan vitamin C yang mampu melancarkan BAB.

  • Pisang, merupakan buah yang memiliki kandungan kaya serat yang diproduksi secara alami. Selain itu, kandungan kalium pada pisang akan membantu menyempurkan elektrolit dalam tubuh untuk melancarkan saluran pencernaan. Pada buah pisang juga terdapat bakteri probiotik baik yang bernama fructooligosaccharides, sehingga kandungan buah pisang tepat untuk meredakan sembelit.
  • Apel, adalah salah satu buah yang tinggi kandungan pektin guna merangsang organ perut mengeluarkan kotoran di dalamnya.
  • Plum atau prem, adalah salah satu buah pencahar alami yang kaya akan antioksidan, vitamin A, kalium, zat besi, dan serat makanan. Lalu, buah plum menyediakan bakteri baik bagi usus manusia yang membuatnya baik untuk konsumsi diet dengan cara kerja detoksifikasi usus.

2. Sari cuka apel

Seperti yang telah disebutkan di atas, apel merupakan buah yang baik untuk mengatasi sulit BAB. Nah, kali ini obat pencahar alaminya sedikit dimodifikasi, yaitu diolah menjadi sari apel mentah.

Sari cuka apel merupakan salah satu obat pencahar alami yang membantu ketidakteraturan usus dalam membuang kotoran di perut. Bahan-bahan bermanfaat dalam sari cuka apel antara lain, kalium, pektin, asam malat, asam asetat dan kalsium.

3. Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu obat pencahar alami tertua yang paling manjur pada masanya. Sebagian besar kandungan daun lidah buaya diisi dengan gel, yang sekitar 99% air dan 1%-nya berisi lebih dari setidaknya 75 nutrisi baik, antara lain 20 mineral, 12 vitamin, 18 asam amino, 200 senyawa aktif berisi fitonutrien, dan enzim berisi air.

Bagi para penderita sembelit, Anda bisa mengonsumsi ekstrak gel lidah buaya yang dihaluskan atau dibuat jus. Minum jus lidah buaya setiap hari untuk meredakan sembelit.

4. Rempah-rempah

Obat pencahar alami tidak harus buah atau sayur. Anda juga bisa mendapatkan manfaat pencahar dari rempah-rempah yang terkandung pada masakan yang Anda makan. Rempah-rempah yang baik bagi pencernaan antara lain, jahe, cabai rawit, dan kunyit.

Rempah-rempah tersebut memiliki fungsi sebagai agen pencahar yang merangsang saluran pencernaan agar bekerja optimal. Untuk jahe, Anda bisa membuat teh jahe yang baik untuk pencernaan. Rempah-rempah di atas membantu tubuh untuk mendetoksisfikasi hati dengan mengeluarkan enzim karsinogen beracun.

5. Air mineral 8 gelas

Banyak yang melupakan, bahwa air merupakan salah satu obat pencahar utama yang paling alami dan paling baik untuk sembelit. Dengan meminum 8 gelas lebih perhari, usus Anda akan lembab dan mudah untuk kontraksi (mengejan dan BAB dengan baik).

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca