5 Poin Penting Dalam Memilih Sunscreen untuk Kulit Eksim

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Eksim adalah masalah kulit yang menimbulkan rasa gatal, kemerahan, kering, hingga pecah-pecah. Bukan seperti kondisi kulit normal pada umumnya, eksim menandakan bahwa kulit Anda sensitif. Itu sebabnya, Anda tidak bisa asal mencoba dan menggunakan berbagai produk kulit, termasuk sunscreen. Lantas, bagaimana cara memilih sunscreen yang tepat untuk kulit eksim?

Meski mengalami eksim, Anda tetap harus pakai sunscreen

Sebelum pergi keluar rumah, sunscreen merupakan hal wajib yang tidak boleh Anda lupakan, tak terkecuali untuk pengidap eksim. Ini karena sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Tidak bisa dianggap sepele, paparan sinar matahari yang menembus kulit berisiko mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan kulit. Mulai dari keriput, flek hitam, hiperpigmentasi kulit, dan lainnya.

Bahkan, kulit berisiko terbakar atau sunburn bila Anda berada di bawah sinar matahari terlalu lama tanpa menggunakan sunscreen. Atas dasar itulah, Anda dianjurkan pakai sunscreen di seluruh bagian tubuh yang mudah terpapar sinar matahari.

Meliputi wajah, tangan, hingga kaki. Sayangnya, orang dengan eksim tidak bisa sembarangan menggunakan sunscreen.

Alih-alih membuat kulit lebih terlindungi, penggunaan sunscreen yang kurang tepat justru dapat membuat gejala eksim semakin parah. Sementara jika melewatkan penggunaan sunscreen, kondisi kulit mungkin akan bertambah buruk.

Jadi kuncinya, sebaiknya rutin gunakan sunscreen yang tepat untuk kulit eksim. Namun sebelum itu, kenali dulu cara memilih sunscreen yang sesuai dengan kondisi kulit sensitif Anda.

Cara memilih sunscreen untuk pengidap eksim

Berikut beberapa aturan yang bisa Anda terapkan dalam memilih sunscreen untuk kulit eksim:

1. Pilih yang ada kandungan mineral dan UV filter

Ketika Anda memiliki eksim dan ingin menemukan sunscreen yang tepat untuk dipakai sehari-hari, sebaiknya perhatikan kandungan bahan-bahan di dalamnya. Jika memungkinkan, pilih jenis sunscreen mineral yang dilengkapi UV filter.

Adam Friedman, MD, seorang dokter spesialis kulit sekaligus dosen di GW School of Medicine and Health Sciences di Washington, D.C, Amerika Serikat, menjelaskan hal ini. Menurutnya, kandungan mineral dan UV filter seperti titanium dioksida dan seng oksida bisa menjadi pilihan terbaik.

Pasalnya, kandungan tersebut tidak berisiko menimbulkan iritasi, yang notabene rentan dialami oleh kulit eksim. Sedikit kekurangannya, biasanya sunscreen mineral menimbulkan residu putih di kulit (white cast) serta agak berminyak (greasy).

2. Suncreen dengan broad spectrum lebih baik

Jenis sinar ultraviolet (UV) terbagi menjadi dua, yakni UVA dan UVB. A pada UVA mengarah ke aging alias penuaan, dan B pada UVB merujuk pada burning atau pembakaran.

Nah, keterangan “broad spectrum” pada sunscreen menandakan produk tersebut mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB sekaligus. Dengan begitu, sunscreen bisa membantu untuk meminimalisir keparahan gejala eksim.

sunscreen untuk kulit berjerawat

3. Mengandung SPF minimal 30

Ada berbagai pilihan sun protection factor (SPF) pada sunscreen. Angka SPF merupakan penentu jangka waktu Anda bisa bertahan di bawah sinar matahari.

Semakin kecil tingkat SPF, semakin singkat pula waktu Anda mampu berada di bawah sinar matahari. Itu artinya, Anda harus lebih sering mengulangi pemakain alias reapply sunscreen.

Bagi Anda yang ingin menggunakan sunscreen untuk kulit eksim, Anda bisa memilih yang memiliki SPF 30. SPF yang ada di angka 30 tergolong sedang, atau tidak terlalu besar maupun terlalu kecil.

Jadi, kemungkinan aman dan tidak berisiko memperparah gejala eksim yang Anda miliki.

4. Bebas alkohol dan pewangi

Alkohol dan pewangi yang ada di dalam produk skin care, termasuk sunscreen, dapat membuat kulit menjadi kering. Jika kulit Anda tergolong sensitif, terlebih sedang mengalami eksim, otomatis bisa menimbulkan iritasi.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari sunscreen yang mengandung alkohol dan pewangi untuk kulit eksim jika Anda tidak ingin gejalanya semakin memburuk.

5. Lakukan tes sensitif pada kulit

Setelah memperhatikan kandungan yang ada di dalam sunscreen untuk eksim, jangan lupa lakukan uji sensitivitas (patch test) pada kulit. Ingat, kulit eksim rentan mengalami ruam dan gatal karena tidak cocok pas produk skin care.

Inilah mengapa melakukan uji sensitivitas pada kulit penting sebelum menggunakan suatu produk skin care. Caranya, gunakan sedikit sunscreen di area kulit yang tidak mengalami eksim, kemudian tunggu reaksinya sekitar 2 hari.

Jika tidak muncul ruam, gatal, maupun tanda-tanda kulit sensitif lainnya, artinya sunscreen tersebut kemungkinan besar aman untuk digunakan pada kulit eksim.

mitos sunscreen

Jangan lupa tetap konsultasikan dengan dokter

Eksim bisa terjadi pada siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Jika eksim dialami oleh si kecil, sebaiknya perhatikan aturan untuk menggunakan sunscreen.

Pasalnya, biasanya sunscreen tidak disarankan dipakai pada bayi yang berusia di bawah 6 bulan, termasuk untuk eksim. Sebagai solusinya, pastikan bayi mengenakan baju dengan lengan panjang, celana panjang, dan topi lebar saat di luar rumah.

Selebihnya, aturan memilih sunscreen untuk eksim pada anak-anak sama dengan orang dewasa. Selain itu, pastikan juga Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan arahan lebih lanjut mengenai sunscreen yang aman untuk eksim.

Dokter biasanya dapat merekomendasikan produk skin care yang aman untuk digunakan sesuai dengan kondisi kulit Anda maupun si kecil.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Oktober 20, 2019 | Terakhir Diedit: Oktober 9, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca