Efek Samping Nitrogliserin Sublingual untuk Penyakit Jantung

Oleh

Pernah mendengar obat nitrogliserin? Banyak orang beranggapan bahwa ini adalah obat ‘dewa’, obat yang mampu menyelamatkan nyawa dalam kondisi darurat terutama bagi penderita penyakit jantung. Namun, benarkah demikian? Apakah nitrogliserin memang boleh diberikan dalam segala kondisi? Apa efek sampingnya jika memberikan obat ini tanpa indikasi medis yang jelas?

Apa itu nitrogliserin?

Nitrogliserin adalah obat yang biasanya harus dibeli dengan resep dokter. Obat ini biasanya tersedia dalam bentuk tablet sublingual, yang berarti, untuk mengonsumsinya, Anda harus meletakkan obat ini di bawah lidah atau di sisi dalam pipi. Selain itu, obat ini juga tersedia dalam bentuk spray, aerosol, kapsul oral lepas lambat, tempelan, dan salep. Nitrogliserin juga tersedi dalam bentuk cairan suntik, namun pemberiannya hanya boleh dilakukan oleh petugas kesehatan.

Nitrogliserin biasanya digunakan untuk mengobati nyeri dada (angina). Angina merupakan rasa nyeri atau tidak nyaman di dada yang terjadi saat jantung Anda tidak mendapatkan suplai oksigen yang memadai. Rasa yang dialami biasanya seperti ditekan beban berat dan dapat dirasakan di area dada, leher, lengan kiri, dan bahkan rahang bawah.

Nitrogliserin sendiri merupakan obat yang termasuk dalam golongan vasodilator, yang berarti obat ini bekerja dengan cara memperlebar diameter pembuluh darah. Obat-obatan lain yang berada dalam kelompok ini biasanya juga digunakan untuk mengobati nyeri dada.

Efek samping nitrogliserin sublingual

Nitrogliserin tablet sublingual dapat memberikan efek samping seperti:

  • nyeri kepala
  • pusing
  • kelemahan
  • detak jantung yang meningkat
  • mual
  • muntah
  • flushing atau kemerahan pada kulit
  • ruam

Jika efek samping yang terjadi ringan, maka efek samping ini biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu. Jika gejala tersebut tidak menghilang atau bahkan memburuk, Anda harus segera berkonsultasi pada dokter.

Selain efek samping di atas, efek samping yang paling ditakuti dalam penggunaan obat ini adalah terjadinya hipotensi atau menurunnya tekanan darah secara drastis. Kondisi ini dapat mengancam nyawa penderita. Oleh karena itu, segera hubungi ambulans atau bawa penderita ke rumah sakit terdekat jika setelah mengonsumsi nitrogliserin penderita mengalami gejala:

  • pusing
  • pingsan
  • pandangan kabur
  • mual
  • kulit yang dingin dan lembab
  • pernapasan cepat dan dangkal

Cara pakai nitrogliserin sublingual

Obat ini hanya diindikasikan bagi penderita angina atau nyeri dada akibat serangan jantung dan hanya dikonsumsi jika diperlukan. Dalam kondisi nyeri, letakkan satu tablet di bawah lidah, dan biarkan tablet larut dengan sendirinya.

Jangan telan obat ini secara langsung. Jangan merokok dan mengonsumsi makanan atau minuman apa pun saat mengulum obat ini. Jika kondisi Anda tidak membaik setelah 5 menit mengonsumsi satu tablet nitrogliserin, segera pergi ke IGD terdekat atau telepon ambulans. Jangan mengonsumsi lebih dari tiga tablet dalam 15 menit.

Jika dokter meresepkan obat ini pada Anda untuk mengatasi serangan jantung atau nyeri dada akibat jantung, selalu bawa obat ini kemanapun Anda pergi. Duduk atau berbaringlah jika Anda mengonsumsi obat ini untuk menghindari jatuh akibat pusing atau pingsan setelah mengonsumsi obat ini. Jika Anda merasa pusing, tetap tenang, tarik napas panjang beberapa kali, dan berbaringlah dengan kaki di atas (lebih tinggi dari jantung).

Jangan gunakan obat ini tanpa anjuran dokter

Nitrogliserin, seperti obat-obat lainnya merupakan obat yang hanya boleh digunakan dalam keadaan khusus. Dalam hal ini, nitrogliserin merupakan obat yang biasa digunakan untuk mengatasi serangan jantung atau nyeri dada akibat jantung. Oleh karena efek sampingnya yang luas dan interaksi obat yang dapat ditimbulkan, obat ini juga tidak boleh dipakai tanpa petunjuk dokter. Jika Anda menghadapi kondisi gawat darurat dan tidak mengetahui penyebabnya, ada baiknya Anda tidak memberikan sembarang obat dan segera membawa penderita ke rumah sakit terdekat.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 2, 2017 | Terakhir Diedit: September 5, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca